Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berpikir Induktif Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis HTML 5 Package (H5p) Terhadap Motivasi Belajar dan Tanggung Jawab Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.30640/dewantara.v4i1.3908Keywords:
Inductive Thinking Learning Model, Learning Media, Learning Media Based On HTML 5 Package (H5P), Student Learning Motivation, Student Learning ResponsibilityAbstract
This study aims to analyze the effect of implementing an inductive thinking learning model using html 5 package (H5P)-based learning media on students' learning motivation and learning responsibility. The research method uses a quantitative approach. The research sample was 29 students of class XI TKJ 1 SMK PGRI 13 Surabaya. The data collection technique used a questionnaire and data analysis techniques with SPSS-assisted linear regression. The results of the study prove that the inductive thinking learning model using html 5 package (H5P)-based learning media has a significant positive effect on students' learning motivation and learning responsibility.
References
Afifah, N., Firman, F., La, J., & Yusuf, M. (2022). Penggunaan video animasi dalam pembelajaran online di masa pandemi di sekolah dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 11(2), 57–66.
Aprianty, D., Wiyono, K., & Somakim. (2021). Pengembangan multimedia interaktif pada pembelajaran matematika materi persegi panjang dan segitiga di sekolah dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 30(1), 1–13.
Damayanti, L., Suana, W., & Riyanda, A. R. (2021). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis augmented reality pengenalan perangkat keras komputer. IKRA-ITH INFORMATIKA: Jurnal Komputer dan Informatika, 6(1), 10–19.
Harta, I. W. (2020). Penerapan model pembelajaran induktif berbasis belajar bahasa Indonesia dalam menulis teks. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 1, 122–130. https://doi.org/10.5281/zenodo.3760735
Lendeng, L. C., Sugiarso, B. A., & Rumagit, A. M. (2021). Media interaktif berbasis animasi pada materi minyak bumi untuk kelas XI sekolah menengah. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, 16(2), 183–192.
Rusmini, R., Hasratuddin, H., Sinaga, B., Armanto, D., & Mukhtar, M. (2024). Pengaruh model pembelajaran berpikir induktif berbantuan GeoGebra terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1402–1407. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1085
Sartika, N., Rukiyah, S., & Missriani. (2023). Problematika rendahnya mutu pendidikan di Indonesia. Journal Innovation In Education, 1(4), 57–64. https://doi.org/10.59841/inoved.v1i4.581
Syafitri, R. (2017). Meningkatkan tanggung jawab belajar melalui strategi giving questions and getting answers pada siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 1(2), 57–63. https://doi.org/10.23887/jppp.v1i2.12623
Utari, D. A., Miftachudin, M., Puspandari, L. E., Erawati, I., & Cahyaningati, D. (2022). Pemanfaatan H5P dalam pengembangan media pembelajaran bahasa online interaktif. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 7(1), 63–69. https://doi.org/10.21107/metalingua.v7i1.14896
Yulita, A., Sukmawati, E., & Kamaruzzaman. (2021). Upaya meningkatkan sikap tanggung jawab belajar melalui konseling kelompok pada siswa sekolah menengah pertama negeri 1 Subah. BIKONS: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(2), 1–12. https://jurnal.fipps.ikippgriptk.ac.id/index.php/BK/article/view/74
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.