PENINGKATAN KARAKTER GOTONG ROYONG MELALUI MARKET DAY DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.30640/dewantara.v1i4.388Keywords:
karakter, gotong royong, market dayAbstract
Tujuan dari peenelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan karakter gotong royong melalui Market Day di tingkat Sekolah Dasar. Metode pebelitian yang digunakan pendekatan kualitatif, menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, pengamatan , dan dokumentasi. Rubrik observasi merupakan instruman yang digunakan pada penelitian ini. Dengan Market Day siswa siswi SD N 1 Wonosegoro, berdampak pada peningkatan karakter gotong royong. Rasa setia kawan semakin solid, sikap menolong semakin tampak, saling menghargai pendapat dalam diskusi, rasa kepedulian yang tinggi serta mereka mampu bekerja sama antarteman dengan baik
References
.kemdikbud.go.id. (n.d.). Buku Literasi Finansial | Gerakan Literasi Nasional. Retrieved December 2, 2022, from https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/buku-literasi-finansial/
Derung, T. N. (2022). GOTONG ROYONG DAN INDONESIA. https://e-journal.stp-ipi.ac.id/index.php/sapa/article/view/62/56
Dr. H. Wahyuddin, M. H. (2020). PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Asrul Muslim (Ed.); pp. 1–170). http://repositori.uin-alauddin.ac.id/17646/1/Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam.pdf
Hasibuan, A., Syah, D., Syarif, U. I. N., Jakarta, H., Sultan, U. I. N., & Hasanuddin, M. (2018). Manajemen pendidikan karakter di sma.
Istifany, P. (2018). PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER RELIGIUS DAN KARAKTER KEBANGSAAN DI MADRASAH TSANAWIYAH AL FALAH JATINANGOR SUMEDANG. 84–94.
literasi finansial untuk anak - Google Search. (n.d.). Retrieved December 2, 2022, from https://www.google.com/search?q=literasi+finansial+untuk+anak&oq=lietras+finansial&aqs=chrome.4.69i57j0i13i512l6j0i13i30l3.12783j1j7&sourceid=chrome&ie=UTF-8
Manullang, B. (2013). Grand Desain Pendidikan Karakter Generasi Emas 2045. Jurnal Pendidikan Karakter, 4(1), 1–14. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.1283
Maulana, I. (2020). Manajemen Pendidikan Karakter Gotong Royong . Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 5(1), 127–138. https://doi.org/10.15575/isema.v5i1.5393
Oktari, D. P., & Kosasih, A. (2019). Pendidikan Karakter Religius dan Mandiri di Pesantren. 28, 42–52.
Pambudi, K. S., & Utami, D. S. (2020). Menegakkan Kembali Perilaku Gotong – Royong Sebagai Katarsis Jati Diri Bangsa. 8(2), 12–17.
Panjaitan, S. C. (n.d.). Gotong Royong sebagai Prinsip Masyarakat Indonesia untuk Menanggapi Konflik Multikulturalisme.
Puspitasari, F. B., & Herdiati, D. (2020). Pendidikan Karakter Melalui Lagu Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Musik, 1(2), 15–38.
Rahmad. (2021). Nilai Karakter Cinta Tanah Air dan Gotong Royong Pada Kearifan Lokal Manugal Sebagai Sumber Belajar IPS Di Sekolah Dasar. 7(2), 220–227. https://doi.org/10.30653/003.202172.193
Rejeki, H. W. (2020). Membangun karakter gotong royong dan kerjasama melalui gemar berinfak wujud nasionalisme di sekolah. 72, 75–84.
Rulianto, R. (2019). Pendidikan Sejarah Sebagai Penguat Pendidikan Karakter. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 4(2), 127–134. https://doi.org/10.23887/jiis.v4i2.16527
Setiowati, S. P., & Surabaya, U. (2020). PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK PADA LAGU TOKECANG, JAWA BARAT. 8, 173–177.
Setyawan, B. W. (2021). TRADISI JIMPITAN SEBAGAI UPAYA MEMBANGUN NILAI SOSIAL DAN GOTONG ROYONG MASYARAKAT JAWA. 7–15.
Shinta, M., & Ain, S. Q. (2021). Strategi Sekolah dalam Membentuk Karakter Siswa di Sekolah Dasar. 5(5), 4045–4052.
Shoimah, L., Sulthoni, S., & Soepriyanto, Y. (2018). MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBIASAAN DI SEKOLAH. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 169–175. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/4206
Tuloli, S. (2017). TAFSIR TARBAWI : “Pendidikan Karakter". วารสารวิชาการมหาวิทยาลัยอีสเทิร์นเอเชีย, 4(1), 88–100.
Wahono, M. (2018). PENDIDIKAN KARAKTER: SUATU KEBUTUHAN BAGI MAHASISWA DI ERA MILENIAL. 2, 1–8.
Widaty, C. (2020). PERUBAHAN KEHIDUPAN GOTONGROYONG MASYARAKAT PEDESAANDI KECAMATAN PADAHERANGKABUPATEN PANGANDARAN ”. 2(1).
Wijanarti, W., Degeng, I. N. S., & Untari, S. (2019). Problematika Pengintegrasian Penguatan Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Tematik. 393–398.