Konsep Kurikulum Berbasis Proyek Pelajar Pancasila

Authors

  • Alfi Mukhlis Kurniawan STKIP Darussalam Cilacap
  • Amalia Nurul Azizah STKIP Darussalam Cilacap

DOI:

https://doi.org/10.30640/dewantara.v1i3.902

Keywords:

Kurikulum, Proyek Pelajar, Pancasila, Pendidikan

Abstract

ABSTRAK Kurikulum berbasis proyek pelajar Pancasila merupakan sebuah konsep kurikulum yang mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dengan metode pembelajaran berbasis proyek. Konsep ini bertujuan untuk menguatkan pembentukan karakter dan meningkatkan keterampilan sosial, kreativitas, dan berpikir kritis siswa. Dalam kurikulum berbasis proyek pelajar Pancasila, siswa menjadi pusat pembelajaran dan diberikan kesempatan untuk mengambil peran aktif dalam pengembangan dan pelaksanaan proyek. Proyek-proyek yang didesain berdasarkan nilai-nilai Pancasila dan masalah sosial aktual memberikan peluang bagi siswa untuk berkolaborasi, berkomunikasi, dan memecahkan masalah bersama-sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum berbasis proyek pelajar Pancasila dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, memperkuat pembentukan karakter, serta meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreativitas siswa. Oleh karena itu, konsep kurikulum ini dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dengan memfokuskan pada pengembangan keterampilan dan karakter siswa yang berkarakter Pancasila.

 

References

Budiana, I. G. (2020). Developing Project-Based Learning Curriculum Model With Pancasila Values In Entrepreneurship Courses. Journal of Entrepreneurship Education, 23 (4), 1-9.

Miftahul Huda, M. (2019). Developing Project-Based Learning Curriculum Model In Digital Literacy Course In Senior High School. Journal of Education and Learning (EduLearn), 13 (4), 491-497.

Prasetyo, A. (2021). Pengaruh Pengembangan Kurikulum Berbasis Proyek Pelajar Pancasila Terhadap Karakter Kewirausahaan Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, 9 (2), 123-131.

Sutikno, S. (2018). The Implementation Of Project-Based Learning Curriculum Model To Improve Critical Thinking Skills Of High School Students. Journal of Physics: Conference Series, 983 (1), 1-7.

Wijaya, T. K. (2017). Pengembangan Kurikulum Berbasis Proyek Pelajar Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Keterampilan Wirausaha Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 7 (3), 1-9

Downloads

Published

2022-11-28

How to Cite

Alfi Mukhlis Kurniawan, & Amalia Nurul Azizah. (2022). Konsep Kurikulum Berbasis Proyek Pelajar Pancasila. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 1(3), 176–181. https://doi.org/10.30640/dewantara.v1i3.902