Pentingnya Evaluasi Dalam Pembelajaran Dan Akibat Memanipulasinya
DOI:
https://doi.org/10.30640/dewantara.v2i1.722Keywords:
Nilai, Evaluasi, Manipulasi.Abstract
Evaluasi meliputi mengukur dan menilai. Evaluasi merupakan proses penilaian pertumbuhan siswa dalam proses belajar mengajar. Setiap siswa mempunyai kemampuan yang bervariasi dari yang cepat, sedang dan lambat. Sebelum mengevaluasi hal perlu diperhatikan adalah prinsip evaluasi, manfaat evaluasi, syarat melakukan evaluasi dan tujuan melakukan evaluasi. Namun, sekarang ini guru kurang memperhatikan hal tersebut serta banyak dijumpai guru yang memanipulasi nilai siswa. Akibat dari memanipulasi nilai akan berdampak buruk bagi siswanya.
References
Badrul K., Daniati. 2016. Layanan Informasi dalam Meningkatkan Kematangan Karir pada Peserta Didik Kelas X di Sekolah Madrasah Aliyah Qudsiyah Kotabumi Lampung Utara Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol: 3 (2)
Alfin, Jauharoti. 2013. Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia MI. Surabaya: IAIN Sunan Ampel Press
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Hand Out Psikologi Pendidikan – Ina Magdalena
http://penelitiandanevaluasipendidikan.blogspot.com/2012/04/kuliah-onlineevaluasi-semua-prodi-fkip.html https://pgmi1e2014iainta.wordpress.com/2015/01/04/artikel-pentingnya-evaluasidalam-pembelajaran-dan-akibat-memanipulasinya/
Sudiono, Anas. Pengantar Evaluasi Pendidikan, PT. Grafindo Persada, Jakarta. 2005. Sukardi, M. 2011. Evaluasi Pendidikan Prinsip & Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara. (Sudiono, n.d.)