Peran Media Sosial, Biaya UKT, dan Citra Merek Mempengaruhi Keputusan Melanjutkan Studi di Universitas Budi Luhur

(Studi pada Mahasiswa Universitas Budi Luhur Angkatan 2024)

Authors

  • Marsudin Putra Jaya Gulo Universitas Budi Luhur
  • Yugi Setyarko Universitas Budi Luhur

DOI:

https://doi.org/10.30640/digital.v4i1.3944

Keywords:

Brand Image, Social Media, UKT

Abstract

This research aims to determine the role of social media, single tuition fees (UKT), and brand image on the decision to continue studying at Budi Luhur University, South Jakarta. In this study the population is known. The sample used in this research was 100 respondents, using a simple random sampling method and using the Slovin formula. In this research, the data was analyzed using the SPSS 26 program with Microsoft Excel 2016. The results showed that Social Media had a significant influence on the Decision to Continue Studying, UKT Fees did not have a significant influence on the Decision to Continue Studying, and Brand Image had a significant influence on the Decision to Continue Studying.

References

Agung, M., Parenreng, J. M., Wahid, A., Wahid, M. S. N., Putra, S. A., & Bahar, M. M. (2020). Sistem penentuan nilai uang kuliah tunggal (UKT) mahasiswa baru Universitas Negeri Makassar. Journal of Embedded Systems, Security and Intelligent Systems, 9-16.

Audria, N., Suhandi, A., & Kurniawan, A. R. (2021). Strategi guru dalam membangkitkan minat belajar siswa pada sistem pembelajaran dalam jaringan masa pandemi COVID-19 di sekolah dasar (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).

Baskara, A., & Ernasari, N. (2018). Pengaruh word of mouth (WOM) dan brand image terhadap keputusan calon mahasiswa melanjutkan studi di perguruan tinggi (Survei pada siswa kelas XII SMA Negeri Sekecamatan Tanah Putih). PEKA, 6(2), 171-178.

Ellis, R., & Sampe, P. D. (2022). Faktor-faktor pengambilan keputusan studi lanjut pada siswa SMA. Pedagogika: Jurnal Pedagogik Dan Dinamika Pendidikan, 10(1), 12-17.

Firmanto, M. S. (2023). Peran citra merek dan media sosial terhadap keputusan mahasiswa memilih pendidikan sarjana. Improvement: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 3(1), 100-113.

Kusuma, A. S., Setiadi, D., & Handayani, B. S. (2023). Pengembangan instrumen questioning skills berdasarkan domain kognitif taksonomi Bloom revisi untuk evaluasi kemampuan bertanya siswa SMA pada pembelajaran biologi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2668-2680.

Mutamam, N., & Purnomo, H. (2021). The influence of brand image, UKT, and location on the 2020 student's decision to choose Trunojoyo Madura University. Jurnal Kajian Ilmu Manajemen (JKIM), 1(1).

Natalia, J. L. F., Andrian, A., & Sumantyo, F. D. S. (2023). Peran citra merek kualitas produk dan diskon terhadap keputusan pembelian sepatu PVN Shoes (Studi kasus mahasiswa Universitas Bhayangkara Jakarta Raya). JURNAL ECONOMINA, 2(9), 2414-2428.

Nugroho, U. (2018). Metodologi penelitian kuantitatif pendidikan jasmani. Penerbit CV. Sarnu Untung.

Nurdin, N., Mujahid, M., & Muin, S. A. (2020). Peran advertising strategy, brand image, dan differentiation terhadap keputusan mahasiswa memilih perguruan tinggi swasta di Kota Makassar. Manor: Jurnal Manajemen Dan Organisasi Review, 2(1), 26-36.

Saputra, A. R., & Khuzaini, K. (2024). Pengaruh media sosial, harga, dan citra merek terhadap keputusan mahasiswa memilih STIESIA Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 13(5).

Setiadi, A. (2016). Pemanfaatan media sosial untuk efektivitas komunikasi. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 16(2).

Setiawati, S. D. (2019). Strategi membangun branding bagi pelaku usaha mikro kecil menengah. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 125-136.

Sugiono. (2018). Metode penelitian kuantitatif. Penerbit Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kualitatif & kuantitatif. Pustaka Ilmu.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Downloads

Published

2025-03-06