Kreaktifitas Siswa Dalam Membiasakan Muraja’ah Kelas VII Di SMP Qur’an Al-Zamriyah Islamic Boarding School

Authors

  • Arlan Sumarta Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Charles Charles Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Arman Husni Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Supratman Zakir Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.30640/dewantara.v2i1.703

Keywords:

Kreativitas, Siswa, Muraja'ah.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Siswa Kelas VII dalam Membiasakan Hafalan Muraja'ah di SMP Al-Zamriyah Al-Qur'an Pesantren Balai Rupi Simalanggang Kec. Payakumbuh. Dan mengetahui apa saja kendala siswa untuk membiasakan menghafal muraja'ah di SMP Q Al-Zamriyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan informan kunci siswa kelas VII SMP Qur'an Al-Zamriyah dan informan pendukung siswa SMP Qur'an Al-Zamriyah. Dalam pengumpulan data, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber yaitu membandingkan hasil wawancara yang dilakukan terhadap informan kunci, informan pendukung dengan hasil observasi langsung oleh penulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas siswa dalam membiasakan muraja'ah di SMP Al-Qur'an Al-Zamriyah yaitu: menggunakan kreativitas waktu, lingkungan, dan metode, dengan metode yang dilakukannya berulang kali membacanya sehingga melekat pada hati dan pikiran. Tentu dalam muraja'ah membutuhkan fokus dan waktu yang tepat. sebaiknya luangkan waktu untuk Al-Qur'an, jangan menunggu waktu yang bisa, karena Al-Qur'an menjadi prioritas dalam aktivitas sehari-hari.

References

Al-Faruq Umar, Dahsyat Hafal Al-Qur'an, Surakarta: Ziyad books 2014 hal 135

Ali Muhammad dkk. Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT.Bumi Aksara, 2009.

Al-jumbulati Ali. Perbandingan Pendidikan Islam. Jakarta: Rineka Cipta, 1994.

Aniroh Siti. Upaya Meningkatkan Kreativitas Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Materi Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) Melalui Metode Peer Teaching Pada Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 Polobogokecamatan Getasan Kabupaten Semarang. Semarang, 2016.

Aprison Wedra. “Kreaktivitas Guru Dan Kemampuan Mengelola Kelas Terhadap Pendidikan Agama Islam.” Pendidikan Dan Ilmu-Ilmu Keislaman 7, no. 2 (2021).

arifin M. Ilmu Pendidikan Islam Suatu Tinjauan Dan Pratiks Interdispliner. Jakarta: Bumi Aksara, 1991.

Arifin Syamsul. Merambah Jalan Baru Dalam Beraga. Yogyakarta: Bigraf, 2000.

Arifmiboy. Persepsi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris IAIN Bukittinggi Terhadap Penerapan Model Pembelajaran Microteaching Berbasis ICT, 2017.

B Hamzah Dan Mohammad Nurdin. Belajar Dengan Pendekatan Paikem. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Barkah Lestari, Journal: Upaya Orang Tua Dalam Perkembangan Kreaktifitas Anak 2006

Budio Sesra Dan Fadlan Husni Amul. “Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kreativitas Guru.” Menata 3, no. 1 (2020).

Darmadi. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia, 2007.

Habibi Rahmat, Wawancara Pribadi 4 juli 2022

Harsan, Radno. Pengelolaan Kelas Yang Dinamis. Yogyakarta: Kanisius, 2007.

Hasnah Nur. “Peran Dan Tugas Guru Dalam Melaksanakan 4 Fungsi Manajemen Emaslim Dalam Pembelajaran Di Workhop.” Ilmu-Ilmu Keislaman 19, no. 2 (2019).

Hidayati, S.N. (2016). Pengaruh Pendekatan Keras dan Lunak Pemimpin Organisasi terhadap Kepuasan Kerja dan Potensi Mogok Kerja Karyawan. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, 5(2), 57-66. http://dx.doi.org/10.30588/SOSHUMDIK.v5i2.164. Abdul, Aziz Dan Al-Hafidz Ra’uf Abdur. Tahfidz Al-Qur‟an. Jakarta: Markas Al-qur’an, 2009.

Hikam Ibnu. Peran Guru Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Di MTs Negeri Jakarta, Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, n.d.

Husain Muhammad Sayyid. Mengungkapkan Rahasia AL-Qur’an. Bandung: Mizan Anggota IKAPI, 1992.

Ilmi Darul. “Kreaktivitas Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Di MTsN Subulussalam.” Kreaktivitas Guru 7, no. 2 (2019).

Jamaris Martini, Perkembangan dan Pengembangan anak usia taman kanak-kanak Jakarta: Grasindo, 2006 hal 57

Khairuddin. “Komitmen Guru Dan Motivasi Kerja Dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja Edukasia.” Administasi Pendidikan 26, no. 10 (2019)

Kharisya Adinda. Wawancara Pribadi 04 juli 2022.

Khon Abdul Majid. Pratikum Qira'at (jakarta : Amzah, 2011)

Langgulung Hasan, Asas-asas Pendidikan Islam, Jakarta: PT Pustaka Al- Husna Baru, 2003 hal 259

Latuconsina Hudaya. Pendidikan Kreatif Menuju Generasi Kreatif Dan Kemajuan Ekonomi Kreatif Di Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, n.d.

Margono, S. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Munandar, Utami. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 1999.

Munir Muhammad Dan Latifah Lailatul. “Kreatifitas Kepemimpinan Guru Dalam Pendidikan Karakter Siswa I Ma Tmi Al-Amien Prendua.” Manajemen Dan Pendidikan Islam 7, no. 1 (2020).

Nawawi Hadari. Organisasi Dan Pengelolaan Kelas Sebagai Lembaga Pendidikan. Jakarta: Haji Masagung, 1998.

Nur'aeni, Journal kreaktifitas, Tinjauan Psikologi Islam, 2008

Nurkholis. “Kependidikan Dalam Memajukan Teknologi.” Jurnal Kependidikan 1, no. 1 (2013).

Pratama, Andy Riski, and Charles Charles. "The implication of Student Character Education In QS Al Hujurat Verses 1-5 According to Tafsir Ibn Kathir." Al Yazidiy: Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan 4.2 (2022): 101-109.

Qamariah Nurul, Metode Cepat dan Mudah Agar Anak Hafal, Yogyakarta : Semesta Hikmah, 2016, hal 48-49

Rahayu, Kreaktifitas Siswa, Jakarta, 2013, hal 30

Santrok.W.Jhon. Terjemahan Psikologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group, n.d.

Sator, Djam’ah, and Aan. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2009.

Saundi, Ondi. Etika Profesi Keguruan. Bandung: PT Refika Aditama, 2005.

Shadiq Burhan. Rahasia Mengajar Dengan Kreaktif, Ispiratif Dan Cerdas. Jakarta: Logika Galileo, 2011.

Slameto, Belajar dan Faktpr-faktor mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta 2003

SM, Ismail. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis P.A.I.K.E.M (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan) - Google Buku. Semarang: Media Group, 2008.

Sugiono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D). Bandung: Alfabeta, 2013.

Sugiono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D). B: Alfabeta, 2013.

Supardi. Sekolah Efektif. Jakarta: PT.Rajagrafindo, 2013.

Ubaid Majdi. 9 Langkah Mudah Menghafal Al-Qur’an. Solo: PT. Aqwan Media Profetika, 2014.

Waruwu Fidelis E, 2003 hal109

WN Nasution, Efektifitas Strategi Pembelajaran Kooperatif dan Langsung Terhadap Hasil Belajar 2008

Zamani Zaki Dan Makmum Syukron Muhammad. Menghafal Al-Qur’an Itu Gampang Belajar Dari Maestro Al-Qur’an Nusantara. Yogyakarta: Mutiara Media, 2009.

Zawawie. P-M3 Al-Qur’an Pedoman Membaca, n.d.

Downloads

Published

2023-03-01

How to Cite

Arlan Sumarta, Charles Charles, Arman Husni, & Supratman Zakir. (2023). Kreaktifitas Siswa Dalam Membiasakan Muraja’ah Kelas VII Di SMP Qur’an Al-Zamriyah Islamic Boarding School . Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2(1), 140–158. https://doi.org/10.30640/dewantara.v2i1.703