IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR’AN PESERTA DIDIK DI SMK DIPONEGORO TUMPANG

Authors

  • Alif Achadah Universitas Islam Raden Rahmat
  • Inas Malikhatus Zahro Universitas Islam Raden Rahmat

DOI:

https://doi.org/10.30640/dewantara.v1i4.392

Keywords:

Implementasi, Meningkatkan, Membaca Al-Qur’an

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang “Implementasi Metode Ummi dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik  di SMK Diponegoro Tumpang”. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana konsep pembelajaran metode ummi di SMK Diponegoro Tumpang?, 2) Bagaimana dampak implementasi metode ummi terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik di SMK Diponegoro Tumpang?, 3) Apa faktor penghambat dan pendukung metode ummi di SMK Diponegoro Tumpang?. Sedangkan tujuan dari rumusan masalah tersebut adalah: 1) Untuk mendekskripsikan konsep pembelajaran metode.ummi.di.SMK.Diponegoro.Tumpang, 2) mendekskripsikan dampak implementasi metode ummi terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik di.SMK.Diponegoro.Tumpang, 3)mendekskripsikan faktor penghambat.dan pendukung metode ummi di.SMK.Diponegoro.Tumpang. Metode penelitiannya adalah kualitatif.dekskriptif. Berdasarkan penjelasan yang sudah dipaparkan bahwa peneliti dapat menyimpulkan tentang.Konsep.pembelajaran., dampak implementasinya, faktor.penghambat dan pendukung.

 

References

Achadah, Alif. 2019. Strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP nahdhotul Ulama’ Sunan Giri kepanjen Malang, Jurnal Darussalam; Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam Vol. X, No 2. (diakses tanggal 19 Maret 2019)

Hidayat, Rahmat. Abdillah. 2019. Pendidikan Konsep Teori dan Aplikasinya. Medan: LPPI

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D Bandung: Alfabeta CV

Downloads

Published

2022-12-04

How to Cite

Alif Achadah, & Inas Malikhatus Zahro. (2022). IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR’AN PESERTA DIDIK DI SMK DIPONEGORO TUMPANG. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 1(4), 82–88. https://doi.org/10.30640/dewantara.v1i4.392