Optimalisasi Digital Marketing Melalui Strategi Branding UMKM Di Kelurahan Kalirungkut

Authors

  • Cynarawita Firjatullah Universitas Pembangunan “Veteran” Jawa Timur, Surabaya
  • Maria Helena Gani Dora Hera Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Wahyu Dwi Arzaqy Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Hilman Hasibur Rohman Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Eliada Samuel Pasaribu Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.30640/cakrawala.v2i3.1296

Keywords:

UMKM, Digital marketing, Branding produk

Abstract

UMKM adalah penunjang ekonomi bangsa, namum beberapa pelaku UMKM masih mengalami berbagai kesulitan dalam menjalankan bisnis. Salah satunya kesulitan dalam bidang pemasaran, di era perkembangan digital marketing saat ini beberapa pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah khususnya di kelurahan Kalirungkut sedang menghadapi kesulitan mengikuti perkembangan jaman dalam hal pemasaran produk. Dari survey yang telah dilakukan, para pelaku UMKM di kelurahan Kalirungkut mengaku kesulitan dalam memasarkan produk dan mengembangkan pasar. Hal ini dikarenakan produk kurangnya kesadaran terhadap brandinng produk UMKM di mana para pelaku UMKM kurang menonjolkan identitas dan keunggulan produk yang ditawarkan, sehingga mengurangi minat calon konsumen untuk membeli produk tersebut. Sebagai solusi dari maslah tersebut di atas, maka mahasiswa kelompok KKNT 85 UPN ”Veteran” Jawa Timur melakukan pengabdian berupa pendidikan dan pelatihan mengenai branding produk dalam digital marketing.

References

Agusta, R. , dan A. Fatkhurohman. “Pengembangan Fotografi Produk dalam Pemasaran Digital Produk Konveksi Zubs di Yogyakarta.” PROSIDING SEMINAR HASIL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2019: 313-318.

Munawarah, M. , S. Sujono, M. Al Ghozali, dan Hakim. “Pengoptimalan Digital Marketing untuk Meningkatkan Penjualan UMKM Desa Sumberagung melalui Platform Shopee.” Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2023: 19-23.

Utami, S. S., dan N. Aini. “Pemanfaatan E-Commerce Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk Handycraft Mama Art Deco.” Intervensi Komunitas, 2019: 21-32.

Downloads

Published

2023-06-28

How to Cite

Cynarawita Firjatullah, Maria Helena Gani Dora Hera, Wahyu Dwi Arzaqy, Hilman Hasibur Rohman, & Eliada Samuel Pasaribu. (2023). Optimalisasi Digital Marketing Melalui Strategi Branding UMKM Di Kelurahan Kalirungkut. Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 2(3), 44–56. https://doi.org/10.30640/cakrawala.v2i3.1296