Mata Kuliah Berbasis Pengabdian Kepada Masyarakat Kelurahan Klamalu Kabupaten Sorong (Tema Pelatihan Penerapan Bauran Pemasaran Keripik Keladi)
DOI:
https://doi.org/10.30640/cakrawala.v2i1.625Keywords:
Bauran Pemasaran, Produk, Harga, Saluran Distribusi, PromosiAbstract
Potensi yang ada di Kota Sorong bahwa keripik yang biasanya yang dibuat oleh para pelaku UMKM menggunakan bahan dasar keladi bete. Metode mata kuliah berbasis pengabdian kepada masyarakat dengan pelatihan di lakukan melalui beberapa tahapan sebagai berikut: Observasi, Permohonanizin, Surat, Pelaksanaan Kegiatan, Persiapan Oleh Tim Pengusul, Penetapan Pelaksanaan, Terlaksanakan Kegiatan, Sasaran Memperoleh Pengetahuan dan Keterampilan Pemasaran, Evaluasi Pembimbang, Laporan akhir Pelaksanaan Kegiatan Pengabdian dapat diuraikan sebagai berikut:1. Memaparkan produk dalam usaha ide bisnis keripik keladi 2. Memaparkan harga kedalam produk keripik keladi 3. Memaparkan place atau tempat pemasaran keripik keladi 4. Memaparkan proses promosi pada produk keripik keladi 5. Memaparkan cara mendapatkan keuntungan melebihi target penjualan. 6. Memaparkan tentang hambatan bisnis keripik keladi.
References
Nida & Dhiyauhaq, 2022; Noor & Rahmasari, 2018; Nur, 2019; Riduwan, 2016; Sartika et al., 2020; Suparyanto dan Rosad (2015, 2020a; Susanto et al., 2018)
Mayasari, M. (2021). Laporan dan Evaluasi Penelitian. ALACRITY : Journal of Education, 1(2), 30–38. https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i2.24
Nida, F., & Dhiyauhaq, S. (2022). Pelatihan Dan Pendampingan Copywriting Untuk Pelaku Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Di Banyumas Dan Sekitarnya. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 33–39. https://doi.org/10.31949/jb.v3i1.1832
Noor, H. C. M., & Rahmasari, G. (2018). Esensi Perencanaan Bisnis yang Memadai Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM ). Jurnal Abdimas BSI, 1(3), 454–464. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas/article/view/4112/2525
Nur, s wahidatus. (2019). Rencana bisnis merupakan kebijakan berupa konsep yang menggambarkan rencana pengembangan dan kegiatan usaha UMKM dalam jangka waktu tertentu, serta strategi untuk merealisasikan rencana tersebut sesuai target dan waktu yang ditetapkan, yang mencakup renca. Carbohydrate Polymers, 6(1), 5–10.
Riduwan, A. (2016). Pelaksanaan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Oleh Perguruan Tinggi. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 3(2), 95. https://doi.org/10.24034/j25485024.y1999.v3.i2.1886
Sartika, D., Saluza, I., & Roswaty. (2020). Penerapan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Sebagai Strategi Pemasaran Produk Gulo Puan Desa Bangsal. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat APTEKMAS, 3(2), 47–54.
Suparyanto dan Rosad (2015. (2020a). PROSIDING SEMINAR NASIONAL HASIL-HASIL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT. Suparyanto Dan Rosad (2015, 5(3), 248–253.
Suparyanto dan Rosad (2015. (2020b). 済無No Title No Title No Title. Suparyanto Dan Rosad (2015, 5(3), 248–253.
Suradi. (2018). Pelaksanaan Program Keterampilan Berbahasa Arab Di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Muqimus Sunnah Palembang. Repository UIN Raden Fatah, 22–61.
Susanto, R., Lestari, W., & Nugroho, N. (2018). Rancang Bangun Alat Ukur Kekeringan Simplisia berbasis Arduino Uno untuk Pelaku Usaha Pengeringan “Empon-Empon” di Kismantoro Wonogiri. 300–305. http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sndms/article/view/2451
Wiestra, D. (2019). Pelaksanaan Kerja. Repository Bsi, 6–7. https://repository.bsi.ac.id/index.php/unduh/item/253036/File_10-Bab-II-Landasan-Teori.pdf
Mayasari, 2021; Suparyanto dan Rosad (2015, 2020b; Suradi, 2018; Wiestra, 2019)