Efektivitas Penggunaan Metode Fonik Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Tunagrahita Kelas III di SLB Negeri 1 Tapin

Authors

  • Jarniah Jarniah SLB Negeri 1 Tapin

DOI:

https://doi.org/10.30640/dewantara.v2i4.1794

Keywords:

mental retardation, beginning reading, phonics method

Abstract

In the learning process, mentally retarded students still have difficulties because they are influenced by memory and perception factors. Reading is a complex activity because it involves physical and mental activities. This research aims to determine the improvement in reading ability of mentally retarded students using the phonics method. The method in this research is Classroom Action Research (PTK). The subjects of this research were 5 students. The research was carried out in 2 cycles and data collection techniques included tests, observation and documentation. The results of the study showed an increase in beginning reading abilities in students with intellectual disabilities.

References

Abdurrahman, Mulyono. 2010. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Abdurrahman, Mulyono. 2012. Anak Kesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Amin, M. 1995. Ortopedagogik Anak Tunagrahita. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti

Ardyanti, W. (2015). Penggunaan Metode Fonik Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Berkesulitan Belajar Kelas 2 di SD N Jagamansan 1. Universitas Negeri Yogyakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Elly, S. N. (2013). Meningkatkan kemampuan membaca kata melalui metode fonetis bagi anak tunagrahita sedang. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 2(2).

Erdi, S. P. P., & Saridewi, S. (2022). PENGARUH METODE FONIK MELALUI ANIMASI POWERPOINT TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK PEMBINA. Jurnal Golden Age, 6(1), 41-45.

Jalil, J. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka

Mustaqin. 2009. Metode Belajar Mengajar Modern. Bandung: PT Rosda.

Natalia, D., & Kurniawaty, L. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Keaksaraan Melalui Metode Fonik Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Indonesia Playschool. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 4948-4956.

RINGAN, K. A. T. DEVY ANA ANFAUDYNA NIM: 15010044021.

Sandjaja, M. (2022). Pengaruh Metode Fernald Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan dan Menulis Anak Tuna Grahita Ringan. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 6(1), 11-18.

Sari, Y. K., & Rianto, E. (2016). Pengaruh metode fonik terhadap kemampuan membaca permulaan anak kelompok A. dalam jurnal PAUD Teratai, 5, 34-38.

Soedarso. 1983. Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: Gramedia.

Suharsiwi. 2017. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: CV Prima Print.

Tarigan,Guntur Henry. 2008. Membaca sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Tharir. 2007. Cerdas berbahasa Indonesia dengan metode fonik. Pustaka hati educenter. Jawa Barat.

Trianto. (2011). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Yusuf, Munawir. 2005. Pendidikan Bagi Anak Dengan Problema Belajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2023-11-14

How to Cite

Jarniah Jarniah. (2023). Efektivitas Penggunaan Metode Fonik Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Tunagrahita Kelas III di SLB Negeri 1 Tapin. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2(4), 209–217. https://doi.org/10.30640/dewantara.v2i4.1794