Nilai Nilai Akhlak Dalam Kepribadian Khalifah Umar Bin Khattab Pada Materi Akidah Akhlak Dan Penerapannya Pada Akhlak Siswa Di MTSN 2 Kota Pariaman

Authors

  • Tutia Ananda Putri UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Darul Ilmi UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Alimir Alimir UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Jasmienti Jasmienti UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.30640/dewantara.v2i1.661

Keywords:

Nilai-nilai Akhlak, Khalifah Umar bin Khattab, Penerapan Akhlak Pada Siswa

Abstract

Akhlak merupakan suatu sikap tingkah laku baik atau buruk yang tertanam didalam jiwa seseorang. Akhlak terbagi menjadi dua yaitu akhlak terpuji dan akhlak tercela. Agama Islam menyuruh umatnya untuk senantiasa berbuat baik terhadap sesama. Akhlak dapat dipelajari melalui keteladanan yang dapat ditiru dari tokoh-tokoh yang memiliki kepribadian yang mulia seperti kepribadian khalifah Umar bin Khattab. Khalifah Umar bin Khattab merupakan sahabat nabi yang memiliki watak keras sebelum masuk Islam, namun setelah masuk Islam berubah menjadi pribadi yang taat kepada Allah dan memiliki pribadi yang mulia. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya rasa menghargai dan menghormati pada diri seorang siswa serta kurangnya sikap jujur dan sikap sopan santun pada diri siswa. Adapun siswa kelas IX Madrasah Tsanawiyah mempelajari tentang materi keteladanan Khalifah Umar bin Khattab, yang mana kepribadian Khalifah Umar bin Khattab dapat diteladani dan dicontoh oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai akhlak dalam kepribadian khalifah Umar bin Khattab pada materi Akidah Akhlak dan penerapannya pada akhlak siswa di MTsN 2 Kota Pariaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan temuan penelitian dapat dijelaskan bahwa siswa sudah menerapkan dan meneladani kepribadian Khalifah Umar bin Khattab yang meliputi sikap takut akan azab Allah swt, sikap rendah hati, sikap santun, sikap dermawan dan sikap sederhana. Penerapan nilai-nilai akhlak pada siswa dilakukan dengan bimbingan dan arahan dari guru serta pembiasaan pada diri siswa dalam kehidupan sehari-hari. Maka dapat disimpulkan bahwa siswa sudah menerapkan nilai-nilai akhlak dalam kepribadian Khalifah Umar bin Khattab seperti sikap takut akan azab Allah swt, sikap rendah hati, sikap santun, sikap dermawan dan sikap sederhana.

References

Abdul Syukur al-Azizi. (2021). Umar bin Khattab. Diva Press.

Asadullah, A.-A. (2018). Peningkatan Sikap Dermawan dalam Perspektif Imam Al-Ghazali. UIN Walisongo Semarang.

Azwar, S. lubis. (n.d.). Materi Pendidikan Agama Islam. Media Sahabat Cendikia.

Iwan. (2020). Merawat Sikap Sopan Santun dalam Lingkungan Pendidikan. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol 4, No.

Musthafa Murad. (2007). Kisah Hidup Umar Ibn Khattab. Zaman.

Reza, F. M. (2022). Pola Hidup Sederhana dalam Al-Quran. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Rohim Abdul. (2021). Jejak Langkah Umar bin Khattab. Anak Hebat Indonesia.

Suhartono dan Roidah Lina. (2019). Pendidikan Akhlak dalam Islam. CV Pilar Nusantara.

Suja’i Fadil. (2020). Biografi 10 Sahabat Nabi Yang Dijamin Masuk Surga. Guepedia.

Zukifli Agus. (2018). Pendidikan Islam dalam Perspektif Al-Ghazali. Jurnal Raudhah, Vol 2 No 3, 33.

Zulkarnain. (2017). Pendidikan Karakter Sebagai Sarana Pembangunan Nilai Kerendahanan Hati dan Nilai Toleransi Tinjauan Al-Quran. Jurnal Waskita, Vol 1 No 1, 66–67.

Downloads

Published

2023-02-17

How to Cite

Tutia Ananda Putri, Darul Ilmi, Alimir Alimir, & Jasmienti Jasmienti. (2023). Nilai Nilai Akhlak Dalam Kepribadian Khalifah Umar Bin Khattab Pada Materi Akidah Akhlak Dan Penerapannya Pada Akhlak Siswa Di MTSN 2 Kota Pariaman. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2(1), 70–79. https://doi.org/10.30640/dewantara.v2i1.661