Penanaman Nilai Karakter Demokratis Melalui Permainan Tradisional Pemuda Kampung Lali Gadget Di Desa Pagarngumbuk Sidoarjo

Authors

  • Elok Kinanti Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Akhmad Qomaru Zaman Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Bernadetta Budi Lestari Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30640/dewantara.v2i1.698

Keywords:

Penanaman Nilai, Karakter Demokratis, Permainan Tradisional.

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada penanaman nilai karakter demokratis melalui permainan tradisional oleh pemuda Kampung Lali Gadget, Desa Pagarngumbuk, Kecamatan Wonoayu, Sidoarjo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: mendeskripsikan, menganalisis faktor penghambat, dan menganalisis solusi untuk mengatasi hambatan dalam menanamkan nilai karakter demokratis melalui permainan tradisional di Kampung Lali Gadget. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah para pemuda Kampung Lali Gadget. Keabsahan data ini menggunakan trianggulasi sumber dan teknik. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian mengungkapkan bahwa penanaman nilai karakter demokratis melalui permainan tradisional oleh pemuda Kampung Lali Gadget di Desa Pagarngumbuk Kecamatan Wonoayu Sidoarjo sudah terlaksana dengan baik. Faktor penghambat dalam penanaman nilai karakter demokratis ini adalah orang tua, anak itu sendiri dan gadget. Solusi untuk mengatasi hambatan yang ada pada penanaman nilai karakter demokratis ini yaitu terus menerus mengajarkan dan mengenalkan permainan tradisional dengan berupaya mengadakan sosialisasi terkait Kampung Lali Gadget.

 

 

 

References

Alvi, R. R., Jais, M., Ayub, D., Fitrilinda, D., & Ramadhani, N. (2021). Identifikasi Nilai Karakter dalam Permainan Tradisional Cak Bur. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 5(2), 104–111. https://doi.org/10.15294/jnece.v5i2.49187

Astuti, S. F. N., & Listyaningsih. (2022). Peran Pemuda Kampung Lali Gadget dalam Mengenalkan Permainan Tradisional Sebagai Wujud Sikap Cinta Tanah Air Pada Anak Usia Dini di Desa Pagarngumbuk Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 10, 728–742.

Dalimunthe, A. R. A. (2016). Strategi dan Implementasi Pelaksanaan Pendidikan Karakter di SMPN 9 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, 1, 102–111. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.8616

Ervanda, Y. (2021). Permainan Tradisional Cublak-cublak Suweng dari Provinsi Yogyakarta dan Pembentukan Karakter Tanggung Jawab pada Peserta Didik MI/SD di Indonesia. Journal of Education and Teaching, 2(1), 133. https://doi.org/10.24014/jete.v2i1.9738

Fadilah dkk. (2019). Pendidikan Karakter. In Pendidikan karakter: implementasi aswaja sebagai nilai pendidikan karakter (Vol. 9, Issue 1).

Hariyanto, M. S. (2011). Pendidikan karakter (Pertama). PT REMAJA ROSDAKARYA.

Husain, Y. R. (2013). Keterlaksanaan Permainan Tradisional Dalam Pembelajaran Penjasorkes Di Sekolah Dasar Se-Kota Yogyakarta Selatan Tahun Ajaran 2016/2017. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Kemdikbud. (2016). KBBI (Daring). https://kbbi.kemdikbud.go.id/

Krobo, A. (2021). Peningkatan Karakter Demokratis melalui Traditional Enggo Group Play Therapy pada Anak Usia TK. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(3), 400–414. https://doi.org/10.26539/teraputik.43558

Lacksana, I. (2017). Kearifan Lokal Permainan Congklak Sebagai Penguatan Karakter Peserta Didik melalui Layanan Bimbingan Konseling di Sekolah. Satya Widya, 33(2), 109–116. https://doi.org/10.24246/j.sw.2017.v33.i2.p109-116

Nurhaidah, & Musa, M. I. (2015). Dampak pengaruh globalisasi bagi kehidupan bangsa indonesia. Jurnal Pesona Dasar, 3(2), 1–14. https://doi.org/10.24815/pear.v7i2.14753

Rusmana, D. D. A. (2010). Permainan Congklak: Nilai dan Potensinya bagi Perkembangan Kognitif Anak. Patanjala : Jurnal Penelitian Sejarah Dan Budaya, 2(3), 537. https://doi.org/10.30959/patanjala.v2i3.247

Sape, S. I., & Suhari. (2019). Pengaruh implementasi penguatan pendidikan karakter terhadap prestasi belajar ppkn siswa kelas vii smp negeri 59 surabaya. 1–6.

Setiani, R. E. (2019). Pemanfaatan Permainan Tradisional dalam Penanaman Nilai-nilai Kebangsaan di TK Negeri Pembina 2 Purwokerto. As-Sibyan : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 39–52. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/1963

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif kualitatif (Pertama). Alfabeta.

Suhaida, D., Moad, M., & Lindasari, L. (2020). Peran guru ppkn dalam menanamkan karakter demokratis siswa kelas vii dalam menyususn organisasi kelas di smp negeri 1 jelimpo kabupaten landak. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 4(2), 167. https://doi.org/10.31571/pkn.v4i2.2129

Sukadari. (2018). Implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah. In Kanwa Publisher (Pertama, Issue December). Kanwa Publisher.

Syafitri, R. (2017). Meningkatkan tanggung jawab belajar melalui strategi giving questions and getting answers pada siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 1(2), 57–63. https://doi.org/10.23887/jppp.v1i2.12623

Zaman, A. Q., & Irnawati. (2019). Implementasi Pendidikan Demokrasi Dalam Sistem Pendidikan Di Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang Sebuah Kajian Fenomenologi. 286–296.

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Downloads

Published

2023-02-27

How to Cite

Elok Kinanti, Akhmad Qomaru Zaman, & Bernadetta Budi Lestari. (2023). Penanaman Nilai Karakter Demokratis Melalui Permainan Tradisional Pemuda Kampung Lali Gadget Di Desa Pagarngumbuk Sidoarjo. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2(1), 128–139. https://doi.org/10.30640/dewantara.v2i1.698