Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia SMP Negeri 2 Kolaka

Authors

  • Rudi Karma Universitas Sembilanbelas November Kolaka

DOI:

https://doi.org/10.30640/dewantara.v2i1.708

Keywords:

problematika pembelajaran, guru bahasa Indonesia, solusi alternatif

Abstract

Penelitian ini membahas masalah yang dihadapi oleh guru bahasa Indonesia dalam kegiatan pembelajaran di SMP Negeri 2 Kolaka dan memberikan solusi alternatif untuk mengatasi masalah tersebut. Masalah tersebut terkait dengan pelaksanaan perubahan kurikulum sebagai panduan bagi guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran yang masih menghadapi tantangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi masalah yang dihadapi oleh guru bahasa Indonesia dan menawarkan solusi alternatif untuk mengatasi masalah tersebut.

Metode penelitian yang digunakan adalah desain penelitian deskriptif kualitatif dengan populasi yang terdiri dari para guru bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Kolaka. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi, dan analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini juga menggunakan model siklus penelitian tindakan.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi solusi alternatif dapat meningkatkan kinerja guru, aktifitas siswa selama pembelajaran, kemampuan literasi siswa, minat siswa terhadap materi, daya pikir siswa, penggunaan smartphone sebagai media pembelajaran, minat siswa terhadap media yang digunakan oleh guru, dan responsif siswa terhadap evaluasi pembelajaran.

Implikasi penelitian ini adalah memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu problematika pembelajaran dan meningkatkan tindakan guru bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Kolaka. Penelitian ini juga memberikan masukan dan solusi bagi para guru bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Kolaka dan peneliti-peneliti yang tertarik dalam bidang pembelajaran. Penelitian ini penting dilakukan sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah-sekolah.

References

Abdullah, M. (2019). Konsep dan Strategi Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Agustina, Eka. 2017. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks: Representasi Kurikulum 2013. Jurnal Bahasa dan Sastra Vol. 18, No. 1, Hal 84-99, April 2017.

Anisa, Aprilia, dkk. 2021. Pengaruh Kurangnya Literasi serta Kemampuan dalam Berpikir Kritis yang Masih Rendag dalam Pendidikan di Indonesia. Conference Series Journal. Vol. 01 No. 01 Tahun 2021 Paper 006.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. (2003). Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas.

Dimyati & Mudjono. (2002). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Elin, Rosalin. 2008. Guru Dalam Meningkatkan Daya Pikir Siswa. Manajemen Pendidikan, No. 1/Th/ IV/:April/2008.

Ganie, J. (2016). Pembelajaran Berbasis Kompetensi: Konsep dan Implementasinya dalam Konteks Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Ina Magdalena, hadana Nur Fauzia, dkk. 2020. Pentingnya Evaluasi Dalam Pembelajaran dan Akibat Memanipulasinya. Bintang: Jurnal Pendidikan dan Sains. Vol. 2, No. 2, Agustus 2020; 244-257)

Kesuma, Dwi. 2017. Pengembangan profesi guru dalam meningkatkan kinerja guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol. 2 No. 2, Juli 2017, Hal.93-101

Mahsun M. S. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia (Kurikulum 2013). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Marti’in, Wicaksono, dkk. 2019. Analisis Tentang Rendahnya Minat Belajar Peserta didik Kelas XI SMA Negeri 5 Pontianak. Artikel Penelitian. Universitas Tanjungpura Pontianak. 2019.

Mohamad, Surya, 2013. Psikologi Guru Konsep Dan Aplikasi. Bandung: Alfaeda.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mujtahidin. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: CV Salsabila Putra Pratama.

Purwanto, N. (2014). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sanjaya, W. (2012). Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Shabir, M. 2015. Kedudukan Guru Sebagai Pendidik. Jurnal Auladuna, Vol. 2 No.2 Desember 2015: 221-232

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Pt. BinaKarya.

Downloads

Published

2023-03-02

How to Cite

Rudi Karma. (2023). Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia SMP Negeri 2 Kolaka. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2(1), 216–226. https://doi.org/10.30640/dewantara.v2i1.708