Pemanfaatan Wordwall Game Fisika Terintegrasi Social Science Issue Untuk Meransang Berpikir Kritis Peserta didik
DOI:
https://doi.org/10.30640/dewantara.v3i2.2616Keywords:
wordwall, social science issue, critical thingkingAbstract
The development of technology demands students to be able to integrate with it in their learning process. One digital medium that can assist students in learning is Wordwall. The aim of this research is to determine the utilization of the Wordwall website game in physics integrated with social science issues for students' critical thinking abilities. This study employs a qualitative research approach with a literature review. The results indicate that the use of the Wordwall website is quite effective and efficient in enhancing students' critical thinking skills, and the implication of social issues is the creation of student engagement.
References
Amelya, P. (2023). Pengembangan E-Modul Fisika berbasis pembelajaran Socio-Scientific Issues dengan menggunakan software Flip PDF Professional pada materi momentum dan impuls [Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung].
Angraini, N. Z., Sukemi, Perwita, R., Iriyanti, D. W., & Carunisa, C. (2023). Literature review: Penggunaan aplikasi berbasis Android untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA pada pembelajaran kimia. Journal of Chemistry, Education, and Science, 7(1), 247-253.
Ariayanto, P. M., Nurcahyandi, R. Z., & Diva, A. S. (2023). Penggunaan gamifikasi Wordwall untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 1-10.
Arimbawa, A. P. G. (2021). Penerapan Wordwall game quiz berpadukan Classroom untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar biologi. Journal of Education Development, 2(2), 324-332.
Attaqi, V. (2020). Analisis argumentasi dalam Socio-Scientific Issue [Undergraduate thesis, UIN Syarif Hidayatullah].
Dianah, N. V. (2022). Pengaruh strategi pembelajaran Socio-Scientific Issues terhadap kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik kelas X SMK Negeri Itulang Bawang Tengah [Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung].
Hermansyah, Nurhairunnisah, Ardiyani, S., & Sulindra, I. G. M. (2023). Pengaruh penggunaan game edukasi terhadap kemampuan kognitif fisika dilihat dari gender siswa. Jurnal Pendidikan IPA, 13(3), 833-838.
Lubis, P. A., & Nuryasdi, S. (2022). Efektivitas aplikasi Wordwall untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6884-6892.
Neohai, J. A., Rohkim, D. A., Agustina, N. I., & Munzil, M. (2022). Development of gamification-based Wordwall game platform on reaction rate materials. Jurnal Orbital.
Nisa, A. M., & Susanro, R. (2022). Pengaruh penggunaan game edukasi berbasis Wordwall dalam pembelajaran matematika terhadap motivasi belajar. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 7(1), 141-147.
Nurfauziah, N., Sjaifuddin, S., & Taufik, A. N. (2022). Pengembangan instrumen tes kemampuan berpikir tingkat tinggi berbasis Wordwall pada tema siaga bencana untuk siswa kelas VIII SMP. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 8(1), 15-23.
Rahim, A. (2023). Meningkatkan keterampilan berpikir kritis melalui pembelajaran kritis. Jurnal Sains and Education, 1(3), 80-87.
Rosdiani, L., Munawar, B., & Dewi, R. (2021). Pelatihan membuat game edukasi Wordwall untuk guru di Kelurahan Keraton. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 2(2), 247-255.
Santikasari, L., Apriliya, S., & Alia, D. (2023). Analisis kebutuhan pengembangan media literasi baca tulis berbantuan Wordwall untuk siswa sekolah dasar. Journal of Elementary Education, 6(5), 882-887.
Shoba, T. M., Hardiyanti, R. D., & Pamela Sari, S. D. Penerapan pendekatan Socio-Scientific Issue/SSI berbantuan modul elektronik terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. In Seminar Nasional IPA XIII.
Utami, F., Pradana, A., Sheftyawan, B. W., & Supriadi, B. (2023). Penggunaan media pembelajaran aplikasi Wordwall untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran fisika di SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 12(2), 61-67.
Walidah, N. G., Mudrika, A., & Saputra, S. (2022). Pengaruh penggunaan game edukasi Wordwall terhadap motivasi dan hasil belajar matematika peserta didik. Jurnal UJMES, 7(2), 105-115.
Wulandari, A. (2022). Pengembangan kemandirian belajar fisika dengan pendekatan Socio-Scientific Issue. Jurnal Jarlitbang Pendidikan, 8(2), 191-199.
Yesaya, C. N., & Persulessy, I. S. (2023). Penggunaan game (Wordwall) dalam mata kuliah matematika informatika bagi mahasiswa jurusan teknik elektro. Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, 1(1), 11-17.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.