Implementasi Metode Halaqah Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Kampung Qur’an Pulau Banyak

Authors

  • Raidatam Mardiyah STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat
  • Nurmisda Ramayani STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat
  • Satria Wiguna STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat

DOI:

https://doi.org/10.30640/dewantara.v1i4.449

Keywords:

Metode Halaqah, Kemampuan Menghafal Al Qur’an

Abstract

Metode Halaqah yang diterapkan di Pondok Pesantren masih dengan menggunakan teknik klasik pondok pesantren yang dianggap belum mengarah pada inovasi pembelajaran kreatif. Selain itu guru dan santri belum memiliki keahlian khusus dalam penerapan metode Halaqah.  Jenis penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan  model Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga komponen yaitu Reduksi Data (data reduction), Penyajian Data (data display), dan penarikan serta pengujian kesimpulan (drawing and verifyingconclution). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengajaran menggunakan metode Halaqah dengan memanfaatkan media belajar yang inovatif yaitu guru membentuk kelompok belajar siswa dengan membentuk lingkaran kemudian melakukan tes membaca, mendengarkan, guru membaca murid menirukan, guru membaca bersama-sama murid, dan juga tehnik baca simak dan juga di dukung peran guru yang lain sehingga kemampuan menghafal siswa yang sebelumnya kurang menjadi meningkat lebih baik dari sebelumnya. Sedangkan kemampuan siswa dalam menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Kampung Qur’an dengan tingkat persentase kemampuan siswa menghafal sejumlah 75 %. Hal ini disebabkan program Tahfiz Qur’an menjadi program unggulan di pondok pesantren kampung Qur’an.

 

References

Bustoni, A. A. (2018). Pengembangan Kurikulum . Jakarta: Multi Kreasi Satu Delapan.

Fajaroh. (2018). Pembelajaran dengan Metode Belajar Audio Visual . Jakarta: GraMedia.

Hamalik, O. (2019). Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Pustaka Media.

Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Patton. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rosdakarya.

Sugiono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D,. Bandung: Alfabeta .

Febriyanni, R., Wiguna, S., Arafah, N., & Akmalia, R. (2021). Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Menyusun RPP Di MAS Al-Ikhwan Serapuh. 5(2), 211–222.

satria wiguna. (2019). Dasar-Dasar Bimbingan Konseling Islam (1st ed.). CV Pustaka Media Guru Indonesia.

Satria Wiguna, A. D. (2021). Jurnal Dirosah Islamiyah Kontribusi Pemikiran Pendidikan Az-Zarnuji Dalam Kitab Jurnal Dirosah Islamiyah. Jurnal Dirosah Islamiyah, 3, 420–427. https://doi.org/10.17467/jdi.v3i3.576

Yessy Nur Endah Sary. (2015). Evaluasi Pendidikan. Deepublish.

Downloads

Published

2022-12-12

How to Cite

Raidatam Mardiyah, Nurmisda Ramayani, & Satria Wiguna. (2022). Implementasi Metode Halaqah Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Kampung Qur’an Pulau Banyak. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 1(4), 143–154. https://doi.org/10.30640/dewantara.v1i4.449