Pemanfaatan Qris Pada Wirausahawan Wanita Guna Meningkatkan Ekonomi Keluarga

Authors

  • Lintang cahya kusuma Universitas: Nahdlatul Ulama Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.30640/digital.v2i3.1297

Keywords:

Qris, Wirausahawan, Teknologi

Abstract

Dalam beberapa waktu terakhir, perkembangan teknologi digital terjadi sangat pesat termasuk dalam sistem pembayaran. Masyarakat sebagai konsumen mulai terbiasa menggunakan pembayaran digital. Para wirausahawan dengan ini dituntut untuk mampu memfasilitasi proses transaksi tersebut. Namun, tidak semua wirausahawan dapat secara cepat mengikuti trend penggunaan pembayaran digital. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana wirausahawan wanita dapat meningkatkan ekonomi keluarga lewat pemanfaatan Qris. Tulisan ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dimana metode penelitian kuantitatif deskriptif ini mengambil sumber referensi dari buku, maupun internet. Dengan menggunakan analisis regresi logistik diketahui bahwa berdasarkan pengujian hipotesis secara simultan disimpulkan bahwa terdapat setidaknya satu variabel independen yang berpengaruh signifikan terhadap minat wanita pengusaha dalam menggunakan layanan QRIS sebagai digital payer. 

 

References

Banda Saputri Oktoviana. 17 (2), 2020. Preferensi konsumen dalam menggunakan quick response code indonesia standard (qris) sebagai alat pembayaran digital.

Ghozi, Saiful, Ramli, dan Asri Setiarini. (2018). Analisis Keputusan Nasabah Dalam Memilih Jenis Bank: Penerapan Model Regresi Logistik Biner (Studi Kasus Pada Bank BRI Cabang Balikpapan). Media Statistika, 11 (1), 17 – 26.

Widowati Niken, Moch Khusaeni. 2022.01.1.01. ADOPSI PEMBAYARAN DIGITAL QRIS PADA UMKM BERDASARKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL

Ramida, Mustari, Muhammad Dinar, Tuti Supatminingsih, Nurdiana. 3(1) (Juni, 2022). Pengaruh Pemasaran Digital Terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM di Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar.

J.Mokalu Benedicta. Volume 3 Nomor 2 Tahun 2016. PEREMPUAN BERWIRAUSAHA MENGENTAS EKONOMI KELUARGA.

Alfalah Rifqi Hutagalung, Pinondang Nainggolan, Pawer Darasa Panjaitan. Vol. 3 No. 2 Nov 2021. ANALISIS PERBANDINGAN KEBERHASILAN UMKM SEBELUM DAN SAAT MENGGUNAKAN QUICK RESPONSE INDONESIAN STANDARD (QRIS) DI KOTA PEMATANGSIANTAR.

Aulia Syafira Fadlillah, Jonet Ariyanto Nugroho, Khresna Bayu Sangka. Volume 7 Nomor 1 (2021). PENGARUH KEMUDAHAN DAN KEAMANAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN QUICK RESPONSE CODE INDONESIAN STANDARD (QRIS) PADA PELAKU UMKM BINAAN BANK INDONESIA KPW SOLO.

Ayu Silfira Ningsi P, Suhairi. Vol. 2 No. 4 Oktober 2022. Membangun Industri Kreatif Usaha Umkm Berbasis Literasi Digital Terhadap Peningkatan Ekonomi Pemerintah Kota Tanjungbalai.

Nurhapsari Risma, Erlinda Sholihah. Vol. 18 No. 2 (2022). Analysis of the factors of intention to use QRIS for MSMEs in Semarang City’s traditional market.

Venkatesh, V. et al., (2003). User acceptance of information technology: Towards a unified view. MIS Quarterly. 27(3), 425- 478.

Venkatesh, V. (2000). Determinants of perceived ease of use: Integrating control, intrinsic motivation, and emotion into the technology acceptance model. Information Systems Research. 11(4), 342- 365.

Taylor, P. T. (1995). Understanding information technology usage: a test of competing models, Information Systems Research 6(2), pp. 144–176

Taherdoost, H. (2018). A review of technology acceptance and adoption models and theories, Procedia Manufacturing, Volume 22, Pages 960-967, ISSN: 2351- 9789, doi: 10.1016/j. promfg.2018.03.1- 37.

Downloads

Published

2023-06-29