KUALITAS STANDAR PELAYANAN MINIMAL ANGKUTAN UMUM MASSAL BERBASIS JALAN (STUDI KASUS PADA TRANS METRO KOTA PEKANBARU)

Authors

  • Maulida Hasanah Universitas Riau
  • Febri Yuliani Universtas Riau

DOI:

https://doi.org/10.30640/dewantara.v1i4.367

Keywords:

Kualitas Standar Pelayanan Minimal, Trans Metro Pekanbaru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan Kualitas Standar Pelayanan Minimal Angkutan Umum Massal Berbasis Jalan Studi Kasus Pada Trans Metro Kota Pekanbaru. Tipe yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan mengekplorasi dan memahami makna oleh sejumlah individu atau sekelompok orang yang berkaitan dengan masalah Kualitas Standar Pelayanan Minimal Angkutan Umum Massal Berbasis Jalan Studi Kasus Pada Trans Metro Kota Pekanbaru dengan metode Kualitatif. Dengan demikian diketahui bahwa Kualitas Standar Pelayanan Minimal Angkutan Umum Massal Berbasis Jalan Studi Kasus Pada Trans Metro Kota Pekanbaru adalah Cukup Baik. Adapun yang menjadi hambatan dalam Kualitas Standar Pelayanan Minimal Angkutan Umum Massal Berbasis Jalan Studi Kasus Pada Trans Metro Kota Pekanbaru antara lain : Terkendalanya Anggaran dari pemerintah pusat untuk pengembangan program-program yang direncanakan oleh Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru terkait peningkatan kualitas standar pelayanan minimal halte dan Terkendalanya penerapan jalur khusus bus transmetro Pekanbaru karena belum mendapatkan izin dari pemerintah pusat mengakibatkan hingga saat ini jalur khusus bus transmetro Pekanbaru belum bisa diterapkan.

References

Buku:

Adisasmita, Rahardjo dan Adisasmita S. Adji, 2011. Manajemen Transportasi Darat, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ahmad, Jamaluddin, 2015. Metode Penelitian Administrasi Publik Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: Gava Media.

Hardiyansyah, 2018. Kualitas Pelayanan Publik (Konsep, dimensi, Indikator, dan implementasinya). Yogyakarta: Gava Media.

Ibrahim, Amin, 2008. Teori Dan Konsep Pelayanan Publik Serta Implementasinya. Bandung: CV. Mandar Maju.

Kusumanegara, Solahuddin, 2010. Model Dan Aktor Dalam Proses Kebijakan Publik. Yogyakarta: Gava Media.

Mardalis, 2017. Metode Penelitian (Suatu Pendekatan Proposal). Jakarta: Edisi 1, Cet. 14 , Bumi Aksara.

Miro, Fidel, 2012. Pengantar Sistem Transportasi. Padang: Erlangga.

Mulyadi, Deddy, 2018. Studi Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik (Konsep dan Aplikasi Proses Keboijakan Publik Berbasis Analisis Bukti Untuk Pelayanan Publik). Bandung: Alfabeta.

Nurmandi, Achmad, Khozin, Muhammad, dan Salahudin, 2018. Pelayanan Sektor Publik. Yogyakarta: UMY Press.

Pasolong, Harbani, 2010. Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.

Purwanto, A. Erwan dan Sulistyastuti R. Dyah, 2018. Implamantasi Kebijakan Publik (Konsep dan Aplikasinya di Indonesia). Yogyakarta: Gava Media.

Sani, Zulfikar, 2012. Trasnportasi Suatu Pengantar. Jakarta: Universitas Indonesia.

Warpani, Suwardjoko, 2002. Pengelolaan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Bandung: ITB.

Widodo, Joko. 2018. Analisis Kebijakan Publik (Konsep dan Aplikasi Analisis Kebijakan Publik). Malang: Media Nusa Creatif.

Karya Ilmiah:

Astuti, Puji, 2018. Persepsi Masyarakat Terhadap Fasilitas Dan Pelayanan Angkutan Umum Trans Metro Pekanbaru. Pekanbaru: UIR.

Erlina, Roza, 2019. Pengelolaan Infrastruktur Bus Trans Metro Pekanbaru Oleh Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru. Pekanbaru: Universitas Riau.

Jayati, Citra, Dwi, 2018. Analisis Kebijakan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor Pm 27 Tahun 2015 Tentang Standar Pelayanan Minimal Angkutan Massal Berbasis Jalan (Study Kasus Bus Trans Metro Pekanbaru). Pekanbaru: UIN Suska.

Rahmadani, Bella, 2018. Analisis Pelaksanaan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 27 Tahun 2015 Tentang Standar Pelayanan Minimal Angkutan Massal Berbasis Jalan Pada Uptd Pengelola Angkutan Perkotaan Kota Pekanbaru. Pekanbaru: UIN Suska.

Muda, P. T. Muhammad, 2018. Analisis Pelayanan Jasa Transportasi Trans Metro Pekanbaru Menggunakan Metode Serqual Dan Qfd (Studi Kasus : Pt Tmp Pekanbaru). Pekanbaru: UIN Suska.

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

Maulida Hasanah, & Febri Yuliani. (2022). KUALITAS STANDAR PELAYANAN MINIMAL ANGKUTAN UMUM MASSAL BERBASIS JALAN (STUDI KASUS PADA TRANS METRO KOTA PEKANBARU). Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 1(4), 58–67. https://doi.org/10.30640/dewantara.v1i4.367