Implementasi Model Pembelajaran Tutor Sebaya pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Ikhlasiyah Palembang

Authors

  • Faisal Faisal Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.30640/dewantara.v1i3.437

Keywords:

Tutor Sebaya, Bahasa Arab

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pelaksanaan dan efektivitas model pembelajaran tutor sebaya dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Ikhlasiyah Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian deskriptif. Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi serta analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian pelaksanaan model pembelajaran tutor sebaya pada pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Ikhlasiyah Palembang bahwa implementasi model pembelajaran tutor sebaya di MI Ikhlasiyah sudah dijalankan pada semua pembelajaran terkhusus pada pembelajaran Bahasa Arab, model ini merupakan salah satu model pembelajaran yang mengutamakan kerjasama antar siswa dengan menugaskan siswa yang mendapatkan kepercayaan untuk membantu teman-temannya yang mengalami kesulitan belajar karena hubungan teman umumnya lebih dekat dibandingkan dengan hubungan guru dengan siswa, dengan model pembelajaran ini siswa dituntut aktif berdiskusi dengan sesama temannya atau mengerjakan tugas kelompok yang diberikan oleh guru, baik tugas yang dikerjakan dirumah maupun di madrasah.

 

References

Dalyono. (2010). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional. (2002). Dinamka Kelompok Untuk Membangun Komunitas. Malang: PPPG IPS & PMP.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

DePorter, Bobbi dan Mike Hernacki dalam Warsono, dan Hariyanto. (2013). Pembelajaran Aktif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

(2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Erlangga.

Emzir. (2014). Metodologi Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif, cet-8., Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Fajrul, F, I. (2014). Model Pembelajaran Tutorial Sebaya Telaah Teoritik: Jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta’lim.

Hamalik, Oemar. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hidayati, Anita Lie. (2014). Coopreatif Learning. Jakarta: Grasindo.

Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Aceh: Intelektualita.

Lutfi, A. (2012). Pembelajaran Al-Quran dan Hadits. Jakarta: Dirjen Pendis Kemenag.

Masrianto, Agus. (2017). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa, Jurnal, Lampung: Unila, 2017.

Metzler, Michael W. (2000). Intructional Model for Physical Education. Massachusetts: Allyn& Bacon.

Muslich, M. (2007). KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Nurkhim, A. (2013). Efektivitas Pembelajaran Tutor Sebaya dalam Pembelajaran Akutansi Biaya 1. Semarang: Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan.

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 90 Tahun 2013 Pasal 1 Bab 1

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Rusman. (2013). Belajar dan Pembelajaran Bebasis Komputer. Bandung: Alfabeta.

Sapsuha, T. (2013). Pendidikan Pascakonflik. Yogyakarta: Printing Cemerlang.

Sukmadinata, S, N. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Suparno, Paul. (2007). Metodologi Belajar Fisika. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Suparta dan Herry Noer Aly dalam Muhbib Abdul Wahab. (2008). Epistimologi dan metodologi pembelajaran BahasaArab. Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Syarif Hidayatullah.

Tylee dalam buku Warsono, dan Hariyanto. (2013). Pembelajaran Aktif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Trianto. (2007). Model Pembelajraan Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Warsono, & Hariyanto. (2013). Pembelajaran Aktif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2022-09-28

How to Cite

Faisal, F. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Tutor Sebaya pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Ikhlasiyah Palembang. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 1(3), 128–137. https://doi.org/10.30640/dewantara.v1i3.437