Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament terhadap Kemampuan Berfikir Kritis dan Motivasi Belajar IPS Siswa Kelas VII di MTSN 1 Nganjuk

Authors

  • Dhea Salsabil Labibah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Hendra Pratama UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.30640/dewantara.v3i4.3309

Keywords:

Team Games Tournament, Critical Thinking Skills, Learning Motivation

Abstract

This study aims to examine the effect of the Team Games Tournament (TGT) learning model on critical thinking skills and learning motivation in social studies (IPS) among seventh-grade students at MTsN 1 Nganjuk. The problem identified is the low level of students' critical thinking and learning motivation, as reflected in their lack of response to teacher questions and low enthusiasm for social studies. The research used a quantitative approach with a Quasi-Experimental design, dividing students into a control group (conventional learning) and an experimental group (TGT model). The results showed that the application of TGT significantly improved students' critical thinking skills and learning motivation compared to conventional methods. Hypothesis testing confirmed a positive effect, with a significance value of < 0.05.

References

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80–86. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Ariani, T., & Agustini, D. (2018). Model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT): Dampak terhadap hasil belajar fisika. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 1(2), 65–77. https://doi.org/10.31539/spej.v1i2.271

Ariawan, K. U., Arsa, I. P. S., & Putra, I. G. P. N. H. P. (2017). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament untuk meningkatkan hasil belajar perakitan komputer. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 6(3), 109–110.

Arif, D. S. F., & Cahyono, A. N. (n.d.). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis pada model Problem Based Learning (PBL) berbantu media pembelajaran interaktif dan Google Classroom.

Browne, M. N., & Keeley, S. M. (2007). Asking the right questions: A guide to critical thinking (8th ed.). Upper Saddle River, N.J.: Pearson Prentice Hall.

Bustami, Y., Mirnawati, & Utami, Y. E. (2022). Model pembelajaran Teams Games Tournament: Studi meta-analisis berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa sains. BIOSFER: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, 7(1). https://doi.org/10.23969/biosfer.v7i1.5454

Cahyani, N. (2019). Peningkatan motivasi belajar IPS melalui model TGT (Teams Games Tournament) pada siswa kelas IV.

Cintamulya, I. (2014). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMP berbasis gaya kognitif melalui pembelajaran TPS (Think Pairs Share) dengan media poster.

Fahrizal, M. (2020). Penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Team Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pembelajaran IPS peserta didik kelas V sekolah dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(1), 29. https://doi.org/10.20961/jpiuns.v6i1.40511

Fierro, I., Pinto, D., & Afanador, D. (2014). Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Game Tournament) terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi fotosintesis di SMPN 31 Batam.

Gulo, F. (2020). Tinjauan teologis model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament). Vol. 2(2), 35.

Haryanto. (2020). Evaluasi pembelajaran (konsep dan manajemen). UNY Press.

Haryono, S. (2012). Metodologi penelitian bisnis dan manajemen: Teori dan aplikasi. PT. Intermedia Personalia Utama.

Hasanah, N. (2024). Pengaruh metode eksperimen terhadap pemahaman siswa tentang gaya dapat mengubah gerak suatu benda. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/7257/6004

Hidayat, I., Purnomo, E., & Rizal, Y. (2015). Kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan TGT dan Jigsaw dengan memperhatikan minat belajar. file:///C:/Users/hp/Downloads/8942-17053-1-PB%20(2).pdf

Hunter, D. A. (2014). A practical guide to critical thinking: Deciding what to do and believe. John Wiley & Sons.

Irawan, G. (2013). Penerapan model Team Games Tournament untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/4479

Istianah, E. (2013). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematik dengan pendekatan Model Eliciting Activities (MEAS) pada siswa SMA. Infinity Journal, 2(1), 43. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i1.23

Kasmawati, & Rahman, N. (2023). Pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan motivasi, aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sungguminasa. JERUMI: Journal of Education Religion Humanities and Multidiciplinary, 1(2), 243–247. https://doi.org/10.57235/jerumi.v1i2.1288

Khasanah, D. M. (2023). Upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran produktif pemasaran kelas XI pemasaran 2 SMK Negeri 1 Karanganyar. Educator: Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik dan Kependidikan, 3(1), 14–19. https://doi.org/10.51878/educator.v3i1.2183

Lestari, N. A. P., Kurniawati, K. L., Dewi, M. S. A., Hita, I. P. A. D., Astuti, N. M. I. P., & Fatmawan, A. R. (2023). Model-model pembelajaran untuk Kurikulum Merdeka di Era Society 5.0. Nilacakra.

Marliani, N. (2015). Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1). https://doi.org/10.30998/formatif.v5i1.166

Maslow, A. (2013). A theory of human motivation. Lulu.com.

Putri, D. A., Suwatno, S., & Sobandi, A. (2018). Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui metode pembelajaran Team Games Tournaments dan Team Assisted Individualization. Jurnal Manajerial, 17(1), 1. https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i1.9739

Ratnasari, M. D., Wibowo, T., & Purwoko, R. Y. (n.d.). Eksperimentasi pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together berbantu alat peraga ditinjau dari keaktifan belajar.

Rosidah, N. A., Ramalis, T. R., & Suyana, I. (n.d.). Karakteristik tes keterampilan berpikir kritis (KBK) berdasarkan pendekatan teori respon butir.

Rusyanto. (2021). TGT (Teams Game Tournament) dalam pembelajaran IPS. Penerbit NEM.

Safrinal. (2022). Model pembelajaran kooperatif tipe Student Achievement Division (STAD) dan Team Games Tournament (TGT). CV. Azka Pustaka.

Sardiman, A. M. (2007). Interaksi & motivasi belajar mengajar. RajaGrafindo Persada.

Sihotang, K. (n.d.). Berpikir kritis: Kecakapan hidup di era digital. PT Kanisius.

Solihah, A. (2016). Pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.30998/sap.v1i1.1010

Sudaryono. (2016). Metode penelitian pendidikan. Prenada Media.

Sukmadin. (2018). Upaya meningkatkan kualitas pembelajaran PKn melalui metode Team Game Tournament (TGT) pada siswa kelas VII SMP. Vol. 1(1), 52–65.

Sukmadinata, N. S. (2011). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Taniredja, T., Faridli, E. M., Harmianto, S., & Taniredja, T. (2011). Model-model pembelajaran inovasif (2nd ed.). Alfabeta.

Tanzeh, A. (2009). Pengantar metode penelitian. TERAS.

Umar, M. (2021). Implementasi model pembelajaran Team Game Tournament untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris. Jurnal Edutrained: Jurnal Pendidikan dan Pelatihan, 5(2), 140–147. https://doi.org/10.37730/edutrained.v5i2.154

Uno, H. B. (2023). Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan. Bumi Aksara.

Yorman. (2023). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Team

Published

2024-10-24

How to Cite

Dhea Salsabil Labibah, & Hendra Pratama. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament terhadap Kemampuan Berfikir Kritis dan Motivasi Belajar IPS Siswa Kelas VII di MTSN 1 Nganjuk. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(4), 31–53. https://doi.org/10.30640/dewantara.v3i4.3309