Penerapan Sistem Pembukuan Akuntansi Pada Usaha Dagang UMKM Berdasarkan SAK EMKM (Kasus Pada Usaha Dagang Toko)

Authors

  • Roni Yanto Universitas Ibrahimy, Indonesia
  • Zainurradi Zainurradi Universitas Ibrahimy, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30640/digital.v1i3.655

Keywords:

Penerapan Akuntansi, Pembukuan, Akuntansi EMKM

Abstract

Krisis moneter juga pernah dialami oleh perekonomian Indonesia. Salah satu kekuatan Indonesia dalam menghadapi krisis moneter adalah penguatan aktifitas UKM. UKM menjadi pilar yang kuat bagi perekonomian Indonesia karena dapat menciptakan tingkat kemandirian ekonomi bagi masyarakatnya. Atas hal ini pemerintah mengambil beberapa kebijakan guna meningkatkan produktifitas para pelaku UKM. Salah satu kendala yang dihadapi oleh para pelaku UKM adalah minimnya pengetahuan tentang pengelolaan keuangan untuk usahanya. Salah satu output pengelolaan keuangan yang baik adalah disusunnya laporan keuangan yang sesuai dengan SAK EMKM yang berlaku umum di Indonesia. Obyek penelitian dipilih merupakan salah satu pelaku UKM yang tidak menerapkan pengelolaan keuangan yang baik sehingga perlu dilakukan kajian lebih mendalam. Penelitian ini menemukan bahwa ada kendala yang dihadapi oleh obyek penelitian dalam menerapkan sistem pembukuan akuntansi. Salah satu temuannya adalah kurang memahaminya SDM para pelaku UKM tersebut terhadap sistem pembukuan akuntansi. Atas temuan tersebut peneliti menawarkan solusi yaitu dibuatkan dan disusun laporan keuangan sederhana yang sesuai dengan SAK EMKM meskipun angka yang disajikan belum mewakili dan mendekati kondisi riil.

 

References

Carl S. Warren, James M. Reeve, dkk. 2018. Pengantar Akuntansi 1. Jakarta: Salemba Empat, 2018

Ediraras, T. Dharma. “Akuntansi Dan Kinerja UKM”, Jurnal Ekonomi Bisnis”,Vol.15, No. 2 (Agustus, 2010)

Indrianto, Nur. Dan Supomo, Bambang., 2012. Metode Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi Dan Manajemen Yogyakarta: Penerbit Andi

James A. Black Dan Dean J. Champion, 1999. Metode Dan Masalah Penelitian. Cetakan ke-2 Jakarta: PT. Refika

J.Y.S. Wuwungan, “Analisis Penerapan Standar Akuntansi Keuanagan Entitas Tanpa Akuntabilitas Public Atas Persediaan Pada Apotik Uno Medika”, Jurnal Emba,Vol. 3, No. 4 (Desember 2015)

Lexy J. Moleong. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset

_____________. 2014. Metodologi Penelitian. Edisi Revisi (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset

Nazir, Moh., 2005. Metode Penelitian. Cetakan Pertama. Jakarta: Ghalia

R.A.M.L. Wullur, “Analisis Penerapan Akuntansi Persediaan Berdasarkan PSAK No. 14 Pada PT. Gatraco Indah Manado”, Jurnal Riset Akuntansi Going Concern, Vol. 11, No. 1 (Januari 2016)

Saringningtys, Praiwi, Dkk, “Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik pada Usaha Kecil Dan Menengah”, Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Indonesia, Vol. 1, No. 1 (Tahun 2011)

Srikandi Dan Setyawan, “Analisis Penerapan Siklus Akuntansi Pada Usaha Kecil Dan Menengah Di Daerah Istimewah Yogyakarta”, E-Jurnal STIE Nusa Mega Kencana, (Oktober 2010)

Sugiyono. 2012 Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung: Alfabeta

________. 2018 Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D Bandung: Alfabeta,

Surikayanti, “Analisis Penerapan Akuntansi Pada UKM Medan Perjuangan” (Universitas Negri Padang, 2015)

Tanzeh, Ahmad. 2011. Pengantar Metode Penelitian. Cetakan ke 1. Yogyakarta: Teras

Downloads

Published

2022-09-25