Penilaian Otentik Pada Pendidikan Karakter

Authors

  • Shoimatun Febriyani STKIP Darussalam Cilacap
  • Febri isnawati STKIP Darussalam Cilacap

DOI:

https://doi.org/10.30640/dewantara.v1i2.898

Keywords:

penilaian otentik, pendidikan karakter, kemampuan karakter, tugas berbasis proyek, portofolio.

Abstract

Abstrak Penilaian Otentik Telah Dikenal Sebagai Pendekatan penilaian yang mampu mengukur kemampuan siswa secara menyeluruh, termasuk kemampuan karakter. Dalam konteks pendidikan karakter, penilaian otentik dapat digunakan untuk mengevaluasi hasil pembelajaran karakter siswa melalui observasi langsung, tugas berbasis proyek, dan portofolio. Penilaian otentik dalam pendidikan karakter juga dapat membantu memperkuat karakter siswa melalui umpan balik yang disediakan oleh guru, orang tua, dan teman sebaya. Oleh karena itu, penilaian otentik dapat dianggap sebagai alat yang efektif dalam mengembangkan karakter siswa dan meningkatkan kualitas pendidikan karakter di sekolah.

 

References

Anggraeni, R. (2019). Pengembangan model pembelajaran pendidikan karakter berbasis saintifik pada mata pelajaran sosiologi SMA. Tesis tidak diterbitkan. Universitas Pendidikan Indonesia.

Cholisin, E. (2015). Pengembangan Instrumen Penilaian Otentik Untuk Mengukur Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1 (5), 757-762.

Departemen Pendidikan Nasional. (2010). Kurikulum 2013: Kompetensi dan Kompetensi Dasar Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mardapi, D. (2018). Teknik Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Deepublish.

Mulyasa, E. (2013). Kurikulum yang dirancang di sekolah: Teori dan praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Permendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Permenristekdikti. (2018). Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2018 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Jakarta: Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Sudijono, A. (2010). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2022-06-28

How to Cite

Shoimatun Febriyani, & Febri isnawati. (2022). Penilaian Otentik Pada Pendidikan Karakter. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 1(2), 14–17. https://doi.org/10.30640/dewantara.v1i2.898