UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENGATASI KONFLIK KESISWAAN DI MA ANNURIYYAH KALIWINING RAMBIPUJI JEMBER

Authors

  • Muhammad Bahy Naufal UIN KHAS Jember
  • Revanti Atlantika Prayugo UIN KHAS Jember
  • Nur Hidayatika UIN KHAS Jember
  • Ristin Wijayanti UIN KHAS Jember
  • Mu’alimin UIN KHAS Jember

DOI:

https://doi.org/10.30640/dewantara.v1i4.363

Keywords:

manajemen konflik, faktor penyebab konflik, pemecahan masalah

Abstract

Pokok permasalahan dalam jurnal ini dalah upaya dan faktor-faktor yang dilakukan kepala sekolah dalam mengatasi konflik kesiswaan. Rumusan masalah dalam penilitan ini adalah (1). Bagaimana upaya kepala sekolah dalam mengatasi konflik kesiswaan di MA Annuriyyah ?. (2). Faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya konflik kesiswaan di MA Annuriyyah ?. (3). Apa kendala kepala sekolah dalam mengatasi konflik di MA Annuriyyah?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan upaya kepala sekolah dalam mengatasi konflik kesiswaan di MA Annuriyyah. (2). Untuk mendiskripsikan factor apa saja yang menyebabkan terjadinya konflik kesiswaan di MA Annuriyyah. (3). Menjelaskan kendala yang dialami kepala sekolah dalam mengatasi konflik siswa di MA Annuriyyah. Penelitian yang kami lakukan menggunakan metode analisis kualitatif, dan mengambil lokasi di MA Annuriyyah Kaliwining. Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah dan waka kesiswaan. Teknik dalam mengumpuklkan data adalah observasi, wawancara,dan dokumentasi. Alat bantu yang digunakan dalam pengumpulan data berupa handphone, buku catatan, dan pulpen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik penjaminan keabsahan data yang digunakan penelitian ini adalah ketekunan pengamatan dan bahan refrensi. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya kepala sekolah dalam mengataasi konflik kesiswaan di MA Annuriyyah adalah dengan memberikan kewennangan terlebih kepada walikelas, BK, dan waka kesiswaan. Apa bila konflik siswa terjadi dan tidak dapat diatasi oleh pihak tersebut, maka kepala sekolah akan melakukan pemanggilan langsung kepada siswa tersebut, lalu mendengarkan permasalahan memberikan masukan dan nasehat. Dan jika nasehat yang diberikan tidak memberikan efek positif maka akan dilakukan pemanggilan orangtua. Upaya kepala sekolah MA Annuriyyah cukup

References

Edy Miftahudin, „Manajemen Konflik Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 8 Surakarta‟ (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015); Maulana Amirul Adha, Achmad Supriyanto, and Agus Timan, „Strategi Peningkatan Mutu Lulusan Madrasah Menggunakan Diagram Fishbone‟, Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan 5, no. 01 (2019): 11–22, https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i01.1794.

HALIMATUSSAKDIAH. 2017. KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PENANGGULANGAN KONFLIK ANTAR GURU DI MAS SILIH NARA TAKENGON ACEH TENGAH.

Muwahid Shulhan, Model Kepemimpinan Kepala madrasah,yogyakarta, Sukses Offiet,2013

Nasrudin,Achmad Hasan, dkk.2021. MANAJEMEN KONFLIK DAN CARA PENANGANAN KONFLIK DALAM ORGANISASI SEKOLAH. TADBIR : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam ,9:(1).Malang. Universitas Negeri Malang.

Ramlah Pontoh, Kasim Yahiji, and Lisdawati Muda, „Manajemen Kepemimpinan Sayid Idrus Bin Salim Aljufri Dalam Mengembangkan Lembaga Pendidikan Alkhairaat‟, Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 7, no. 1 (2019): 59–70, https://doi.org/10.30603/tjmpi.v7i1.1061.

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

Muhammad Bahy Naufal, Revanti Atlantika Prayugo, Nur Hidayatika, Ristin Wijayanti, & Mu’alimin. (2022). UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENGATASI KONFLIK KESISWAAN DI MA ANNURIYYAH KALIWINING RAMBIPUJI JEMBER. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 1(4), 38–45. https://doi.org/10.30640/dewantara.v1i4.363