Peran Guru Dalam Media Digitalisasi Anak

Authors

  • Alwi Sofyan STKIP Darussalam Cilacap
  • M. Ilham Rahmani Riyadi STKIP Darussalam Cilacap

DOI:

https://doi.org/10.30640/dewantara.v1i2.900

Keywords:

guru, media digital, anak, pembelajaran, pendidikan.

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran guru dalam penggunaan media digital dalam pendidikan anak. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam dengan 10 guru dari beberapa sekolah di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki peran yang sangat penting dalam memfasilitasi penggunaan media digital dalam pembelajaran anak. Guru tidak hanya menjadi pengajar, tetapi juga perlu menjadi fasilitator dan pengawas untuk memastikan bahwa anak-anak menggunakan media digital secara tepat dan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Selain itu, guru juga perlu mengembangkan kemampuan mereka dalam penggunaan media digital sehingga dapat membantu memperkaya pembelajaran dan memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik bagi anak-anak. Di samping itu, terdapat tantangan dalam penggunaan media digital, seperti kesulitan dalam mengakses perangkat dan konten yang berkualitas, serta risiko ketergantungan dan keamanan. Oleh karena itu, guru perlu memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengatasi tantangan ini dan memastikan penggunaan media digital yang aman dan bermanfaat bagi anak-anak.

References

Lestari, D. (2018). Implementasi Media Digital Dalam Pembelajaran Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 45-52.

Suryadi, D. (2019). Peran Guru Dalam Mengembangkan Literasi Digital Anak. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 27 (2), 87-94.

Yuliana, E., & Kuswanto, H. (2020). Penerapan Media Digital Dalam Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini dan Sekolah Dasar, 2(1), 34-41.

Sari, R. P., & Hidayat, T. (2021). Peran Guru Dalam Mengoptimalkan Media Pembelajaran Online Bagi Anak Usia Dini Selama Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan, 5(1), 35-44.

Widyasari, R. (2021). Pentingnya Pendidikan Digital Bagi Anak Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 29(1), 34-42.

Suryadi, D. (2019). Peran Guru Dalam Mengembangkan Literasi Digital Anak. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 27 (2), 87-94.

Yuliana, E., & Kuswanto, H. (2020). Penerapan Media Digital Dalam Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini dan Sekolah Dasar, 2 (1), 34-41.

Sari, R. P., & Hidayat, T. (2021). Peran Guru Dalam Mengoptimalkan Media Pembelajaran Online Bagi Anak Usia Dini Selama Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan, 5 (1), 35-44.

Widyasari, R. (2021). Pentingnya Pendidikan Digital Bagi Anak Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 29 (1), 34-42.

Downloads

Published

2022-06-28

How to Cite

Alwi Sofyan, & M. Ilham Rahmani Riyadi. (2022). Peran Guru Dalam Media Digitalisasi Anak. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 1(2), 22–27. https://doi.org/10.30640/dewantara.v1i2.900