UPAYA MENINGKATKAN KESEGARAN JASMANI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENJAS ORKES DI SD INPRES SIKUMANA 2 KOTA KUPANG

Authors

  • Damian Puling Universitas Aryasatya Deo Muri

DOI:

https://doi.org/10.30640/dewantara.v1i3.417

Keywords:

Pendidikan jasmani, pendekatan bermain mengembangkan  karakter  siswa, penjas orkes,, SD  Inpres Sikumana 2 kota kupang

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya guru penjas  untuk meningkatkan kesegaran jasmani  melalui pendekatan bermain untuk  mengembangkan  karakter  siswa  dalam pembelajaran  penjas orkes  di  SD  Inpres Sikumana 2 kota kupang, tujuan yang ingin di capai dalam penelitian ini adalah  Mengembangkan aspek kesehatan , kebugaran jasmani, keterampilan berpikir, stabiltas emosional,  keterampilan sosial,  penalaran dan tindakan moral, melalui aktifitas jasmani olahraga.

Metode  yang digunakan  dalam  memperoleh data penelitian  ini adalah  metode deskkriptif  dengan  menggunakan pendekatan kualitatif naturalistik. Teknik pengumpulan data  dilakukan  dengan cara observasi  wawancara/interview  dan dokumentasi.  Tempat penelitian di SD   Inpres Sikumana 2 kota kupang dengan jumlah siswa 95  orang.  Informen  dalam penelitian yaitu  kepala sekolah,  guru pendidikan jasmani,  dan siswa sekolah.

Hasil dalam penelitian ini adalah  upaya meningkatkan kesegaran jasmani melalui pendekatan bermain untuk mengembangkn karakter siswa dalam pembelajaran penjas.telah di lakukan  mulai dari guru penjas, sebelum mengajar,  selama mengajar telah di laksanakan dengan baik.  Simpulan dalam  penelitian ini adalah   upaya meningkatkan kesegaran jasmani  melalui pendekatan bermain  untuk  mengembangkan karakter siswa dalam pembelajaran penjas, telah di laksanakan dengan baik  karena adanya aktivitas  sebelum mengajar, selama mengajar,  dan setelah mengajar telah dilaksanakan dengan baik.

 

 

References

Arma Abdoellah, 1981. Buku olahraga Untuk Perguruan Tinggi. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Gie, The Liang. 1985.Cara Belajar Yang Efisien. Gajah Mada University Press. Yogyakarta.

Hardini, Isriani dan Dewi Puspitasari. 2012. Strategi Pembelajaran Terpadu(Teori, konsep dan Implementasinya ). Familia, Yogyakarta.

Margono. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Rineka Cipta. Jakarta.

Mata Kupan. J,2002. Teori Bermain, Jakarta: Universitas Terbuka, Jakarta.

Moedjiono dan Moh. Dimyati. 1992/1993. Strategi Belajar Mengajar. DEPDIKBUD, Jakarta.

Moedjiono dan Moh. Dimyati. 1992/1993. Strategi Belajar Mengajar. DEPDIKBUD, Jakarta.

Nawawi. H. 1993. Pengantar Metodologi Pendidikan Kualitatif. PT.Bumi Aksara, Jakarta.

Slameto. 2003.Belajar Mengajar. Rineka Cipta, Jakarta.

Sugiono, 2009. Metode Penelitian Administrasi dilengkapi dengan Metode R&D. Penerbit CV. Alfabeta, Bandung.

Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran, Landasan dan Aplikasinya. Rineka Cipta, Jakarta.

Winata Putra & Rosita, 1998. Belajar Efektif Penjasorkes. Rajawali Press, Jakarta

Yudha M. Saputra, 2000. Pembelajaran Atletik Di Sekolah Dasar. Jakarta

Downloads

Published

2022-09-28

How to Cite

Damian Puling. (2022). UPAYA MENINGKATKAN KESEGARAN JASMANI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENJAS ORKES DI SD INPRES SIKUMANA 2 KOTA KUPANG. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 1(3), 78–90. https://doi.org/10.30640/dewantara.v1i3.417