Upaya Bimbingan Belajar Terhadap Anak Taman Pendidikan Qur’an Dalam Mengatasi Rendahnya Sumberdaya Manusia Di Wilayah Desa Bungkuk Kecamatan Parang Kabupaten Magetan

Authors

  • Andhita Risko Faristiana Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • M.Khoirul Minan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Elsya Laras Sinta Institut Agama Islam Negeri Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.30640/cakrawala.v2i3.1602

Keywords:

Qur'an Education Park, Education, Islamic Religion, Guidance, Human Resources

Abstract

For everyone education is where people will be very competitive in life in the world. In addition, a good education will create a good mental condition in a person, so that it will have an impact on increasing creativity. This tutoring is one of the efforts to improve Human Resources, especially for children by utilizing the learning facilities at the Al-Qur'an Education Park. This study aims to overcome the low learning styles of children in Bungkuk Village, Parang, Magetan. The method used in this community service research is the Asset Based Community Development (ABCD) method which prioritizes the utilization of assets or potential. The results of this community service research prove that this tutoring activity is an effort to improve human resources in terms of reading, writing, arithmetic and worship practices. This can be seen from the enthusiasm of the children in participating in existing guidance activities, gaining new knowledge, and being more enthusiastic about reciting the Koran..

References

Ahmadi, Pedoman Kuliah Pengabdian Masyarakat (Ponorogo: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM), 2023), 77.

Arifin et al, “Pembinaan Fiqih Thaharah (Adab dalam Bersuci) pada Anak-anak Taman Pendidikan Al-Qur’an Sukamulya, Tangkiling, Kota Palangka Raya”, Jurnal Inovasi Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, Vol.2 No. 2022, 62.

Dwi Warsitasar, Wahyu “Analisis Kebijakan dan Pengembangan TPQ dalam Pendidikan Nasional”, Jurnal Al-Ifkar , Vol.24, no.2, 220, 142.

Firmansyah, Mokh. Iman ”Pendidikan Agama Islam,” Jurnal Pendidikan Agama Islamm -Ta’lim 17, no. 2 , 2019 , 82.

Gonibala, Rukumina et all, “Kegiatan BTQ dan Bimbel Syarum di TPQ Nurul Haq,” Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat 1, no.2, 2021, 10.

Hasanah, Zuriatun, ”Model Pembelajaran Koopratif Dalam Menumbuhkan Kreatifitas Belajar Siswa” Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaan ,Vol. 1, No. 1, 2021, 2.

Izza Muttaqin, Ahmad ,“Analisis Implementasi Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X di SMA Negeri Darussholeh Singojuruh”, Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, Vol. 14 no. 1, 2021,6.

Joesyiana, Kiki “penerapan metode pembelajaran Observasi Lapangan (Outdoor Study) pada mata kuliah Manajemen Oprasional”, PeKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UIR ,Vol 6 no.2 , 2018, 94.

Kamilatul Farihah, Ririn, Kesadaran Moderasi Beragama dalam Dunia Pendidikan Islam, (Serang: Guepedia, 2021) ,62.

Lailatul Fitri, Nur “Peran Orang tua dalam Membentuk Anak Sejak Dini”, AL HIKMAH: Indonesian Journal Of Early Childhood Islamic Education, Vol.1, no. 2,165.

Maulizer Sahputra Ricki, Hasmunir dan Amsal Amri, “Penerapan Model Pembelajaran Koopratif Tipe Kartu Arisan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah, Vol. 2, No. 2, 94.

Rosyidi dan Uswatun Hasanah, “Penguatan Oeran Masjid sebagai pusat Belajar Bagi Anak”, Integritas:Jurnal Pengabdian, Vol.7 no.1, 2023. 12.

Suardi Wakke, Ismail, Metode Pengabdian Masyarakat dari Rncangan ke Publikasi, (Jawa Barat: CV. Adanu Abimata, 2022), 8.

Tambak, Syahraini, “Metode Ceramah:Konsep dan Aplikasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam”, Jurnal Tarbiyah, Vol. 21, no.2, 2014,376.

Wawancara dengan Ustad Huda, pada 10 Juli 2023 di Serambi Masjid Al-Karim Dukuh Dawung.

Downloads

Published

2023-08-31

How to Cite

Andhita Risko Faristiana, M.Khoirul Minan, & Elsya Laras Sinta. (2023). Upaya Bimbingan Belajar Terhadap Anak Taman Pendidikan Qur’an Dalam Mengatasi Rendahnya Sumberdaya Manusia Di Wilayah Desa Bungkuk Kecamatan Parang Kabupaten Magetan . Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 2(3), 262–274. https://doi.org/10.30640/cakrawala.v2i3.1602