Implementasi Budaya 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) di Klinik Mata KMU Lamongan

Authors

  • Khofifah Destriana Pratiwi Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Roziana Ainul Hidayati Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30640/digital.v1i4.588

Keywords:

Implemntasi, Budaya Organisasi, 5R, Phacoemulsificatio, Visualisasi

Abstract

Setiap perusahaan pasti memiliki bentuk budaya organisasi yang berbeda-beda. Salah satun perusahaan yang menerapkan budaya 5R didalamnya adalah  Klinik Mata KMU Lamongan. Klinik Mata KMU merupakan salah satu klinik mata yang memiliki jasa pelayanan kesehatan mata yaitu operasi katarak modern dengan teknik Phacoemulsifikasi (PHCO) yang dilakukan oleh dokter sepesialis mata Klinik Mata KMU Lamongan. Tujuan penelitian ini adalah penulis ingin mengetahui penjelasan lebih lanjut terkait variabel yang akan diteliti yang berkitan dengan pengumpulan data agar gambaran serta analisis mengenai  penyebab dan strategi penerapan implementasi budaya 5R di Klinik Mata KMU Lamongan. Teknik pengumpulan data yang dilakkan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.Observasi dilakukan sebagai pengamatan dan mencatat fenomena pada perusahaan yang sesuai dengan subyek penelitian,sehingga nantinya dapat membantu memberikan jawaban pertanyaan dalam penelitian. Srategi yang dapat di terapkan dalam pengimplementasian budaya 5R di Klinik Mata KMU yaitu pemberian Punishment dan reward bagi karyawan,sosialisasi secraa menyeluruh serta selalu melakukan visualisasi hasil audit secara rutin. Maka akan membawa dampak positif pada kinerja serta pelayanan yang efisien dan efektif.

References

Bahri, S. (2018). Pengaruh Kepemimpinan,Lingkungan Kerja,Budaya Organisasi dan Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja Yang Berimplikasi Terhadap Kinerja. Surabaya: CV.Jakad Publishing.

Budhi, R. G. (2017). Revolusi Karyawan. Elex Media Komputindo.

Budiana, I., Supinganto, A., & Purqoti, D. N. (2021). Budaya Kerja KAIZEN Pada Perawatan Kesehatan Masyarakat(Prekesmas). Bandung: Media Sains Indonesia.

Fitriana, Rina Sari, D. K., & Habyba, Anik. (2021). Pengendalian danPenjaminan Mutu. Banyumas: Wawasan Ilmu.

Jahari, Jaja., & Rusdiana. (2020). Kepemimpinan Pendidikan Islam . Bandung: Yayasan Darul Hikam.

Kumala Dewi, Indri et al, 2022 Peningkatan Kinerja UMKM Melalui pengelolaan Keuangan,Jurnal Ekonomi Akuntansi , UNTAG Surabaya, Hal ; 23- 36

Nikmah, Khoirun. (2019). Gemar Rapi. Yogyakarta: Mizan Digital Publishing.

Mukhtar.(2013). Metode Penelitiian Deskriptif Kualitatif. Jakarta:GP Press Group

Pakpahan, B. A. (2022). Budaya Organisasi,Manajemen Konflik, Keadilan Prosedural dan Kepuasaan Pada Pekerja. Jakarta: Publica Indonesia Utama. Panduan 5R(2021) Eyelink Group

Prihantoro, Kasih, Pramono, Budi et all. 2021. Tourism Village Goverment Program, Caractized By State Defence As The Economic Foundation Of National Defence, International Journal of Research and Innovation in Social Science (IJRISS), Vol. V, Issue V, Page 197-2001.

Rina Dewi, et al. 2020. Internal Factor Effects In Forming The Success Of Small Businesses. Jurnal SINERGI UNITOMO, Vol. 10 No. 1, Hal. 13-21.

Sari, R. K. (2015). Pengaruh Budaya Kerja 5R Dan Komunikasi Internal Terhadap Semanngat Kerja Dan Kinerja Karyawan. Widya Cipta.Vol VIII, 143-144.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif . Bandung: Alfabeta.

Susilo, D. (2021). Sebuah Konsep Manajemen Manufakturing. Yogyakarta: Nas Media Indonesia.

Sutrisno, E. (2010). Budaya Organisasi . Jakarta: Prenadamedia Group.

Wibowo, Y. K. (2020). Kesehatan Dan Keselamatan Kerja. FAM Group.

Downloads

Published

2022-12-22