Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Terhadap Hasil Belajar Fikih Kelas X Mam Tamiang Ujung Gading

Authors

  • Ummi Muti’ah Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Supriadi Supriadi Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Arifmiboy Arifmiboy Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Darul Ilmi Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.30640/dewantara.v2i1.607

Keywords:

Model Pembejaran Kooperatif, Think Pair Share, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Fikih.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang masih rendah, serta siswa kurang berani dan kurang termotivasi untuk mengungkapkan pendapat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besarnya pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap hasil belajar Fikih kelas X MAM Tamiang Ujung Gading. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAM Tamiang Ujung Gading Tahun pelajaran 2021-2022. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara langsung dengan kelas X IPA sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS sebagai kelas kontrol. Intrumen yang digunakan adalah tes akhir yang berbentuk objektif dengan reliabilitas tes Analisis tes akhir yang diperoleh bahwa kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Statistik yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah uji t. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 2,11 lebih besar dari ttabel = 1,74, karena thitung > ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, hipotesis diterima yaitu terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair share (TPS) terhadap hasil belajar Fikih kelas X MAM Tamiang Ujung Gading.

References

Agus Suprijono. 2010. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Al Qur’an Kementerian Agama RI. 2010. Ummul Mukminin Al-Qur’an dan Terjemahan Untuk Wanita. Jakarta Selatan: Penerbit Wali.

Alfahmi Ahmad Muzakki, & Ganes Gunansyah. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif TPS (Think Pair Shere) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Jurnal PGSD. Vol. No. 2.

Al-khin Musthafa Said. 2014. Sejarah Ushul Fikih. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar. Anita Lie. 2008. Cooperative Learning. Jakarta: Gramedia.

Asmel Indra. Wawancara Pribadi Tentang Penerapan Model Pembelajaran di MAM Tamiang Ujung Gading. Selasa. 22 Februari 2022.

Darul Ilmi. 2009. Dasar-Dasar Pendidikan Dan Pembalajaran, STAIN Bukittinggi.

Deswalantri. 2016.Kesatuan Dalam Berbahasa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia, Bukittinggi: Suci Percetakan

Direktorat KsKK Madrasah and other. 2019. ‘KMA 138 Tahun 2019 Tentang Kurikulum PAI Dan Bahasa Arab’.

Handayani, F., Salmi Wati. 2022. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Dengan Model Pembelajaran Jigsaw Di Kelas VII Mts S Bawan Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam. JURNAL INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research. Vol 1, No 2.

Jihad dan Haris. 2010. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo. Jurnal Bidan Dayah. 2012. model pembelajaran tipe tink pair share.

M. P. Triant. 2009. mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: Kencana.

Madrasah and others. 2019. ‘KMA 183 Tahun 2019 Tentang Kurikulum PAI Dan Bahasa Arab’.

Muhibbin Syah. 2007. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Munawwir A.W. 1997. Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap. Surabaya : Pustaka Progressif.

Peserta Didik Kelas X MAM Tamiang Ujung Gading. Wawancara Pribadi Tentang Penerapan Model Pembelajaran di MAM Tamiang Ujung Gading. Selasa. 22 Februari 2022.

Pratama, Andy Riski, et al. "Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap Aktivitas Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri 4 Kota Bukittinggi." CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan 3.1 (2023): 16-28.

Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Rusmaini. 2011. Ilmu Pendidikan. Palembang: Grafika Telindo Press.

Sesmiarni, Z. 2014. Model Pembelajaran Ramah Otak Dalam Implementasi Kurikulum. Bandar Lampung: Aura Printing & Publishing Anggota IKAPI.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Sudaryono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenamedia Group. Sudirman. 2019. Pendidikan Konvergensi. Surakarta: CV. Akademika.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriadi. 2019. Buku Produk Disertai tentang Pedoman Penulisan Skripsi menggunakan e-consult. Bukittinggi.

Sutiah. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstuktivistik. Cet I Jakarata: Prestasi Pustaka.

Tukiran Taniredja. 2013. Model-model Pembelajaran Inovatif dan Efektif . Bandung: Alfabeta.

Winarno Surakhmad. 1990. Pengantar Interaksi Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito.

Zainal Arifin. 2014. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum: Konsep, Teori, Prinsip, Prosedur, Komponen, Evaluasi dan Inovasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2023-01-31

How to Cite

Ummi Muti’ah, Supriadi Supriadi, Arifmiboy Arifmiboy, & Darul Ilmi. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Terhadap Hasil Belajar Fikih Kelas X Mam Tamiang Ujung Gading. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2(1), 01–15. https://doi.org/10.30640/dewantara.v2i1.607