Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Materi Pencak Silat
DOI:
https://doi.org/10.30640/dewantara.v1i2.391Keywords:
Keaktifan belajar, Project Based Learning, Pencak SilatAbstract
Penulisan Best Practice ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keaktifan belajar siswa melalui model Project Based Learning pada materi pencak silat Subjek penulisan Best Practice ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 SMA N 1 Weru Tahun Pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 35 siswa. Penulisan Best Practice menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Hasil yang diperoleh dari penelitian bahwa pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) yang telah dilakukan mampu untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Prosentase keaktifan tanpa menggunakan model berbasis proyek adalah 57,25% setelah menggunakan model PJBL kategori aktif meningkat menjadi 72,95%.
References
-, S., & -, P. (2019). UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1). https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i1.89
Ahmadi, M. Z., Haris, H., & Akbal, M. (2020). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah. Phinisi Integration Review, 3(2). https://doi.org/10.26858/pir.v3i2.14971
Anazifa, R. D., & Djukri. (2017). Project- based learning and problem- based learning: Are they effective to improve student’s thinking skills? Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2). https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.11100
Andini, G. T. (2019). MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 3(2). https://doi.org/10.15575/isema.v3i2.5008
Anisimova, T. I., Sabirova, F. M., & Shatunova, O. V. (2020). Formation of design and research competencies in future teachers in the framework of STEAM education. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(2). https://doi.org/10.3991/ijet.v15i02.11537
Faizah, S. (2019). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Kreativitas Menulis Puisi Rakyat (PANTUN). Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan.
Hawari, A. D. M., & Noor, A. I. M. (2020). Project Based Learning Pedagogical Design in STEAM Art Education. Asian Journal of University Education, 16(3), 102–111. https://doi.org/10.24191/ajue.v16i3.11072
Hira, A., & Anderson, E. (2021). Motivating online learning through project-based learning during the 2020 COVID-19 pandemic. IAFOR Journal of Education, 9(2). https://doi.org/10.22492/ije.9.2.06
Massa, N., Dischino, M., Donnelly, J. F., & Hanes, F. D. (2011). Creating real-world Problem-Based Learning Challenges in Sustainable Technologies to increase the STEM Pipeline. ASEE Annual Conference and Exposition, Conference Proceedings. https://doi.org/10.18260/1-2--17678
Puspaningtyas, M., Sulastri, S., & Sulikah, S. (2022). Collaborating Project-Based Learning and Steam Practices at Indonesia ’ s Universities Using Technology Support System. 659, 602–606.
Ramdhani, M. A. (2017). Lingkungan pendidikan dalam implementasi pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1).
Ronald Tambunan, J. (2021). Pengembangan pendidikan karakter dan budaya bangsa berwawasan kearifan lokal. JURNAL WIDYA, 1(2). https://doi.org/10.54593/awl.v1i2.3
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK, 6(2). https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Simonton, K. L., Layne, T. E., & Irwin, C. C. (2021). Project-based learning and its potential in physical education: an instructional model inquiry. Curriculum Studies in Health and Physical Education, 12(1), 36–52. https://doi.org/10.1080/25742981.2020.1862683
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, CV.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (1st ed.). Penerbit Alfabeta.
Sukmawati, E. N. (2022). PEMBELAJARAN DARING BERBASIS MASALAH DALAM PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR. Juli, 2(2), 196–199. https://journal.amikveteran.ac.id/index.php/jurdikbud/article/view/299
Tim Kemdikbudristek. (2020). Rencana Strategis Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2020-2024. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi.