Pengaruh Arus Kas dan Book Tax Differences terhadap Persistensi Laba pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI)

Authors

  • Imas Nurhafifah Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Dirvi Surya Abbas Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Hesty Ervianni Zulaecha Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.30640/digital.v1i3.377

Keywords:

Arus Kas, Book Tax Differences, Persistensi Laba.

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini yaitu apakah aliran kas dan book tax differences berpengaruh terhadap persistensi laba pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016 – 2020 dimana ada beberapa perusahaan pertambangan yang mengalami penurunan aliran kas dan penurunan persistensi laba serta ada beberapa perusahaan yang mengalami kenaikan book tax differences. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh antara arus kas dan book tax differences terhadap persistensi laba pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016 – 2020. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 49 perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sedangkan sampel yang diambil sebanyak Book Tax Differences 6 perusahaan pertambangan dengan menggunakan Purposive Sampling.Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Persistensi Laba. Sedangkan variabel independennya adalah Arus Kas dan Book Tax Differences. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan Assosiatif. Jenis data dalam dalam penelitian ini adalah Kuantitatif. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan Analisis Statistik Seskriptif, Analisis Regresi Linier Berganda, Uji Asumsi Klasik, Uji Hipotesis, dan Koefisien Determinasi dengan tingkat signifikan 5%. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan software SPSS (Statistic Package for the Social Sciens) for Windows versi 25.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Arus Kas tidak berpengaruh terhadap Persistensi Laba sebesar 1,360 dengan signifikansi sebesar 0,185. Book Tax Differences tidak berpengaruh terhadap Persistensi Laba sebesar 0,994 dengan signifikansi sebesar 0,329. Arus Kas dan Book Tax Differences secara bersama-sama tidak berpengaruh terhadap persistensi laba sebesar 2,886 dengan signifikansi 0,073.

References

Suwandika, I. A., & Astika, I. B. (2013). Pengaruh Perbedaan laba Akuntansi, Laba Fiskal, Tingkat Hutang Pada Persistensi Laba. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.

Abdullah, I. (2009). Pengaruh Pembagian Dividen Kas dan Arus kas Bersih terhadap Harga Saham di Perusahaan Manufaktur Jenis Consumer Goods yang Terdaftar di BEI Tahun 2004-2007. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia.

Achyarsyah, P., & Purwanti, A. J. (2018). Pengaruh Perbedaan Laba Komersial dan Laba Fiskal, Pajak Tangguhan, dan Laverage Terhadap Persistensi Laba. Jurnal Ilmu Akuntansi.

Aini, A. Q., & Zuraida. (2020). Pengaruh Arus Kas Operasi, Tingkat Hutang, dan Opini Audit Terhadap Persistensi Laba Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di BEI Periode 2013-2016. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi (JIMEKA), 182-192.

Amaliyah, K., & Suwarti, T. (2017). Faktor-Faktor Penentu Persistensi Laba.

Dinamika Akuntansi, Keuangan dan Perbankan.

Annisa, R., & Kurniasih, L. (2017). Analisis Pengaruh Laba Akuntansi Dengan Laba Fiskal dan Komponen Laba Terhadap Persistensi laba. Jurnal Akuntansi dan Bisnis.

Barus, A. C., & Rica, V. (2014). Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Persistensi Laba Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil.

Darmansyah. (2016). pengaruh aliran kas, perbedaan laba akuntansi dengan laba fiskal, dan hutang terhadap persistensi laba pada perusahaan jasa investasi. Jurnal Ilmiah WIDYA Ekonomika.

Fanani, Z. (2010). Analisis Faktor-Faktor Penentu Persistensi Laba. Jumal Akuntansi dan Keuangan Indonesia.

Hayati, N. N., & dkk. (2018). Jurnal Economics and Sustainable Development Vol.

No. 02 2018.

Hidayat, I., & Fauziyah, S. (2019). pengaruh book tax differences, arus kas operasi, tingkat hutang, dan ukuran perusaan terhadap persistensi laba. Jurnal Akutansi dan Keuangan.

Irfan, F. H., & Kiswara, E. (2013). Diponegoro Journal Of Accounting.

Pramitasari, B. (2009). Analisi Book Tax Differences Terhadap Persistensi Laba dan Laba Akrual Sebagai Variabel Moderating Pada Perusahaan. Jurnal Akuntansi dan Investasi.

Prasetyo, B. H., & Rafitaningsih. (2015). pengaruh book tax differences, akrual dan aliran kas terhadap persistensi laba pada perusahaan jasa telekomunikasi. JIAFE (Jurnal Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi).

Putri, S. A., Khairunnisa, & Kurnia. (2017). Aliran Kas Operasi, Book Tax Differences, dan Tingkat Hutang Terhadap Persistensi Laba. Jurnal Riset Akuntansi Kontemporer (JRAK).

S, A. S., Pratomo, d., & Nurbaiti, A. (2016). Pengaruh Book Tax Differences dan Aliran Kas Operasi Terhadap Persistensi Laba. Jurnal Akuntansi.

Saragih, F. (2012). Pengaruh Laba Bersih dan Arus Kas Operasi Terhadap Dividen Kas Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan.

Setianingsih, A. (2014). Pengaruh Perbedaan Laba Akuntansi dengan Laba Fiskal, Discretionary Accrual, dan Aliran Kas terhadap Persistensi Laba.

Siregar, S. A. (2021). Pengaruh Pembiayaan Bagi Hasil dan Pembiayaan Sewa terhadap Laba Bersih PT. Bank Syariah Mandiri. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Konteporer (JAKK).

Sugiyono. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis. Alfabeta.

Supriono. (2021). Pengaruh Arus Kas Operasi, Tingkat Hutang dan Ukuran Perusahaan Terhadap Persistensi Laba Dengan Book Tax Differences Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Ekonomi dan Teknik Informatik.

Downloads

Published

2022-12-01