Pengelolaan Wisata Berbasis Kearifan Lokal di Kampung Kreatif Kelurahan Sugih Waras Kecamatan Talang Jambe, Kota Palembang

Authors

  • Dwi Hanadya Politeknik Darussalam
  • Nyayu Ully Auliana Politeknik Darussalam
  • Ujang Ujang Politeknik Darussalam

DOI:

https://doi.org/10.30640/cakrawala.v1i4.336

Keywords:

Pengelolaan pariwisata, kearifan lokal, desa percontohan.

Abstract

Kawasan kampung kreatif kecamatan Sugih Waras kecamatan Talang Jambe kota Palembang memiliki potensi wisata edukasi yang sangat potensial untuk dikembangkan. Desa ini memiliki karakteristik alam yang menarik dan kehidupan sosial budaya yang unik. Potensi tersebut harus didorong dan dikembangkan sesuai dengan karakteristik sosial budaya masyarakat. Pengembangan potensi wisata berbasis masyarakat merupakan upaya strategis dalam membangun masyarakat. Pengembangan wisata edukasi merupakan investasi jangka panjang dan potensial bagi pemerintah karena sumber daya manusia dan sumber daya alam sudah tersedia. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa nilai-nilai kearifan lokal dalam pengembangan kampung kreatif Sugiwaras Kota Palembang terkandung dalam prinsip-prinsip organisasi. Ada tiga prinsip utama organisasi, yaitu keanggotaan sukarela dan terbuka, manajemen demokratis, dan kemandirian. Kriteria wisata edukasi di desa kreatif meliputi daya tarik, aksesibilitas, fasilitas umum dan sarana wisata, pemberdayaan masyarakat, dan pemasaran atau promosi. Dari lima kriteria wisata edukasi di desa kreatif, hanya dua yang berjalan optimal, yaitu daya tarik wisata dan pemberdayaan masyarakat, sedangkan tiga kriteria lainnya masih mengalami kendala.

References

Glueck, W. F. & J. L. R. (2014). Manajemen Strategies dan Kebijakan Perusahaan (1st ed.). Erlangga.

Madiistriyanto, H. (2013). Strategi Pemasaran Produk Wisata (Asep Rachmatullah (ed.); 1st ed.). Indigo Media. http://repository.upi-yai.ac.id/240/1/strategi pemasaran produk wisata.pdf

Purwanto, M. B. (2022). Pengembangan Kain Khas Kabupaten Musi Banyuasin Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Ekonomi Lokal. JURNAL PARIWISATA DARUSSALAM, 1(2).

Rahmawati, A. N. (2019). Strategi Pemasaran Hotel (1st ed.). Rieneka Cipta.

Sofjan Assauri. (2015). Manajemen Pemasaran (Dasar, Konsep, dan Strategi) (2nd ed.). PT Raja Grafindo Persada.

Suryadana, M. L. dan O. V. (2015). Pengantar Pemasaran Pariwisata (1st ed.). Alfabeta.

Downloads

Published

2022-11-28

How to Cite

Dwi Hanadya, Nyayu Ully Auliana, & Ujang Ujang. (2022). Pengelolaan Wisata Berbasis Kearifan Lokal di Kampung Kreatif Kelurahan Sugih Waras Kecamatan Talang Jambe, Kota Palembang. Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 1(4), 28–34. https://doi.org/10.30640/cakrawala.v1i4.336