Optimalisasi Administrasi Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Era Society 5.0

Authors

  • Nur ‘Azizah Yunara Putri Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Puti Jona Wildan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Ahmad Sabri Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Rully Hidayatullah Institut Agama Islam Sumatera Barat Pariaman

DOI:

https://doi.org/10.30640/dewantara.v3i4.3445

Keywords:

educators, students, education personnel

Abstract

Educators are at the forefront of educating the nation through various methods, paths, and levels of teaching. Students are working adults who enter the world of education (school) and return to society. Providing this foundation throughout life is the task of teachers, the backbone of the school. Management can be viewed as a process or as a task. Management as a process is the same as management in a broad sense. Management as a process of activities includes planning, organizing, directing or directing, and monitoring or controlling. These four components form a system that is interested and integrated as a whole. This means that your plan needs to be organized, managed, and monitored. The organization also needs to be planned, managed, and controlled. Control also needs to be planned, organized and controlled. Therefore, school management is the activity of allocating, organizing and using all resources to achieve educational goals in schools effectively and efficiently.

References

Adelia, S. D., et al. (2023). Strategi rekrutmen pendidik dan tenaga kependidikan dalam penempatan kerja di SMK Al-Islam Surakarta. Al-Fahim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 207–221.

Al Khadziq, M. F., & Suwadi, S. (2023). Kebijakan pendidikan Islam dalam menghadapi era Society 5.0. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam.

Alfiyani, N., & Mubarok, A. (2024). Manajemen tenaga kependidikan dalam meningkatkan kinerja tata usaha pada era 4.0. JIEM (Journal of Islamic Education Management), 8(1), 1–7.

Amelia, U. (2023). Tantangan pembelajaran era Society 5.0 dalam perspektif manajemen pendidikan. Al-Marsus: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.

Amka, A. (2021). Manajemen dan administrasi sekolah.

Andrianto, A., Amris, F. K., Hidayatullah, R., & Amanah, F. (2023). Sosialisasi pembentukan akhlakul karimah siswa era milenial di SMP Negeri 1 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman. Journal Of Humanity Dedication, 1(1), 37–47.

Ariadi, S. (1998). Prosedur penelitian seni. Jakarta: Mada Cipta.

Aryana, M., Ningsih, S. W., Widyastuti, E. A., Lestari, Y., Aqidah, M. F., & Susanto, B. H. (2024). Studi literatur tentang pengelolaan tenaga pendidik dan kependidikan. Indo-Mathedu Intellectuals Journal, 5(3), 3819–3825.

Basuki, W. (2022). Manajemen pendidikan teknologi kejuruan dan vokasi. Bumi Aksara.

Chairunnisya, E. (2023). Analisis yuridis tentang kedudukan guru honor menurut UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Studi Penelitian pada SMP Negeri 37 Medan) (Doctoral Dissertation, Fakultas Magister Hukum, Universitas Islam Sumatera Utara).

Febnaldi, R. F. (2021). Implementasi peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2012 tentang sertifikasi guru dalam jabatan (Studi pada Sekolah Menengah Atas) (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Riau).

Ghoni, A. (2022). Pengaruh sistem kenaikan pangkat dan promosi jabatan terhadap motivasi kerja pegawai negeri sipil di Propinsi Kepulauan Bangka Belitung. Jurnal Abiwara, 3(02), 140–150.

Haq, M., & Maunah, B. (2023). Penempatan sumber daya manusia sesuai bidang keahlian dan tanggung jawab di sekolah dasar Islam. Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 9(1), 17–28.

Hasbiyallah, & Mahlil Nurul Ihsan. (2019). Administrasi pendidikan perspektif ilmu Islam.

Hasibuan, L., Us, K. A., & Wahyudi, H. (2021). Prinsip-prinsip supervisi, tipe/gaya supervisi, komunikasi dalam supervisi pendidikan dan supervisi pendidikan Islam. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 4(2).

Imamudin, R. F., Tabrani, M. B., & Setiawardani, W. (2023). Kompetensi pendidik dalam menghadapi pendidikan pada era Society 5.0.

Indrawati, I. (2015). Perbedaan kinerja guru taman kanak-kanak yang bersertifikat dan tidak bersertifikat pendidik profesional se-Kecamatan Turi.

Iskandarsyah, A., & Setyowibowo, H. (2020). Sikap terhadap pensiun, perencanaan pensiun, dan kualitas hidup pada karyawan dalam masa persiapan pensiun. Journal of Psychological Science and Profession, 4(1), 23.

Jamilus, J., & Alwis, D. A. Y. (2024). Strategi rekrutmen pendidik dan tenaga kependidikan dan penempatan kerja di MAN 2 Sijunjung. Indo-Mathedu Intellectuals Journal, 5(2), 2260–2269.

Jeflin, H., & Afriansyah, H. (2020). Pengertian administrasi pendidik dan tenaga kependidikan, proses administrasi pendidik dan tenaga kependidikan (pengadaan, penempatan dan orientasi), kesejahteraan pendidik dan tenaga kependidikan (gaji, tunjangan dan penghargaan) dan cuti pendidik dan tenaga kependidikan.

Lathifah, N. D., Sabri, A., & Hasnawati, H. (2023). Persepsi guru tentang kinerja administrasi sekolah di MTsN 2 Solok. Produ: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2).

Lizana, A., & Afriansyah, H. (2019). Administrasi pendidik dan tenaga kependidikan.

Luthfiah, L., & Afriansyah, H. (2019). Administrasi pendidik dan tenaga kependidikan.

Machfauzia, A. (2020). Bekal tenaga pendidik dalam menghadapi tantangan era Society 5.0.

Mahmud, M. (2023). Dana pensiun menurut hukum Islam dan hukum positif. Hei Ema: Jurnal Riset Hukum, Ekonomi Islam, Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 2(1), 83–91.

Marpi, Y. (2023). Perlindungan hukum profesionalitas dosen swasta terhadap hak dan kewajiban menurut Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen: Indonesia. Jurnal Nalar Keadilan, 3(1), 59–79.

Muktamar, A., et al. (2023). Manajemen pendidikan: Konsep, tantangan, dan strategi di era digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Mursyidah, N., & Muhammad, M. (2023). Arah baru pembelajaran matematika pada mahasiswa di era Society 5.0. Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS), 9(1), 5–11.

Muvariz, F. R., & Rahmadhani Muvariz, F. (2019). Analisis aspek keadilan dari pemberhentian tidak dengan hormat sebagai pegawai negeri sipil di Indonesia. Jurnal Legislasi Indonesia, 16(2), 190–202.

Natasya, N. (2020). Administrasi PTK I.

Nudin, B., Hutapea, B., Zebua, R. S. Y., Purba, S., Ramayanti, P. N., Faliza, N., ... & Saddia, A. (2023). Manajemen sumber daya manusia di bidang pendidikan. Padang: Global Eksekutif Teknologi.

Purwanto, N. (2007). Administrasi pendidikan. Bandung: Suka Jaya.

Putri, N., Yulia, F., & Zuliana, E. (2024). Peran tenaga administrasi dalam meningkatkan mutu layanan administrasi di Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah Patumbak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 19166–19181.

Quatra, H. (2023). Analisis sistem pembayaran tunjangan profesi guru pada aplikasi Simbar pada Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan (Doctoral Dissertation, Stie Pembangunan Tanjungpinang).

Rezki, M., & Afriansyah, H. (2020). Pembinaan dan pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan.

Rini, G. P. S., & Safitri, I. D. (2021). Laporan kuliah kerja magang (KKM) “Peranan bagian umum sekretariat daerah Kabupaten Jombang dalam menjalankan tata usaha pimpinan, staf ahli dan kepegawaian” bagian umum Sekda Kabupaten Jombang (Doctoral Dissertation, Stie Pgri Dewantara).

Rusdiana, A. (2023). Manajemen sumber daya manusia pendidikan.

Sabri, A., Hidayati, H., Hidayat, R., Husna, R., & Putra, E. F. (2022). Pengelolaan waktu dalam pendidikan Islam. Journal on Education, 5(1), 1243–1252.

Siagian, S. (2023). Manajemen sumber daya manusia. Yayasan Drestanta Pelita Indonesia.

Suryadi, S. (2020). Pembelajaran era disruptif menuju masyarakat 5.0 (Sebuah telaah perspektif manajemen pendidikan).

Syakroni, M. (2023). Manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan mutu pendidikan di madrasah. PT. Arr-Rad Pratama.

Waluyo, B. (2023). Sistem pemasyarakatan di Indonesia. Sinar Grafika.

Wulandari, F., & Tirtoni, F. (2021). Manajemen pendidikan Sidoarjo. Umsida Press.

Yani, J., & Srimulat, F. E. (2023). Administrasi pendidikan. Cv. Tatakata Grafika.

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Nur ‘Azizah Yunara Putri, Puti Jona Wildan, Ahmad Sabri, & Rully Hidayatullah. (2024). Optimalisasi Administrasi Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Era Society 5.0. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(4), 134–154. https://doi.org/10.30640/dewantara.v3i4.3445