Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik

Authors

  • Ratna Apriyatiningsih SMAN 1 Bojonegara

DOI:

https://doi.org/10.30640/dewantara.v2i3.2248

Keywords:

student learning outcomes, project-based learning, chemistry learning

Abstract

To develop student learning outcomes in chemistry learning, teachers must be able to choose appropriate learning models to be applied in the learning process with a scientific approach. The aim of this research is to improve student learning outcomes through the application of Project Based Learning. The research was conducted qualitatively using descriptive methods on 20 students in class XI Science at SMAN 1 Bojonegara studying chemistry. Based on the research results, it is known that the results of assessing students' knowledge increased from the beginning of learning by 35% to 90% achieving the Minimum Completeness Criteria.

References

Agustina, M. (2018). Problem Base Learning (PBL): suatu model pembelajaran untuk mengembangkan cara berpikir kreatif siswa. At-Ta'dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 164-173.

Anwar, Y., Fadillah, A., & Syam, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMA Negeri 11 Samarinda. Jurnal Pendidikan, 30(3), 399-408.

Desnylasari, E., Mulyani, S., & Mulyani, B. (2016). Pengaruh model pembelajaran project based learning dan problem based learning pada materi termokimia terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Karanganyar tahun pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kimia, 5(1), 134-142.

Endriani, A. (2018). Hubungan Perhatian Orang Tua dengan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas VIII SMPN 6 Praya Timur Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2015/2016. Realita: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1(2).

Furi, L. M. I., Handayani, S., & Maharani, S. (2018). Eksperimen model pembelajaran project based learning dan project based learning terintegrasi stem untuk mengingkatkan hasil belajar dan kreativitas siswa pada kompetensi dasar teknologi pengolahan susu. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 49-60.

Hikmah, M. (2020). Penerapan model project based learning untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar pemrograman dasar siswa. Jurnal teknodik, 27-38.

Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan media pembelajaran fisika menggunakan modul cetak dan modul elektronik pada siswa SMA. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 7(1), 17-25.

Rohimat, S. (2022). Experiment-based Learning in The Topic of Natural Acid-Base Indicators During A Limited Face-to-face Learning Process. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 3(1), 43-52.

Sastradiharja, E. J., & Febriani, F. (2022). Pembelajaran Berbasis Projek (Project Based Learning) Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswadi Sekolah Penggerak Smp Al Azhar Syifa Budi Cibinong-Bogor. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(01).

Widiyanti, T., & Nisa, A. F. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 8(1).

Winarti, T., & Nurhayati, S. (2014). Pembelajaran praktikum berorientasi proyek untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan pemahaman konsep. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 8(2).

Downloads

Published

2023-09-26

How to Cite

Ratna Apriyatiningsih. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2(3), 270–275. https://doi.org/10.30640/dewantara.v2i3.2248