Pelatihan Dan Pembekalan Membangun Kejayaan Maritim Untuk Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Baik, Laut Bersih, Rakyat Sejahtera Dengan Lanal Banjarmasin Di Pantai Tabiono

Authors

  • Kamsariaty Kamsariaty Akademi Maritim Nusantara
  • Moch. Nurdin Akademi Maritim Nusantara
  • Indriana Kristiawati STIAMAK Barunawati

DOI:

https://doi.org/10.30640/cakrawala.v1i4.387

Keywords:

Pendampingan, pengawasan, membangun kejayaan bahari

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini berupa pelatihan dan pembekalan tata cara kebersihan pantai di Tabonio. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman manfaat menggunakan kebersihan pantai dan laut. Target audiens dalam kegiatan PKM ini adalah KKN ini merupakan rangkaian kegiatan yang melibatkan Ikatan Taruna Amnus Banjarmasin yang baru, dengan alumni dan dosen serta warga sekitar yang dibina oleh Tabonio melalui kegiatan bersih-bersih pantai Wisata Tabonio sebagai gerakan bersama untuk merawat lingkungan untuk menjaga kelestarian alam. Taruna Baru dengan pengenalan lingkungan baru namun tetap sadar lingkungan ini merupakan upaya mewujudkan penyelamatan bumi dari sampah. Salah satu hal paling sederhana yang dapat di lakukan adalah membersihkan pantai. Pantai wisata yang merupakan tempat wisata ekonomis yang murah namun belum dikelola secara profesional, beberapa pondok wisata di bibir pantai masih terlihat membuang sampah sembarangan sehingga terlihat kotor selain itu, kurangnya kesadaran pengunjung dalam membuang sampah pada tempatnya menambah masalah, sehingga dengan program bersih pantai ini diharapkan tumbuh kesadaran bagi taruna/i baru, alumni dan dosen peduli lingkungan, tempat wisata bebas sampah. Rencana tindak lanjut dilakukan dengan menyediakan tong sampah, membuat rencana peringatan dengan berbagai bentuk sebagai himbauan untuk melarang membuang sampah sembarangan, memilah pemilihan sampah dan mendaur ulang sampah, sehingga pengembangan wisata pantai dapat dilakukan bebas dari sampah.

References

Fadlia, F. (2018). Sense Of Place dan Kerusakan Lingkungan Di Kawasan Wisata Pantai Ujong Batee Kabupaten Aceh Besar. Proceedings of Annual Conference on Community Engagement, December 2019, 122–134.

Maulana, A., Fitri, C., & Pradjwalita, P. (2020). POLA MUSIMAN KUNJUNGAN WISATAWAN.

MANCANEGARA KE BALI Seasonal Pattern of Foreign Tourist Arrivals to Bali. Jurnal Kepariwisataan Indonesia, 14(2), 73–90.

Riwukore, J. R., Habaora, F., & Yustini, T. (2021). Kondisi Eksisting Destinasi Pariwisata Pantai Lasiana Kota Kupang Berdasarkan Atraksi, Aksesibilitas, Fasilitas, Kelembagaan, dan Ekosistem Pariwisata. Jurnal Kepariwisataan Indonesia, 15(2), 103–115. http://ejournal.kemenparekraf.go.id/index.php/jki/article/view/147/62.

Rusata, T. (2019). Partisipasi Masyarakat Lokal dalam Pengembangan Destinasi Wisata Berkelanjutan: Studi Kasus Situs Gunung Padang Cianjur. Jurnal Kepariwisataan Indonesia: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Kepariwisataan Indonesia, 13(2), 79–96. https://doi.org/10.47608/jki.v13i22019.79-96.

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

Kamsariaty Kamsariaty, Moch. Nurdin, & Indriana Kristiawati. (2022). Pelatihan Dan Pembekalan Membangun Kejayaan Maritim Untuk Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Baik, Laut Bersih, Rakyat Sejahtera Dengan Lanal Banjarmasin Di Pantai Tabiono . Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 1(4), 84–92. https://doi.org/10.30640/cakrawala.v1i4.387