Pengembangan Sustainable Education Melalui Proyek Sanggar Literasi di Panti Asuhan PAKYM Surakarta

Authors

  • Wahyu Fajar Lestari Universitas Sebelas Maret
  • Anggita Aprilliany Firdaus Universitas Sebelas Maret
  • Clarissa Nindytya Cahya Universitas Sebelas Maret
  • Fahmadila Meisarah Universitas Sebelas Maret
  • Galuh Kusumawati Sukarjo Universitas Sebelas Maret
  • Kishaya Salmalaida Universitas Sebelas Maret
  • Luluk Handayani Universitas Sebelas Maret
  • Maratul Sholekhah Universitas Sebelas Maret
  • Rahman Adib Destyawan Universitas Sebelas Maret
  • Salsabila Selia Prudena Sutikno Universitas Sebelas Maret
  • Budhi Setiawan Universitas Sebelas Maret
  • Kundharu Saddhono Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.30640/dewantara.v2i1.671

Keywords:

Sanggar Literasi, Merdeka Belajar, Proyek Kemanusiaan

Abstract

Di zaman serba canggih ini, literasi memegang peranan penting dalam kehidupan. Namun, realita membuktikan bahwa tingkat literasi masyarakat Indonesia masih sangat rendah. Dengan adanya permasalahan tersebut, maka kami Kelompok Hibah MBKM UNS 2022 menginisiasi adanya kegiatan Sanggar Literasi untuk meningkatkan budaya literasi anak-anak. Kegiatan ini sekaligus sebagai implementasi dari adanya program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) UNS, dimana kami mengambil peran dalam bidang proyek kemanusiaan. Sasaran dari kegiatan ini adalah anak-anak Panti Asuhan PAKYM Surakarta yang berjumlah 45 anak. Selain Sanggar Literasi, fokus dari kegiatan ini juga mengarah pada program lokakarya, pemberian donasi dan bakti sosial pada masyarakat di sekitar Panti Asuhan. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 25 November 2022 dan 06 Oktober 2022. Adapun, tujuan umum dari kegiatan ini adalah sebagai upaya meningkatkan literasi anak dan pengembangan rasa kepedulian terhadap sesama. Adapun, tahapan-tahapan pengabdian dalam kegiatan ini meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan hasil. Beberapa kendala yang dihadapi pada saat kegiatan berlangsung, yaitu jadwal kegiatan bertabrakan dengan kegiatan lain dan tidak semua anak dapat mengikuti kegiatan karena harus mengikuti kegiatan lain. Secara keseluruhan, kegiatan berlangsung dengan lancar dan sukses. Selain itu, antusiasme anak-anak selama kegiatan juga sangat tinggi.

References

Iqrima, N., Sulistyarini, & Izhar. (2014). PERAN PENGURUS PANTI ASUHAN DALAM MENUNJANG KEBERLANJUTAN PENDIDIKAN ANAK DI PANTI ASUHAN NURUL HAMID. KHATULISTIWA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(9), 1–10.

Kementerian Pendidikan Nasional (KPN). (2010). Panduan Peningkatan Kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Nonformal dalam Rangka Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan (Education for Sustainable Development) Melalui Pusat Pengembangan dan Tenaga Kependidikan (PPPPPTK). Jakarta: Kemdiknas

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40.

Muri, Y. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. KENCANA.

Nabilah, L.N. & Nana. (2020). Pengembangan Keterampilan Abad 21 Dalam Pembelajaran Fisika Di Sekolah Menengah Atas Menggunakan Model Creative Problem Solving. 3

Nilamsari, N. (2014). MEMAHAMI STUDI DOKUMEN DALAM PENELITIAN KUALITATIF. Jurnal Wacana , XIII(2), 177–181. http://fisip.untirta.ac.id/teguh/?p=16/

Pratiwi, S. H. (2021). UPAYA MENINGKATKAN LITERASI MEMBACA DI MASA PANDEMI MELALUI KEGIATAN SEMINGGU SEBUKU. FITRAH, 3(1), 27–48.

Purap, S. M., & Purwono, A. (2021). PENGARUH PROGRAM LITERASI TERHADAP KETERAM PILAN M ENULIS SISWA KELAS IV A M I DARUSSALAM PACET MOJOKERTO. AULADA: Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, III(2), 133–151. http://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/aulada

Purwo, S. (2017). PERAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM PEMBELAJARAN KREATIF-PRODUKTIF DI SEKOLAH DASAR. DEWANTARA , 3(1), 85–103.

Shantini, Y. (2015). PENYELENGGARAAN EfSD DALAM JALUR PENDIDIKAN DI INDONESIA. PEDAGOGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(1), 136–141.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA .

Sukiyanto, S., & Maulidah, T. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan. CV. Pustaka Ilalang Group .

Supriatna, N., Romadona, N. F., Saputri, A. E., & Darmayanti, M. (2018). IMPLEMENTASI EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT (ESD) MELALUI ECOPEDAGOGY DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI SEKOLAH DASAR. Primaria Educationem Journal |, 1(2), 80–86.

Tabi’in, A. (2017). MENUMBUHKAN SIKAP PEDULI PADA ANAK MELALUI INTERAKSI KEGIATAN SOSIAL. Journal IJTIMAIYA, 1(1), 39–59.

Warsihna, J. (2016). MENINGKATKAN LITERASI MEMBACA DAN MENULIS DENGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK). Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(2), 67–80.

Downloads

Published

2023-02-21

How to Cite

Wahyu Fajar Lestari, Anggita Aprilliany Firdaus, Clarissa Nindytya Cahya, Fahmadila Meisarah, Galuh Kusumawati Sukarjo, Kishaya Salmalaida, … Kundharu Saddhono. (2023). Pengembangan Sustainable Education Melalui Proyek Sanggar Literasi di Panti Asuhan PAKYM Surakarta. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2(1), 103–117. https://doi.org/10.30640/dewantara.v2i1.671