Penerapan Model Cooperative Learning Type Student Teams Achievement Divisions (STAD) Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII MTS Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura

Authors

  • Annisa Siswanti STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat
  • Nurmisda Ramayani STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat
  • Satria Wiguna STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat

DOI:

https://doi.org/10.30640/dewantara.v1i4.448

Keywords:

Model Pembelajaran STAD, Pemahaman Siswa

Abstract

Permasalah dari guru masih menggunakan model pembelajaran yang monoton, metode yang digunakan kurang inovatif seperti hanya ceramah, penugasan, tanya jawab.  Jenis peneltian Ini dilakukan PTK dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data dengan cara observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman siswa sebelum menggunakan model pembelajaran ini hasilnya dapat diketahui dari hasil pre-test pra siklus dengan jumlah 11 siswa yang tuntas dan 19 siswa yang tidak tuntas dan yang mencapai ketuntasan belajar sebesar 36,66% termasuk ke dalam kriteria kurang. Pada siklus I, dapat diketahui hasil peningkatan pemahaman siswa diperoleh dari 30 siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar sebanyak 16 siswa dan siswa yang tidak mencapai ketuntasan belajar sebanyak 14 siswa dengan persentase 53,33% dan dapat termasuk dalam kriteria cukup. Pada siklus II, siswa sudah menunjukkan peningkatan hasil pemahaman yang baik, dengan pencapaian ketuntasan belajar sebanyak 26 siswa dan yang tidak mencapai ketuntasan belajar 4 siswa dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 86,66% dan termasuk dalam kriteria baik. Pada siklus I dan siklus II pemahaman siswa dengan menggunakan Model Cooperative Learning tipe STAD telah meningkat dan peningkatannya sebesar 33,33%. Berdasarkan dari hasil tersebut, maka dapat disimpulkan dengan Penerapan Model Cooperative Learning Type Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada mata pelajaran Akidah Akhlak dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas VIII MTs Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura.

 

 

References

Hernawan, A. H. (2018). Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran . Jakarta: : Universitas Terbuka.

Priansa, D. J. (2019). Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Sisdiknas, U.-u. (2009). UU RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional . Jakarta: Sinar Grafika.

Dini Siswani, M., & Suwarno. (2016). PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Dengan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Dan Penulisan Artikel Ilmiah Di SD Negeri Kalisube, Banyumas. Khazanah Pendidikan Jurnal Ilmiah Kependidikan, IX(2), 11.

Febriyanni, R., Wiguna, S., Arafah, N., & Akmalia, R. (2021). Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Menyusun RPP Di MAS Al-Ikhwan Serapuh. 5(2), 211–222.

Salim dan Syahrum. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

satria wiguna. (2019). Dasar-Dasar Bimbingan Konseling Islam (1st ed.). CV Pustaka Media Guru Indonesia.

Satria Wiguna. (2022). implementasi metode discovery learning dalam pembelajaran daring akidah akhlak di kelas vii mts ikaba paluh manis. Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(9), 981–988.

Satria Wiguna, A. D. (2021). Jurnal Dirosah Islamiyah Kontribusi Pemikiran Pendidikan Az-Zarnuji Dalam Kitab Jurnal Dirosah Islamiyah. Jurnal Dirosah Islamiyah, 3, 420–427. https://doi.org/10.17467/jdi.v3i3.576

Wiguna, S. (2021). Aplikasi anates dalam evaluasi pembelajaran. CV. Pena Persada.

Downloads

Published

2022-12-12

How to Cite

Annisa Siswanti, Nurmisda Ramayani, & Satria Wiguna. (2022). Penerapan Model Cooperative Learning Type Student Teams Achievement Divisions (STAD) Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII MTS Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 1(4), 132–142. https://doi.org/10.30640/dewantara.v1i4.448