STRUKTUR DAN CIRI KEBAHASAAN TEKS CERPEN SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH SWASTA DINIYYAH PASIA

Authors

  • Ega Mifta Nur Syahfitri Universitas Negeri Padang
  • Amril Amir Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.30640/dewantara.v2i1.660

Keywords:

struktur, teks cerpen, kebahasaan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan struktur dan kebahasaan dalam teks cerpen karya siswa kelas XI MAS Diniyyah Pasia Kecamatan Ampek Angkek Agam. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah teks cerpen siswa kelas XI MAS Diniyyah Pasia Kecamatan Ampek Angkek Agam yang berjumlah 20 teks cerpen. Teknik pengabsahan data yang digunakan adalah teknik uraian rinci. Hasil temuan dari 20 teks cerpen yang telah dianalisis, secara umum siswa tidak menggunakan keenam struktur teks cerpen. Selanjutnya, dari segi kebahasaan, siswa lebih dominan menggunakan majas perbandingan dan tidak satu pun ditemukan teks yang mengandung majas penegasan. Lalu, ditemukan juga 15 teks cerpen yang memiliki kesalahan dalam penggunaan kata depan. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa siswa kelas XI MAS Diniyyah Pasia Kecamatan Ampek Angkek Agam belum mampu menggunakan struktur teks dengan lengkap.

 

 

References

Aeni, E. S., & Lestari, R. D. (2018). Penerapan Metode Mengikat Makna dalam Pembelajaran Menulis Cerpen pada Mahasiswa IKIP Siliwangi Bandung. Jurnal Sematik, 7(1), 1–13. https://doi.org/10.22460/semantik.v7i1.p%25p

Asri, Yasnur. (2015). Kontribusi Pengetahuan Sastra, Motivasi Belajar, Minat Baca Sastra dan Penggunaan Teknik story telling terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerpen. Hasil Penelitian. Tidak dipublikasikan.

Chaer, Abdul. (1990). Penggunaan Preposisi dan Konjungsi Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Nusa Indah.

Ermanto, Emidar. (2018). Bahasa Indonesia Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi. Depok: Rajawali Pers.

Hafizah, T., R, S., & Ratna, E. (2018). Kontribusi Keterampilan Membaca Apresiatif Teks Cerpen Terhadap Keterampilan mMenulis Teks Cerpen. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7, 394–402. https://doi.org/10.24036/100761-019883

Ibnian, S. S. K. (2010). The Effect of Using the Story- Mapping Technique on Developing Tenth Grade Studetn’s Short Story Writing Skills in Efl. Jurnal of English Lenguage Teaching. 3(4). 180-196.

Kemendikbud. (2014). Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik. Jakarta: Kemendikbud.

Keraf, Gorys. (2010). Disksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Ikrar Mandiriabadi.

Masruchin, Ulin Nuha. (2017). Buku Pintar Majas, Pantun, dan Puisi. Yogyakarta: Huta Publisher.

Pradana, Bagus. (2020). “Minat Baca Naik, Buku Sastra Paling Favorit”. Media Indonesia. Lampung: PT CITRA MEDIANUSA PURNAMA Media Group.

Prihastuti dkk.. (2017). Majas dalam Anak Ini Mau Mengencingi Jakarta? dan Kelayakannya Sebagai Bahan Ajar. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya). 5(4) , 2.

Priyatni. E. T. (2012). Membaca Sastra dengan Ancangan Literasi Kritis. Jakarta: Bumi Aksara.

Moelong, L.J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurgiyantoro. (2007). Penilaian Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada Press.

Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur. (2011). Pengajaran Kosakata. Bandung: Angkasa.

Downloads

Published

2023-02-16

How to Cite

Ega Mifta Nur Syahfitri, & Amril Amir. (2023). STRUKTUR DAN CIRI KEBAHASAAN TEKS CERPEN SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH SWASTA DINIYYAH PASIA. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2(1), 57–69. https://doi.org/10.30640/dewantara.v2i1.660