STRATEGI MANAJEMEN KONFLIK DALAM PENGEMBANGAN SOFT SKILL DAN HARD SKILL SISWA KELAS 4 DI SDI FULL DAY BAITUL IZZI

Authors

  • Dindya Vikri Roemaissha Universitas Islam Negeri KH Achmad Siddiq Jember
  • Faizatul Khoiriyah Universitas Islam Negeri KH Achmad Siddiq Jember
  • Alfian Wahidi Universitas Islam Negeri KH Achmad Siddiq Jember
  • Ahmad Ansori Universitas Islam Negeri KH Achmad Siddiq Jember
  • Mu’allimin Mu’allimin Universitas Islam Negeri KH Achmad Siddiq Jember

DOI:

https://doi.org/10.30640/dewantara.v1i4.361

Keywords:

Strategi, Manajemen Konflik, Soft Skill, Hard Skill.

Abstract

Penelitian ini difokuskan untuk menjelaskan bagaimana strategi manajemen konflik terhadap pengembangan soft skill dan hard skill siswa kelas 4 di SD I Full Day Baitul Izzi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam mengumpulkan data. Hasil penelitian ada beberapa konflik yang terjadi dalam pengembangan soft skill dan hard skill, diantaranya: a. Konflik dalam pengembangan soft skill; pergeseran norma-norma yang disebabkan oleh perkembangan zaman, karakter bawaan yang dimiliki oleh peserta didik. b. Konflik dalam pengembangan hard skill ; perbedaan IQ, malas membaca dan menulis. Adapun beberapa upaya yang telah dilakukan yakni : a. Strategi manajemen konflik dalam pengembangan soft skill ; menggunakan metode bina kelas, menjadi Uswatun Hasanah. b. Strategi konflik dalam pengembangan hard skill ; memberikan jam tambahan pada siswa yang memilik IQ rendah, menunjuk anak yang malas membaca untuk membaca saat pembelajaran dan mencatat setiap materi yang telah dijelaskan bagi anak yang malas menulis.

References

Delita, F., Elfayetti, & Sidauruk, T. (2016). Peningkatan Soft Skills Dan Hard Skills Mahasiswa Melalui Project-Based Learning Pada Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Geografi. Jurnal Geografi, 126.

Sumanto, D., & Haryanti, S. U. (2020). Perkembangan Peserta Didik. Tangerang: UNPAM PRESS.

Atthariq, R. (2022, Februari). Sikap Disiplin: Pengertian, Macam, Contoh, Manfaat. Retrieved from Gramedia: http://www.google.com/amp/s/www.gramedia.com/best-seller/sikap-disiplin/amp/

Yunardi, M. I. Manajemen Soft Skill dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa Sekolah Menengah Atas di Jorong Lantai Batu Nagari Baringinkabupaten Tanah Datar, SKRIPSI, IAIN Batusangkar, 2020.

Messi, E. H. (2017). Menanamkan Nilai-Nilai Kejuruan di Dalam Kegiatan Madrasah Berasrama. JMKSP: Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi, 280.

Sari, A. D., Rumenung, J., & Lapod, M. (2022). Kajian Kompetensi Hard Skill dalam Peningkatan Kinerja Pegawai pada Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal MABP, 30.

Mansari, Lalu Hasis. 2019. Pengaruh Hard Skill dan Soft Skill Terhadap Kinerja Pegawai di SMP Negeri 3 Camba Kab.Maros. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Makassar.

Ubaydillah. 2019. Upaya Guru dalam Menanamkan Soft Skill dan Hard Skill Peserta Didik dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Malang. Tesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Wathoni, Nurlaili. 2021. Pengembangan Karakter dan Soft Skill Siswa Melalui Budaya Sekolah Di Smk Negeri 41 Jakarta. Tesis, Institut PTIQ Jakarta.

B L. Nuryanti, D. U., & Subiawijaya, R. (2020). Gambaran Entreneurial Skill dan Business Success pada Pengusaha . Journal of Business Management Education, 61.

Marza, A., Wulandari, A., & Putri, D. W. (2018). Peran Organiasi dalam Mengembangkan Kompetensi Hard Skill dan Soft Skill Anggota PERHUMAS Muda Yogyakarta. Jurnal ILmu Komunikasi, 276-277.

Setiyanti, S. W. (2012). Membangun Kerja Sama Tim (Kelompok). Jurnal STIE Seemarang, 60-61.

Wahyu, M. N., Sutiarso, S., & Bharata, H. (2020). Pembelajaran Soft Skill Komunikasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa. Jurnal Cindekia: Junal Pendidikan Matematika, 407.

Bara, A. K. (2012). Membangun Kreativitas Pustakawan Di Perpustakaan . Jurnal Iqra', 41.

Muhmin, A. H. (2018). Pentinggnya Pengembangan Soft Skills Mahasiswa di Perguruan Tinngi. Jurnal forum Ilmiah, 334.

Wati, Lilis Kartika. 2021. Pengaruh Soft Skill terhadap Kepercayaan Diri Memilih Bidang Kerja dalam Persepektif Ekonomi Syariah (Study Kasus pada Kariyawan PT. Wirakarya Sakti), Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Sude, I. (2013, Februari). Softskill(Sopan Santun Mencerminkan Kualitas). Retrieved from UPT.TIK UNG: https://mahasiswa.ung.ac.id/441412079/home/2013/2/23/softskill___sopan_santun_mencerminkan_kualitas_diri_.html

Muslim, A. (2014). Manajemen Konflik Interpersonal di Sekolah . Jurnal Paedagogy, 18.

Rina, D. G. (2022). Pengaruh Komitmen Kerja, Softskill, dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru di SMK Kesehatan Genus. Jurnal Optimal, 15.

Kusuma, L. P., & Susanto, J. (2018). Peran Kerjasama Tim dan Semangat Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Zolid Agung Perkasa . PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis , 419.

Pitaloka, A. F., & Ivanna, J. (2018). Pentingnya Soft Skill dalam Membangun Jiwa Kepemimpinan. Jurnal Hikmah, 39-40.

Downloads

Published

2022-11-29

How to Cite

Dindya Vikri Roemaissha, Faizatul Khoiriyah, Alfian Wahidi, Ahmad Ansori, & Mu’allimin Mu’allimin. (2022). STRATEGI MANAJEMEN KONFLIK DALAM PENGEMBANGAN SOFT SKILL DAN HARD SKILL SISWA KELAS 4 DI SDI FULL DAY BAITUL IZZI. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 1(4), 23–37. https://doi.org/10.30640/dewantara.v1i4.361