Mendorong Pertumbuhan UMKM Desa Grujugan Kidul Melalui Strategi Digital Marketing Efektif

Authors

  • Muhammad Putrajaya UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Agus Afandi UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30640/cakrawala.v4i1.3772

Keywords:

Pemasaran Digital, Pengembangan UMKM, Transformasi Digital

Abstract

This study empowers MSMEs in Grujugan Kidul Village through digital marketing strategies using the Asset-Based Community Development (ABCD) approach. Activities included training in Google My Business, business legality, and halal certification. The program significantly enhanced participants’ skills, enabling market expansion, increased sales, and improved customer engagement. Despite limited time, the initiative equipped MSMEs to sustain digital practices independently. The findings highlight digital marketing's role in rural business growth and stress the need for extended support and stakeholder collaboration to ensure inclusivity and sustainability. This serves as a reference for developing MSMEs in underserved regions.

References

Anaqi, I., Kurniawan, D., Marcela, T. P., Claudia, D., Jorger, V., Aziz, P. N., Suranti, N., Sukmah, M., & Ariescy, R. R. (2023). Pengembangan digitalisasi marketing usaha UMKM untuk meningkatkan mengembangkan UMKM masyarakat. JURAI: Jurnal ABDIMAS Indonesia, 1(2), 171–179. https://doi.org/10.59841/jai.v1i2.112

Arisetyawan, K., Rachmawati, L., Nur’aini, S., Nur Adha, A. A., Firmansyah, A. H., Ardini, C. A., & Ariyadi, A. A. (2023). Sosialisasi digital marketing UMKM dalam optimalisasi potensi ekonomi desa. International Journal of Community Service Learning, 7(2), 239–247. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJCSL/article/view/56878

Hanim, L., Maryanto, H., Djunaedi, H., & Wahyono, H. D. (2020). Pemahaman warga Sembungharjo terhadap pentingnya nomor induk berusaha (NIB) dalam meningkatkan ketahanan ekonomi. Webinar Nasional Pengabdian Masyarakat, 349–356. https://jurnal.uns.ac.id/aktivita/article/viewFile/59603/34839

Herdiman, L., Azizah, N. N., Adynata, I., Mahendra, N. F., Rihhadatuluisy, N. A., Haq, M. H. H., Murtinanda, F., et al. (2022). Sosialisasi pelatihan dan digitalisasi dalam usaha peningkatan UMKM di desa Trayu. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 4823–4829. http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/1096

Karmila, W., & Taufik, D. N. (2023). Upaya peningkatan pendapatan keluarga melalui pelatihan pembuatan tempe di Desa Banyuresmi Garut. Al-Khidmah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 47–61. https://jurnal.staip.ac.id/index.php/khidmah/article/view/93

Khulwani, A., Hakim, A. R., & Hakim, A. R. (2023). Sosialisasi strategi pengembangan digitalisasi UMKM di desa Sabajaya. ABDIMA JURNAL PENGABDIAN MAHASISWA, 2(1), 452–456. https://journal.ubpkarawang.ac.id/index.php/AJPM/article/view/3614

Lahamit, S. (2021). Sosialisasi peraturan daerah dalam rangka optimalisasi fungsi legislasi anggota DPRD Provinsi Riau (Studi pelaksanaan sosialisasi peraturan daerah di masa pandemi Covid-19). PUBLIKA: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 7(1), 32–45. https://journal.uir.ac.id/index.php/JIAP/article/view/6766

Legowo, M. B., Prayitno, D., & Indiarto, B. (2021). Program kemitraan masyarakat untuk sosialisasi program digitalisasi UMKM di wilayah Jakarta Pusat. Jurnal Berdaya Mandiri, 3(2), 588–601. https://journal.upy.ac.id/index.php/lppm/article/view/1766

Rizal, M., Laila, A. N., Ali, N., Rohmah, N., Maula, M. H. N., & Waasiah, R. (2021). Sosialisasi digital marketing bagi pelaku UMKM di desa. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 2(4), 287. http://riset.unisma.ac.id/index.php/JP2M/article/view/13569

Sabililhaq, F., Keliobas, F. M., Yulianti, L., Adam, M., Dwinata, R., & Nauly, D. (2023). Program edukasi digitalisasi UMKM dalam rangka UMKM yang berbasis digital. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/download/20117/9777

Saputra, Y. A., & Redaputri, A. P. (2023). Pendampingan dan sosialisasi sertifikasi halal bagi UMKM mitra binaan Rumah BUMN Bandar Lampung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(2), 978–984. https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/932

Selasi, D., Umam, K., Putriani Alfiyanti, D. R., Romdiyah, S., Nurkhasana, L., Andriani, R., M, S. J., et al. (2021). Pendekatan ABCD (Asset Based Community Development): Upaya peningkatan pendapatan keluarga melalui pelatihan pembuatan telur asin di Desa Marikangen Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon. Etos: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 176–188. https://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/etos/article/view/532

Solikhin, A., Syarif, A., Utama, A. N. B., & Malinda SB, I. (2023). Pelatihan penyusunan arus kas (cashflow) dan pembuatan profil usaha bagi kelompok UMKM Sahabat Berdikari Mandiri. Journal of Community Engagement Research for Sustainability, 3(4), 215–222. https://cers.ejournal.unri.ac.id/index.php/cers/article/view/322

Sufi, R. A., & Suharti, L. (2021). Pengaruh motivasi intrinsik dan pengetahuan TIK terhadap kesiapan digitalisasi UMKM dengan faktor demografi sebagai variabel pemoderasi (Studi pada UMKM kuliner di Salatiga). Jurnal Administrasi Bisnis, 10(2), 107–120. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/janis/article/view/39311

Tim Penyusun UIN KHAS Jember. (2024). Kuliah kerja nyata ABCD UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. LP2M UIN KHAS Jember. [email protected]

Wahyu, F., & Agung, W. (2022). Digitalisasi absensi siswa di SMA Negeri 1 Petanahan. JURNAL SINKOM (Sistem Informasi, Informatika dan Komputer), 2(1), 28–40. https://jurnal.amikpgrikebumen.ac.id/index.php/jurnalsinkom/article/view/35

Wijaya, S., Afifah, Y. D. N., Permana, O., Muzzaky, M. A., Fazriyah, L., Saputra, M. F., Lestari, L. P., et al. (2023). Legalitas dan digitalisasi UMKM Blangkon Pacul Gowang dan pakaian adat di Desa Sawocangkring Sidoarjo untuk mendukung SDGs. Open Community Service Journal, 2(2), 100–112. https://opencomserv.com/index.php/OCSJ/article/view/42

Windusancono, B. A. (2021). Upaya percepatan pertumbuhan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia. MIMBAR ADMINISTRASI FISIP UNTAG Semarang, 18(2), 32. http://jurnal.untagsmg.ac.id/index.php/mia/article/view/2528

Downloads

Published

2025-01-11

How to Cite

Muhammad Putrajaya, & Agus Afandi. (2025). Mendorong Pertumbuhan UMKM Desa Grujugan Kidul Melalui Strategi Digital Marketing Efektif. Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 4(1), 64–74. https://doi.org/10.30640/cakrawala.v4i1.3772