Pengembangan UMKM Melalui Pendekatan Analisis SWOT di RW 02 Kelurahan Medokan Semampir, Kota Surabaya

Authors

  • Devannya Bella Tessa Aprilia Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Reziani Novendra Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Erni Dwi Zulfarida Solihiyah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.30640/cakrawala.v2i3.1348

Keywords:

Analisis SWOT, Medokan Semampir, UMKM

Abstract

Pembangunan di era globalisasi banyak bergantung pada sektor ekonomi sebagai  tolak ukur keberhasilan pemerintah. Peran masyarakat dalam pembangunan negara khususnya dalam pembangunan ekonomi adalah usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Analisis SWOT adalah  cara yang tepat untuk memecahkan masalah manajemen pemasaran. Analisis ini didasarkan pada logika memaksimalkan kekuatan (strengths) dan peluang (opportunities), tetapi secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan (weaknesses) dan ancaman (threats). Metode penelitian ini dilakukan dengan metode survei dengan wawancara dan kuesioner pada pelaku UMKM yang ada di Kelurahan Medokan Semampir khususnya di RW 02. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner serta melakukan wawancara secara langsung  kepada pelaku usaha UMKM. Setiap Pelaku UMKM tentu memiliki kekurangan dan kendala dalam menjalankan usahanya masing-masing. Didapatkan 4 permasalahan yang ada yakni kurangnya penguasaan teknologi, belum menggunakan branding produk, belum menggunakan e-payment, dan lokasi UMKM belum terdaftar pada Google Maps.

References

Allfauziah, F. (2018). Pengaruh Penetapan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Batik Komar Di Cigadung Raya Timur Bandung (Skripsi). Universitas Pasundan, Bandung.

Izzak, W.C., Denisya, F., Pratama, G.I., Nurdianty, F.D., Pradana, N.A., & Prayoga, D. (2022). Optimalisasi Digital Marketing Melalui Instagram Sebagai Strategi Pemasaran Produk UMKM Di Kelurahan Medokan Semampir Kota Surabaya. J. Pengabdi. Masy., 1(2), 152–160.

Juliana, A., & Jamiat, N. (2021). Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah UMKM dengan Analisis SWOT (Studi Kasus Pada Sukahati Cafe di Cibinong, Kabupaten Bogor). e-Proceeding of Management, 8(2), 8803-8810.

Rohmawati, T., Selvia, E., Monica, E., Welizaro, R., & Saputra, H. (2020). Teknologi pemasaran digital untuk branding. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), 5(3), 638-643.

Sarfiah, S.N., Atmaja, H.E., & Verawati, D.M. (2019). UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal REP (Riset Ekon. Pembangunan), 4(2), 1–189.

Sianturi, R.D. (2020). Manajemen Pemasaran Menggunakan Analisis SWOT pada UMKM Guna Meningkatkan Daya Saing UMKM. Jurnal of business and economic research (JNE), 1(1), 45-50

Sukmawan, V.P., Ningsih, S.W., & Sonya, E.R. (2021). Digitalisasi Lokasi UMKM Warga RW 05 Pasir Biru. PROCEEDINGS, 1(19), 57-67.

Widowati, I., Riany, D.A., & Andrianto, F. (2022). Analisis SWOT untuk Pengembangan Bisnis Kuliner (Studi Kasus Pada UMKM Papat Sodara Food Purwakarta. Jurnal Teknologika (Jurnal Teknik Logika Matematika).

Downloads

Published

2023-07-07

How to Cite

Devannya Bella Tessa Aprilia, Reziani Novendra, & Erni Dwi Zulfarida Solihiyah. (2023). Pengembangan UMKM Melalui Pendekatan Analisis SWOT di RW 02 Kelurahan Medokan Semampir, Kota Surabaya. Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 2(3), 100–109. https://doi.org/10.30640/cakrawala.v2i3.1348