Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran PAI Pada Anak Berkebutuhan Khusus (Anak Tunagrahita)

Authors

  • Tifani Gresilia Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Junaidi Junaidi Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Arifmiboy Arifmiboy Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Muhiddinur Kamal Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.30640/dewantara.v2i1.704

Keywords:

Media Gambar, Anak Berkebutuhan Khusus, Pendidikan Agama Islam.

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan informan kunci guru PAI dan informan pendukung Kepala Sekolah SLB YP Peduli Anak Nagari Kecamatan Akabiluru Kabupaten Lima Puluh Kota. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media gambar yang digunakan dalam pembelajaran PAI adalah media gambar poster, bagan dan diagram, media gambar ini digunakan agar metode pembelajaran lebih komunikatif. Keberadaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat meningkatkan kualitas proses belajar mengajar bagi anak berkebutuhan khusus. karena anak yang tidak berkebutuhan khusus penting menggunakan media gambar. Bagaimana dengan anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus. Penggunaan media gambar dalam pembelajaran PAI untuk anak berkebutuhan khusus di sekolah SLB YP Peduli Anak Nagari Kecamatan Akabiluru Kabupaten Lima Puluh Kota sangat penting, karena dengan adanya media gambar memudahkan guru dalam mengajar anak dan dengan adanya media gambar media memudahkan anak memahami materi yang abstrak menjadi konkrit dengan melihat bentuk materi. Penerapan media gambar dalam pembelajaran PAI untuk anak berkebutuhan khusus sudah diterapkan dengan baik.

References

Anjeli, Miki, and Fauzan, ‘Penggunaan Media Audio-Visual Dalam Pembelajaran PAI Pada Siswa Tunagrahita Di SLB Koto Agung , Blok B Sitiung 1 , Kecamatan’, 6 (2022), 623–32

Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2007, 2003, 2017)

Asyhar, Rayandra, Kreatif Mengembangkan Media Pembelajran (Jakarta, 2012)

Atmaja, Jati Rinarki, Pendidikan Dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2018)

Darmadi, Metode Penelitian Pendidikan (Bandung: Pustaka Setia 2007)

Darminta, Poerwa, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Bumi Aksara, 1996)

Depdiknas, Standar Kompetensi Mata Pelajaran PAI SMA Dan MA (Jakarta: Depdiknas, 2003)

Dimyati, Belajar Dan Pembelajaran (Jakarta: Rineka Cipta, 1999)

Djamarah, Syaiful Bahri, Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif (Jakarta: Rineka Cipta, 2005)

Hadits Abdul, Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Autistik, (Bandung. Alfabeta, 2006) hlm.5

Hafiz, Abdul, Pembelajaran PAI Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (Aceh Utara, Sefa Bumi Perseda 2017) hl.113-118

Hamalik, Oemar, Kurikulum Dan Pembelajaran (Jakarta: Bumi Aksara, 2003)

Ibrahim, R., and Dkk, Perencanaan Pengajaran (Jakarta: Rineka Cipta, 2003)

Jati Rinarki Atmaja, Pendidikan Dam Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus (Bandung: PT.Remaja Rosda Karya, 2018)

Kamal, Muhiddinur, and Junaidi, ‘Pengembangan Materi Pai Berwawasan Multikultural Sebagai Upaya Menanamkan Nilai-Nilai Keberagaman Siswa Smkn 1 Ampek Nagari Kabupaten Agam’, Edukasia, Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 13.1 (2018), 192

Kosasih, Media Optimalisasi Media Pembelajaran (Jakarta: Grasindo, 2007)

Kustandi, Cecep, Media Pembelajaran Manual Dan Digital (Bogor: Ghalia Indonesia, 2011)

Majid, Abdul, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi (Bandung: PT.Remaja Rosda Karya, 2005)

Margono S, Metodologi Penelitian Pendidikan (Jakarta Rineka Cipta, 2004)

Marno, Strategi Metode Dan Teknik Mengajar (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2017)

Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012)

Mukhtar, Desain Pembelajaran PAI, (Jakarta: Misaka Galiza, 2003), cet.III, hlm. 14

Mukhtar, Desain Pembelajaran PAI, 3rd edn (Jakarta: Mishaka Galiza, 2003)

Mulyasa, E., Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006)

Mulyono, Anton M., Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka, 2000)

Muntholi’ah, Konsep Diri Positif Penunjang Prestasi PAI, 1st edn (Semarang: Yayasan Al-Qalam, 2002)

Nurhayani, ‘Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Group Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Labuan Lobo Kecamatan Ogodeide Kabupaten Tolitoli’, 4.3, 95–104

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, 7th edn (Jakarta: Kalam Mulia, 2008)

RI, Departemen Agama, Al-Qur’an Dan Terjemahannya (Bandung: Diponegoro, 2005)

Sadiman, A.S, and Dkk, Media Pendidikan (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2014)

Sadiman, A.S, Media Pendidikan (Jakarta: Raja Wali, 2001)

Safarman, Almuhardi, and Junaidi, ‘Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Autis Di Sekolah SLB Restu Ibu Bukittinggi’, Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 13.2 (2022), 174–86

Sagala, Syaiful, Konsep Dan Makna Pembelajaran (Bandung: Alfabeta, 2003)

Sanjaya, Wina, Kurikulum Dan Pembelajaran, 2nd edn (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2009)

Sardiman, A.M., Interaksi Dan Motivasi Pembelajaran (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2003)

Sardiman, Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2001)

Sator Djam'ah and Aan, Metodologi penelitian Kualitatif (Bandung, Alfabeta, 2009)

Siddiq, Ja’far, Konsep Dasar Ilmu Pendidikan Islam, 1st edn (Bandung: Citapustaka, 2006)

Sudjana, Nana, and Ahmad Riva’i, Media Pengajaran (Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2002)

Sudjana, Nana, Media Pengajaran (Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2000)

Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif) (Bandung, Alfabeta,2013)

Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,Dan R&D)

Sunardi, Pedoman Pelaksanaan Program Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah (Universitas Pendidikan Indonesia, 2005)

Sutijihati Somantri, Psikologi Anak Luar Biasa (Bandung: PT. Refika Aditama, 2018)

Syah, Darwin, Perencanaan Sistem Pengajaran Pendidikan Agama Islam (Jakarta: Gaung Persada Press, 2007)

Tafsir, Ahmad, Metodologi Pengajaran Agama Islam (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1995)

Toha, Cabib, Metodologi Pengajaran Agama (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1999)

Wahyuni, Indah Sri, Supriadi, Supratman Zakir, and Iswantir, ‘Perancangan.Media.Pembelajaran.Interaktif Menggunakan Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sman 1 Kecamatan Guguak’, 1.9 (2022), 623–37

Zaini, Muhammad, Pengembangan Kurikulum (Yogyakarta: Teras, 2009)

Zuliansyah, Muhammad, . &, and Yarmis Hasan, ‘Pelaksanaan Program Layanan Keterampilan Vokasional Pangkas Rambut Bagi Siswa SMALB Tunarungu Di SLB Negeri 2 Tanjungpinang’, Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 6.1 (2018), 14–21

Downloads

Published

2023-03-01

How to Cite

Tifani Gresilia, Junaidi Junaidi, Arifmiboy Arifmiboy, & Muhiddinur Kamal. (2023). Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran PAI Pada Anak Berkebutuhan Khusus (Anak Tunagrahita) . Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2(1), 159–178. https://doi.org/10.30640/dewantara.v2i1.704