Pemanfaatan Transformasi Digital dan Media Sosial Sebagai Sarana Komunikasi Kepada Masyarakat Desa Cibodas Kecamatan Cikajang

Authors

  • Yopi Nugraha Institut Pendidikan Indonesia
  • Dinar Rahayu Institut Pendidikan Indonesia
  • Tedi Budiman Institut Pendidikan Indonesia
  • Deva Hafiansyah Febriana Institut Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30640/cakrawala.v2i3.1282

Keywords:

Transformasi Digital, Media Sosial, Pengabdian Masyarakat, Desa Cibodas

Abstract

Transformasi digital tidak hanya sekedar perkembangan teknologi informasi namun juga mengenai bisnis, orang dan teknologi yang dipandu oleh strategi bisnis yang luas. Dalam suatu organisasi ataupun lingkungann masyarakat pasti memiliki permasalahan dalam hal memaksimalkan tranformasi digital yang dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia yang ada pada masyarakat khususnya didesa Cibodas. Pemanfaatan media social diera tranformasi pada Desa Cibodas masih belum maksimal, maka dilakukan sebuah kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk memberikan edukasi arahan dalam memanfaatkan media social di era Transformasi digital saat ini. Dengan memanfaat teknologi informasi seperti media social ini dapat membantu dalam menyalurkan kembali informasi dan mencegah perilaku menyimpang yang didapat dari pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini. Maka dengan diadakannya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dapat membantu masyarakat desa Cibodas untuk dapat meningkatkan produktivitas efisiensi dalam penggunaan media social kedepannya. Sehingga dapat membantu memaksimlakan kegiatan di Desa Cibodas Kecamatan Cikajang dengan efekti dan efisien.

References

I. Ananda, (2021) “Computer Based Information System Journal Literatur Review: Implementasi Strategi Transformasi Digital Pada Organisasi Internasional,” CBIS JOURNAL, vol. 09, no. 01, 2021, [Online]. Available: http://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/cbishttp://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/cbis

Noer, slamet et al. (2022). Penyuluhan Pemanfaatan Transformasi Digital Bagi Organisasi Pemuda Batak Bersatu (PBB). Jurnal Pengabdian pada Masyarakat. Vol.2, No.1, Februari 2022.

Yunus, yunus. (2019). Pengaruh TI Media Sosial Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Di Smp Negeri 3. Jurnal Teknologi Informasi ESIT, M(1), 16–25.

Fauzan. (2015) Peran Pesantren Dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter. El Furqania: Jurnal Ushuludin dan Ilmi-Ilmu Keislaman, 1(1), 155-171. https://doi.org/10.54625/elfurqania.vli01.881

Zikri et al. (2022). Makna Pesan Etika Menggunakan Media Sosial Bagi Santri Di Era Transformasi Digital. Jurnal Common. Vol6. no.1. Juni 2022.

Yunus, slamet et al. (2021). Peran Media Sosial Di Era Transformasi Digital Sebagai Sarana Komunikasi Karang Taruna Masyarakat Kampung Parung Serab Ciledug. Jurnal Abdimas Indonesia. Vol.1. No.2, Agustus 2021.

Annisa, N. (2020). Keefektifan Dakwah Melalui Media Sosial Di Masa Pandemi. https://Doi.Org/10/31219/Osf.Io/A7Cz5.

Kharisma, T. (2017). Konflik SARA pada Pilkada DKI Jakarta di Grup WhatsApp dengan Anggota Multikultural. Jurnal Penelitian Komunikasi, 20(2), 107–120. https://doi.org/10.20422/jpk.v20i2.233

Pratiwi, F. D. (2013). Benih Anarkisme Mahasiswa dan Media Sosial (Analisis Isi Pesan Twitter Mahasiswa Fishum Uin YOGYAKARTA). Profetik, 6(2), 5–16.

Meryana, E. 2009. Kelemahan Produk UMKM di Indonesia: Kemasan. Artikel online. h t t p: / / b i s n i s k e u a n g a n. kompas.com/read/2012/07/29/1 5 0 2 2 1 8 4 / a b o u t. Html (diakses tanggal 12 Oktober 2020)

Jusuf, T., Erwin. (2021). Problematika Dakwah Di Media Sosial. Sumatera Barat: Insan Cendikia, hlm 8.

Lankshear, C., Knobel, M. (2008). Digital literacies: Concepts, policies and practices. New York, NY: Peter Lang Publishing, Inc.

Westerman, G., Calméjane, C., Bonnet, D., Ferraris, P. & McAfee, A. (2011). Digital Transformation: A Road-Map for Billion-Dollar Organizations (Report). Capgemini Consulting& MIT Center for Digital Business

Kaplan, B, Truex, DP, Wastell, D, Wood-Harper, AT & DeGross, J. (2010). Information

Systems Research: Relevant Theory and Informed Practice. Springer.

Sudiyono., 2016. “Media Sosial dan Komunikasi Politik: Media Sosial sebagai Komunikasi Politik Menjelang PILKADA DKI JAKARTA 2017.” Jurnal Komunikasi. E-ISSN: 2548-7647

Bunawan H & Laugu N. (2020). Eksistensi Media Sosial, Youtuber, Instagram dan Whatshapp Ditengah Pandemi Covid-19 Dikalangan Masyarakat Virtual Indonesia. Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Vol.4 No.1, Juni 2020.

McGrath, K., & Maiye, A. (2010). The role of institution in ICT innovation: Learning from interventions in a Nigerian e-government initiative. Information Technology for Development, 16(4), 260-278. https://doi.org/10.1080/02681102.2010.498408

Downloads

Published

2023-06-27

How to Cite

Yopi Nugraha, Dinar Rahayu, Tedi Budiman, & Deva Hafiansyah Febriana. (2023). Pemanfaatan Transformasi Digital dan Media Sosial Sebagai Sarana Komunikasi Kepada Masyarakat Desa Cibodas Kecamatan Cikajang. Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 1(3), 23–33. https://doi.org/10.30640/cakrawala.v2i3.1282