Motivasi Tokoh Utama Dalam Novel “Edensor” Karya Andrea Hirata

Authors

  • Fahrudin Fahrudin STKIP PGRI TRENGGALEK
  • Agus Hariadi STKIP PGRI TRENGGALEK

DOI:

https://doi.org/10.30640/dewantara.v2i1.710

Keywords:

Motivasi Tokoh Utama, Novel.

Abstract

Novel adalah sebuah cerita yang ditulis oleh pengarang yang dapat berupa pesan, amanat, kehendak, dan pengalaman untuk disampaikan kepada pembaca. Pengalaman yang ditulis oleh pengarang dalam karyanya dapat diperoleh melalui pengalaman dari diri pengarang sendiri, dan dalam novel tersebut pengarang juga dapat berperan sebagai tokoh utama.Peneliti merumuskan masalah penelitian yaitu (1) Tindakan tokoh utama dalam novel “Edensor” karya Andrea Hirata. 2) Keingianan tokoh utama dalam novel “Edensor”Metode penelitian  yang digunakan menggunakan sifat penelitian deskriptif  sedangkan jenis penelitian menggunakan jenis kualitatif. Sumber data dalam penelitian menggunakan Novel “Edensor’ karya Andrea Hirata. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan instrumen pengumpulan data menggunakan daftar tabel. Analisis data menggunakan tekstual. Hasil penelitian tentang motivasi tokoh utama dalam novel “Edensor” karya Andrea Hirata yaitu meliputi: tindakan tokoh utama , hasil temuan penelitiannya antara lain: mengenai bekerja keras dan memiliki keyakinan. Keinginan tokoh utama dalam novel “Edensor” hasil temuannya yaitu meliputi: tentang belajar, berusaha, memiliki tekad. Dari penelitian dapat disimpulkan yaitu tindakan tokoh utama mengenai bekerja keras yaitu seorang yang bekerja keras yaitu seorang yang melakukan tindakan  dengan memiliki motivasi demi mendapatkan suatu yang diharapkan dan demi mendapatkan pendidikan.hasil temuan penelitian mengenai memiliki keyakinan telah diperankan oleh tokoh utama yaitu memiliki keyakinan sesui dengan tindakan yang dilakukan akan mendapatkkan hasil yang baik. Saran peneliti ditujukan kepada (1) Guru Bahasa Indonesia, untuk Guru Bahasa Indonesia yang ingin mengajarkan tentang motivasi tokoh utama dalam novel,(2) Penikmat sastra, diharapkan dapat mengetahui tentang motivasi tokoh utama dalam novel. (3) Bagi peneliti lain, diharapkan hasil penelitian ini menjadi acuan dalam melakukan penelitian, apabila akan melakukan penelitian yang sama .

 

References

Ayuningtyas, Ratna. 2019. Relasi Kuasa Dalam Novel Anak Rantau Karya Ahmad Fuadi: Kajian Teori Michel Foucault. Jurnal Ilmiah Sarasvati. 1(1). 73-86.

Eliza, A.N & Dwi Septiani. 2021. Karakterisasi Tokoh Utama Dalam Novel Aku Lupa Bahwa Aku Perempuan Karya Ihsan Abdul Quddus. Jurnal Literasi. 5(1). 92-104.

Setiawa, dkk. 2019. Analisis Tokoh Utama Dalam Novel Rose In The Rain Karya Wahyu Wisni. Jurnal Ilmiah Korpus. 3(2). 123-130.

Sudjiman, Panuti.1992. Memahami Cerita Rekaan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2023-03-02

How to Cite

Fahrudin Fahrudin, & Agus Hariadi. (2023). Motivasi Tokoh Utama Dalam Novel “Edensor” Karya Andrea Hirata. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2(1), 227–232. https://doi.org/10.30640/dewantara.v2i1.710