PENGARUH PEMBERDAYAAN PEREMPUAN NASABAH BTPN SYARIAH TERHADAP PERKEMBANGAN UMKM MELALUI PENDAMPINGAN USAHA

Authors

  • Ovitia Rerolia Fitria Pratama Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Nurjanti Takarini Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.30640/cakrawala.v2i3.1343

Keywords:

Pemberdayaan Perempuan, Pendampingan Usaha, UMKM

Abstract

UMKM memiliki peran penting bagi perekonomian Indonesia. Sebagian besar dari Produk Domestik Bruto berasal dari UMKM. Peran perempuan cukup besar untuk keikut sertaannya andil dalam berjalannya UMKM. Akan tetapi peran perempuan sering kali dianggap remeh bagi beberapa orang sebagai efek samping dari budaya patriarki sehingga perlunya dilakukan pemberdayaan terhadap perempuan. PT Bank BTPN Syariah Tbk. melakukan pemberdayaan perempuan dengan program “Bestee” dimana BTPN Syariah mengoptimalkannya melalui pendampingan usaha nasabahnya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa efektif sebuah pendampingan usaha nasabah BTPN Syariah berpengaruh terhadap perkembangan UMKM. Pada pemberdayaan perempuan BTPN Syariah melibatkan peserta magang dari Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB). Pemberdayaan perempuan memberikan efek yang sangat signifikan bagi perempuan pelaku UMKM dimana mereka bisa mendapatkan pengetahuan yang lebih baik mengenai kewirausahaan yang belum diketahui, dan capaian dari pemberdayaan ini diharap secara efektif dapat meningkatkan kinerja dari UMKM.

References

Simamora, Caterin Magdalena, and Rahayu Ningsih. "Inklusivitas Ekonomi Digital di Indonesia: Perspektif Gender dan Penciptaan Lapangan Kerja." Cendekia Niaga 4.2 (2020): 39-53.

Suyanto, Bagong. "Kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat miskin." Masyarakat, Kebudayaan dan Politik 14.4 (2001): 25-42

“Perkembangan UMKM sebagai Critical Engine Perekonomian Nasional Terus Mendapatkan Dukungan Pemerintah”. ekon.go.id. 1 Oktober 2022. Diakses pada 11 Juni 2023.

“Tingkatkan Inklusi Keuangan bagi UMKM melalui Pemanfaatan Teknologi Digital, Pemerintah Luncurkan Program PROMISE II Impact” ekon.go.id. 6 Maret 2023. Diakses pada 11 Juni 2023

Downloads

Published

2023-07-06

How to Cite

Ovitia Rerolia Fitria Pratama, & Nurjanti Takarini. (2023). PENGARUH PEMBERDAYAAN PEREMPUAN NASABAH BTPN SYARIAH TERHADAP PERKEMBANGAN UMKM MELALUI PENDAMPINGAN USAHA. Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 2(3), 72–81. https://doi.org/10.30640/cakrawala.v2i3.1343