Apresiasi Sastra Anak SD dalam Kehidupan

Authors

  • Fitrian Prila Wardani STKIP Darussalam Cilacap
  • Alfi Mukhlis Kurniawan STKIP Darussalam Cilacap

DOI:

https://doi.org/10.30640/dewantara.v1i2.899

Keywords:

apresiasi sastra, anak SD, kosakata, kreativitas, keterampilan sosial.

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana apresiasi sastra anak SD dapat diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus terhadap lima anak SD di wilayah Cilacap. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa apresiasi sastra dapat diwujudkan melalui tiga cara, yaitu memperkaya kosakata, mengembangkan kreativitas, dan meningkatkan keterampilan sosial. Dalam hal memperkaya kosakata, anak-anak dapat memahami makna kata-kata yang sulit melalui sastra. Dalam mengembangkan kreativitas, anak-anak dapat mengekspresikan ide-ide mereka melalui membuat cerita dan puisi. Dalam meningkatkan keterampilan sosial, anak-anak dapat mempelajari nilai-nilai yang terkandung dalam sastra, seperti kerjasama, empati, dan toleransi. Oleh karena itu, peran sastra dalam pembelajaran anak-anak sangat penting untuk dikembangkan.

 

References

Abriliansyah, D., & Sukmawati, A. A. (2021). An Analysis of Primary School Students' Appreciation of Children's Literature in Blended Learning During Covid-19 Pandemic. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4 (2), 1077-1088.

Anitah, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Sastra Anak untuk Anak Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Sastra, 5(1), 35-42.

Fatimah, S. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Sastra Anak di SD Islam Terpadu Al-Mahsyar Medan. Jurnal At-Ta’dib, 11(1), 51-64.

Kurniawan, A., & Maulidia, N. (2020). Peningkatan Apresiasi Sastra Anak Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 1-10.

Muhidin, S., & Dardiri, A. (2020). Strategi Pengembangan Bahan Ajar Sastra Anak Sekolah Dasar. Jurnal Basis, 7(1), 47-58.

Sudiana, I. M. (2019). Pengaruh Pembelajaran Puisi Anak Terhadap Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Anak SD. Jurnal Humanis, 18(2), 143-153.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

Wulandari, A. N. (2017). Penerapan Pembelajaran Sastra Anak untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Anak Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 16 (2), 136-142

Downloads

Published

2022-06-28

How to Cite

Fitrian Prila Wardani, & Alfi Mukhlis Kurniawan. (2022). Apresiasi Sastra Anak SD dalam Kehidupan. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 1(2), 18–21. https://doi.org/10.30640/dewantara.v1i2.899