Inovasi Pembelajaran Matematika Berbasis Digital di SD

Authors

  • Alwi Sofyan STKIP Darussalam Cilacap
  • Fitrian Prila Wardani STKIP Darussalam Cilacap

DOI:

https://doi.org/10.30640/dewantara.v1i3.901

Keywords:

Inovasi pembelajaran, Digitalasi matematika

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran matematika terkesan dengan pembelajaran yang membosankan, karena tidak sedikit guru yang hanya menggunakan papan dan spidol saja ketika proses pembelajaran berlangsung. Hal ini menjadikan peserta didik merasa bosan ketika berada di dalam kelas. Ada beberapa dampak negativ yang dialami peserta didik, antara lain a) munculnya semangat belajar yang berkurang, b) tidak adanya motivasi peserta didik untuk belajar matematika, c) peserta didik mengalami kesusahan di bidang perhitungan, dan d) penalaran yang kurang juga. Beberapa dampak negativ inilah yang mencetuskan beberapa inovasi terkait dengan pembelajaran matematika yang berbasid digital di Sekolah Dasar. Untuk mensukseskan inovasi ini dibutuhkan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan diimbangi semangat belajar peserta didik yang tinggi, model pembelajaran yang mengandung banyak inovasi dan juga menggunakan kemajuan teknologi pada saat proses pembelajaran matematika.

Tujuan : Untuk mendeskripsikan inovasi-inovasi pembelajaran matematika yang berkaitan dengan digitalisasi dalam rangka meningkatkan keterampilan berhitung dan nalar. Tidak hanya itu saja, harapan adanya penelitian ini juga dapat menambah referensi pendidik dalam proses pembelajaran khususnya matematika.

Metode : Penelitian   ini   menggunakan   metode   penelitian literature review. Literaturem review merupakan metode penelitian dengan tujuan mengumpulkan dan memperoleh inti dari penelitian sebelumnya kemudian diuraikan dan dianalisis.

Hasil & Pembahasan    : Hasil analisis review dari beberapa artikel menguraikan bahwa inovasi pembelajaran matematika muncul karena adanya keresahan peserta didik ketika belajar matematika sehingga perlu adanya inovasi pembelajaran matematika yang diimbangi dengan digitalisasi, perlu adanya pelatihan-pelatihan yang berkaitan dengan inovasi model pembelajaran matematika di SD hal ini juga dapat mengikutkan berbagai instansi pendidikan misalnya perguruan tinggi khususnya program studi PGSD, pihak-pihak sekolah khususnya Sekolah Dasar. Hal ini dapat digunakan untuk berdiskusi satu sama lain, dan model inovasi pembelajaran matematika juga harus berkaitan dengan perkembangan teknologi.

Simpulan : Pembelajaran matematika lebih dapat menggugah semangat peserta didik apabila diimbangi dengan penggunaan digitalisasi saat ini. Selain untuk mempermudah proses pembelajaran, hal ini juga dapat memotivasi peserta didik dalam memahami materi-materi matematika.

References

Anggraini, Hayu Ika., Nurhayati., & Kusumaningrum, Shirly Rizki. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Game Matematika Berbasis Hots dengan Metode Digital Game Based Learning (DGBL) di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi). Volume 2, Nomor 11, pp 1885-1896.

Budhayanti, Clara Ika Sari., & Anindyta, Pricilla. (2021). Pelatihan Pembelajaran Matematika Berbasis IT di SD Xaverius Metro Lampung. Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2021 Pengembangan Ekonomi Bangsa Melalui Inovasi Digital Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. pp 855-868.

Hendri, Sherlyane., Handika, Refiona., Kenedi, Arya Kiswanto., & Ramadhan, Dini. (2021). Pengembangan Modul Digital Pembelajaran Matematika Berbasis Science, Technology, Engineering, Mathematic untuk Calon Guru Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU. Volume 5, Nomor 4, pp 2395-2403.

Khairunnisa, Gusti Firda., & Ilmi, Yuli Ismi Nahdiyah. (2020). Media Pembelajaran Matematika Konkret Versus Digital:Systematic Literature Reviewdi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Tadris Matematika 3(2), pp 131-140.

Savitri, Dini., Karim, Abdul., & Hasbullah. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Di Kelas 4 Sekolah Dasar. Lebesgue : JurnalIlmiahPendidikan Matematika, Matematika dan Statistika. Volume 1, Nomor 2, pp 63-75.

Downloads

Published

2022-11-28

How to Cite

Alwi Sofyan, & Fitrian Prila Wardani. (2022). Inovasi Pembelajaran Matematika Berbasis Digital di SD. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 1(3), 171–175. https://doi.org/10.30640/dewantara.v1i3.901