Penerapan Metode Kolase dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa di Sanggar Bimbingan Aisyiyah Kampung Pandan Malaysia

Authors

  • Dewi Fatimah Triwahyuningsih ITB Ahmad Dahlan Lamongan
  • Armitha Armitha Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Riska Dewi Rahmawati Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Andi Maryam Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.30640/cakrawala.v4i2.4058

Keywords:

Collage, Creativity, Education, Learning

Abstract

This community service activity aims to improve students' creativity at Sanggar Bimbingan Aisyiyah (SBA) Kampung Pandan, Malaysia, through the application of the collage method. The method used in this activity is participatory, involving 27 students from grades 2 to 5 in a series of workshops and direct practice. The results of the community service show that the collage method is effective in improving students' creativity, which is characterized by increased fine motor skills, logical thinking skills, and imagination and experimentation in creating works of art. Of the 10 students sampled, 5 students showed "Very Developed" creativity development, 4 students "Quite Developed," and 2 students "Not Yet Developed," with an average creativity score reaching 80. This activity concludes that the application of the collage method can be an effective community service strategy in improving children's creativity in non-formal educational environments and is recommended to continue to be implemented at SBA Kampung Pandan.

Author Biographies

Dewi Fatimah Triwahyuningsih, ITB Ahmad Dahlan Lamongan

Dewi Fatimah Triwahyuningsih, seorang mahasiswa aktif program studi Akuntansi fakultas Ekonomi dan Bisnis di Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan angkatan 2022

Armitha Armitha, Universitas Muhammadiyah Sorong

Armitha, seorang mahasiswa aktif program studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di Universitas Muhammadiyah Sorong, angkatan 2023

Riska Dewi Rahmawati, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Riska Dewi Rahmawati, mahasiswa aktif program studi Pendidikan Biologi, fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di Universitas Muhammadiyah Surakarta, angkatan 2022

Andi Maryam, Universitas Muhammadiyah Sorong

Andi Maryam, M.Pd, seorang dosen jurusan PGSD di Universitas Muhammadiyah Sorong sejak 2022 sampai saat ini, alumni pascasarjana Universitas Negeri Makassar pada tahun 2021
Fokus penelitian dan pengabdiannya adalah Media pembelajaran

References

Ahadiyah, R., & Wahyu Setiadi, H. (2023). Analisis kreativitas siswa pada materi kolase menggunakan jerami di kelas 4 SDN Baturan 1. 09(Juni), 15–20. https://journal.upy.ac.id/index.php/JPI/index

Aini, S. (2022). Optimalisasi kreativitas pembuatan kolase pada anak sekolah dasar. Jurnal Pengabdian West Science.

Aprinawati, I. (2024). Penerapan model Paikem Gembrot untuk meningkatkan kreativitas karya kolase siswa di sekolah dasar. 1(2).

Damayanti, K. (2022). Penerapan media kolase untuk meningkatkan kreativitas pada anak kelompok B. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif).

Hindayati, I., Hasby, R. M., Alisba, I. T., & Rd, N. H. (2024). Stimulasi kreativitas siswa MI Darul Huda, Desa Ramea Kabupaten Pandeglang melalui pelatihan pembuatan kolase. 1(2), 103–107.

Ihsan, dkk. Analisis tingkat kreativitas melalui kolase pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Panjang.

Jahra, dkk. (2022). Peningkatan kreativitas siswa melalui teknik kolase pada siswa kelas IV sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas.

JASMINE, K. (2014). 済無No Title No Title No Title. Penambahan natrium benzoat dan kalium sorbat (antiinversi) dan kecepatan pengadukan sebagai upaya penghambatan reaksi inversi pada nira tebu, 12(1), 181–191.

Ketertiban, M., & Lintas, L. (2024). Mutiara: Multidisciplinary Scientific Journal, 2(01), 819–835.

Kusmiati, K. (2022). Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kreativitas siswa sekolah dasar. ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 2(3), 162–167. https://doi.org/10.51878/elementary.v2i3.1383

Meningkatkan, D., Pembelajaran, K., & Rupa, S. (2025). Efektivitas penggunaan biji-bijian sebagai karya kolase dalam meningkatkan kreativitas pembelajaran seni rupa. 16(November 2024), 288–295.

Munawar, A. (2020). Siswa sekolah dasar pada materi kolase. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 03(September), 109–114.

Ningsih, C. S., & Rusnoto, M. (2024). Implementasi pembelajaran kolase sebagai upaya edukasi fauna di sekolah dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 645–648. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.805

Pelajaran, P., & Budaya, S. (2023). ISSN 2548-9119 kreativitas siswa melalui karya kolase dengan kertas origami pada pelajaran seni budaya, 63–70.

Rahmawati, S. A., Sani, F. A., & Ermawati, D. (2024). Peningkatan kreativitas belajar siswa kelas III pada materi seni rupa melalui teknik kolase. 4(1), 30–37.

Ratno, S., Rahmadani, S., Purba, E. J., & Silalahi, R. (2024). Analisis pengaruh kreativitas guru terhadap pengembangan kreativitas siswa dan keterampilan belajar siswa kelas 6 di SDN 106163 Bandar Klippa. 4.

Sabandini, A. A., Widyaningrum, A., & Prasetyo, S. A. (2022). Analisis karya kolase dengan pola gambar ulat dan kupu-kupu SDN Gayamsari 02 Semarang. Cerdas Mendidik, 1(2), 15–21. http://journal.upgris.ac.id/index.php/cm/article/view/12305

Sarly, S. M., & Pebriana, P. H. (2020). Penerapan model Paikem Gembrot untuk meningkatkan kreativitas karya kolase siswa pada mata pelajaran SBdP. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(2), 156–160. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.1029

Setyorini, E. A., Ekowati, D. W., & Febriyanti, F. (2023). Peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa menggunakan model project based learning mata pelajaran seni rupa melalui kolase mix media. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 665–674.

Wijayanto, dkk. (2024). Peningkatan kreativitas siswa kelas III SD 4 Gondangmanis dalam pembelajaran seni rupa melalui media kolase. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar.

Downloads

Published

2025-04-23

How to Cite

Triwahyuningsih, D. F., Armitha Armitha, Rahmawati, R. D., & Maryam, A. (2025). Penerapan Metode Kolase dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa di Sanggar Bimbingan Aisyiyah Kampung Pandan Malaysia. Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 4(2), 52–61. https://doi.org/10.30640/cakrawala.v4i2.4058