Pemasaran Digital Dasar Bagi UMKM di Kota Balikpapan

Authors

  • Muh Shadiqul Fajri AF Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30640/cakrawala.v3i4.3415

Keywords:

pemasaran, digital, UMKM

Abstract

Kegiatan pengabdian ini menguraikan tentang pelatihan pemasaran digital dasar bagi para pelaku UMKM di Kota Balikpapan. Pelatihan yang menghadirkan 50 peserta ini berlangsung selama dua hari dimana 75 % dari konten materi merupakan praktek langsung, seperti membuat video promosi di media social, membuat akun Google Profil Bisnisku, dan fotografi produk. Hasil dari pelatihan ini menunjukkan keberhasilan dalam peningkatan keterampilan teknis dalam mebuat video promosi dan fotografi produk. Diperlukan adanya pelatihan lanjutan serta upaya saling kolaborasi baik sesama pelaku UMKM, pemerintah daerah, dan lembaga keuangan dalam mendukung pertumbuhan bisnis yang lebih cepat dan efektif.

References

Fadly, Hawangga Dhiyaul, and Sutama Sutama. 2020. “Membangun Pemasaran Online Dan Digital Branding Ditengah Pandemi Covid-19.” Jurnal Ecoment Global 5(2):213–22.

Lestari, Putri, and Muchammad Saifuddin. 2020. “Implementasi Strategi Promosi Produk Dalam Proses Keputusan Pembelian Melalui Digital Marketing Saat Pandemi Covid’19.” Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA) 3(2):23–31.

Mahalaxmi, KR, and P. Ranjith. 2016. “A Study on Impact of Digital Marketing in Customer Purchase Decision in Trichy.” International Journal for Innovative Research in Science & Technology 2(10):332–38.

Priyatno, Arif Mudi, Fahmi Iqbal Firmananda, Wahyu Febri Ramadhan, Mohd Winario, Putri Zulia Jati, and Lailatul Syifa Tanjung. 2023. “Pendampingan Pembuatan Website Desa Gunung Malelo Untuk Mempermudah Penyebaran Informasi Desa.” Dedikasi: Jurnal Pengabdian Pendidikan Dan Teknologi Masyarakat 1(2):75–80.

Putra, Muhammad Renaldi Allindra, and Muh Shadiqul Fajri AF. 2024. “Peran Akad Mudharabah Pada Permodalan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Samarinda.” Sanskara Ekonomi Dan Kewirausahaan 3(01):1–6.

Downloads

Published

2024-11-14

How to Cite

Fajri AF, M. S. (2024). Pemasaran Digital Dasar Bagi UMKM di Kota Balikpapan. Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 3(4), 185–191. https://doi.org/10.30640/cakrawala.v3i4.3415