Dinamika Bahasa Indonesia Terkait Tantangan Menjaga Kebakuan Bahasa pada Mahasiswa PPKn sebagai Generasi Z

Authors

  • Roma Nauli Stephany Bintang Universitas Negeri Medan
  • Juni Kristiani Meiala Universitas Negeri Medan
  • Faiz Muhammad Zacky Universitas Negeri Medan
  • Otistas C. Sembiring Universitas Negeri Medan
  • Nurul Azizah Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.30640/dewantara.v4i1.4011

Keywords:

Educational Strategy, Generation Z, Language Dynamics, Language Standards, Social Media

Abstract

This study examines the dynamics of the Indonesian language and the challenges in maintaining language standards among Pancasila and Citizenship Education (PPKn) students as Generation Z. Using a library study method, this study analyzes literature related to language standards, the development of the Indonesian language, and factors that influence its use among students. The discussion covers four main aspects. First, the understanding of language standards among PPKn students, including the definition and its application in an academic context. Second, the dynamics of the Indonesian language, which highlights the development of the language due to the influence of technology and social media. Third, the challenges in maintaining language standards, which are divided into two subtopics: the influence of social media that encourages the use of non-standard language, and the perception of standards that are often considered irrelevant by students. Finally, this study explores strategies to maintain language standards, such as effective language education and initiatives from educational institutions to increase student awareness. The results of the study are expected to be collaborative efforts between the government, educational institutions, and the community needed to increase awareness of the importance of using good and correct Indonesian and provide in-depth insight into the importance of maintaining language standards among PPKn students as generation Z, thus the identity and cultural heritage of the nation can be maintained amidst the flow of globalization and technological developments.

References

Abni, et al. (2025). Tantangan bahasa Indonesia di era global dan upaya pelestariannya: Bahasa asing dan identitas. Jurnal Pendidikan Tambusai, 9(1), 5955-5960.

Agustin, N. M. (2023). Pembentukan identitas diri generasi Z (iGeneration) melalui media sosial Instagram di kalangan remaja Desa Sukapura Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo. Komunikasi Penyiaran Islam, 1-131.

Alvionita, S., Nugraha, R. N. A., Azalia, C., Faiq, M. D., Huda, M. Z. N., & Nurhayati, E. (2023). Analisis penggunaan bahasa slang di lingkungan mahasiswa program studi teknik industri UPN Veteran Jawa Timur. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 4920-4926.

Anisah, A. (2024). Strategi pembiasaan penggunaan bahasa Indonesia dengan pendekatan kontekstual di SMP IT Miftahul Jannah. Metonimia: Jurnal Sastra dan Pendidikan Kesusastraan, 3(1), 238-241.

Asni, A., Chairunnisa, D., Salsabila, S., Putri, D. M., Alya, S., & Ryansyah, M. R. (2025). Analisis GAP generasi: Generasi milenial dan generasi Z di lingkungan kampus. Indonesian Research Journal on Education, 5(1), 374-380.

Azka, F. M., et al. (2024). Tantangan pengguna bahasa Indonesia dalam kearifan lokal Madura. Jurnal Media Akademik (JMA), 1-9.

Darmalaksana, W. (2020). Metode penelitian kualitatif: Studi pustaka dan studi lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Erlinawati, et al. (2020). Strategi dalam meningkatkan pembakuan bahasa Indonesia bagi mahasiswa teknik informatika di Universitas Widya Darma Klaten. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran), 4(1), 92-100.

Exaudy, Z. S., et al. (2024). Dampak bahasa gaul terhadap kemurnian bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 46917-46923.

Fajarizko, et al. (2024). Penurunan minat akibat media sosial terhadap penggunaan bahasa Indonesia yang benar oleh generasi muda. Jurnal Sains Student Research, 2(3), 118-122.

Fatjeriyah, N. A., et al. (2023). Pengaruh media sosial terhadap penggunaan bahasa. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4).

Fransiska, A. B., et al. (2024). Tantangan dan solusi penggunaan bahasa Indonesia yang efektif dalam diskusi akademis untuk meningkatkan kemampuan berbahasa mahasiswa milenial. Jurnal Ilmuan Bahasa dan Sastra Inggris, 162-171.

Gultom, E. A., Sinaga, W. A., Situngkir, R. L., & Sari, Y. (2024). Analisis kedwibahasaan terhadap pembentukan identitas sosial generasi Z. Dinamika Pembelajaran: Jurnal Pendidikan dan Bahasa, 1(4), 155-169.

Haro, H. R., et al. (2024). Analisis kesalahan bahasa Indonesia dalam laporan CJR mahasiswa gizi kelas B UNIMED. Jurnal Kajian Ilmiah Interdisipliner, 25-33.

Izzah, et al. (2022). Strategi pembiasaan bahasa Indonesia dengan pendekatan kontekstual di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum Probolinggo. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6), 12218-12224.

Malau, A. C. R. B., Hutapea, M., Gultom, W. P., & Daulay, M. A. J. (2024). Dinamika penggunaan bahasa Indonesia baku dan non-baku di kalangan Gen Z mahasiswa jurusan pendidikan geografi Universitas Negeri Medan Stambuk 2022. Jurnal Ilmiah Kajian Multidisipliner, 8(6).

Nisa, J., & Febrianti, R. (2024). Use of slang among Gen-Z. INTERDISIPLIN: Journal of Qualitative and Quantitative Research, 1(4), 182-189.

Pasaribu, F. (2023). Pengaruh media sosial terhadap pemahaman dan penggunaan bahasa Indonesia di kalangan remaja.

Prasetyaningrum, R. (2024). Pengaruh media sosial terhadap gaya bahasa dalam penulisan bahasa Indonesia pada remaja. Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan (INOVASI), 3(1), 127-134.

Puspita, A. R., & Rosyidiana, H. (2020). Eksistensi kebakuan bahasa Indonesia dalam karya tulis mahasiswa. Belajar Bahasa: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 161-174.

Ramadhan, M. I. (2024). Relevansi bahasa Indonesia baku bagi generasi Z. Jurnal Pendidikan Mosikolah, 4(1), 50-56.

Riadoh. (2021). Pengaruh bahasa gaul terhadap penggunaan bahasa Indonesia di kalangan remaja. EUNOIA Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(2), 148-155.

Rufaida, B. S. (2023). Pengaruh gaya bahasa generasi Z dalam berbahasa Indonesia di era globalisasi terhadap keutuhan bahasa Indonesia. Translation and Linguistics (Transling), 3(3), 169-181.

Sherlynda, H., Kholifah, N., Tazkiyah, R. R. A., Ayu Feby Ana, S. F., Tertia, S. R., & Nurhayati, E. (2023). Eksistensi penggunaan bahasa Indonesia di kalangan Gen Z di Kota Surabaya. Jurnal Multidisiplin West Science, 2(11), 943-961.

Sholihatin, et al. (2023). Strategi meningkatkan penggunaan bahasa Indonesia baku dalam pembelajaran di Fakultas Teknik UPN Veteran Jawa Timur guna meningkatkan nasionalisme sebagai kampus bela negara. Jurnal Sastra dan Bahasa, 2(1), 31-41.

Siregar, H., et al. (2024). Pengaruh bahasa gaul terhadap penggunaan bahasa Indonesia di kalangan Gen Z. Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 40-53.

Sitohang, G. S., Situmorang, F., Syahbana, E., Batubara, R. M., & Lubis, F. (2023). Analisis penggunaan bahasa baku dan nonbaku terhadap kehidupan sehari-hari generasi milenial di Kota Medan. Jurnal Bima: Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1(4), 70-77.

Sundary, L., & Fauzah, F. (2024). Studi analisis perkembangan bahasa Indonesia di era digital. Innovative: Journal of Social Science Research, 4(3), 11295-11303.

Syafutri, et al. (2022). Peran media sosial sebagai sarana pembinaan bahasa Indonesia pada mahasiswa. Jurnal Inovasi Edukasi, 5(1), 25-37.

Ulfah, et al. (2024). Peran bahasa Indonesia sebagai alat diplomasi kebudayaan di era globalisasi. Triwikrama: Jurnal Multidisiplin Ilmu Sosial, 6(4).

Veronika, J. S., et al. (2024). Tantangan pemertahanan keaslian bahasa Indonesia di era globalisasi dan pengaruh media sosial. Jurnal Ilmiah Kajian Multidisipliner, 506-514.

Yayang, Y. I. S., & Supadi, S. (2025). Analisis semantik dalam penggunaan bahasa gaul oleh Gen Z di media sosial. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 225-230.

Downloads

Published

2025-03-28

How to Cite

Roma Nauli Stephany Bintang, Juni Kristiani Meiala, Faiz Muhammad Zacky, Otistas C. Sembiring, & Nurul Azizah. (2025). Dinamika Bahasa Indonesia Terkait Tantangan Menjaga Kebakuan Bahasa pada Mahasiswa PPKn sebagai Generasi Z. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 4(1), 325–344. https://doi.org/10.30640/dewantara.v4i1.4011