Mata Kuliah Berbasis Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Pelatihan Pemanfaatan Buah Pisang (Dengan Ide Bisnis Banana Pizza Di Klamalu Kabupaten Sorong)

Authors

  • Trifani Zorita Novalia Tambengi Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Jein Vostina Kerokim Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Aprilia Lingga Putri Prayuda Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Muhammad Adzim Fahrizy Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Ghalih Pratama Nur Ramadhan Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Stevanya Thessalonica Veo Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Susetyowati Sofia Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Digor Mufti Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Rokhimah Rokhimah Institut Agama Islam Negeri Sorong

DOI:

https://doi.org/10.30640/cakrawala.v2i1.624

Keywords:

Pelatihan, Pemanfaatan, Buah Pisang, Ide bisnis, Banana Pizza

Abstract

Tanaman pisang merupakan tanaman asli Benua Asia Tenggara, hal ini dapat dibuktikan dari beberapa literatur yang menyebutkan bahwa tanaman pisang adalah tanaman asli dari Negara Indonesia, Selain tumbuh sebagai tanaman liar, tanaman pisang juga banyak dibudidayakan. Pada dasarnya tanaman pisang diklasifikasikan dalam berbagai jenis. Pisang yang mempunyai warna kuning yang khas rasa yang manis dan lezat. Pelatihan Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Pelatihan Pemanfaatan Buah Pisang ini bertujuan untuk manfaatkan olahan buah Pisang raja sebagai makanan cemilan dengan inofasi baru yaitu Banana Pizza. Metode yang kita lakukan adalah metode praktek langsung kepada audiens di kelurahan Klamalu Kabupaten Sorong. Hasil dari penelitian ini dilakukan agar memotivasi audines untuk memperoleh ide bisnis dan mendapatkan peluang bisnis di usia muda. Para dosen berkolaborasi dengan mahasiswa melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan program pelatihan hasil dari Pelatihan ini adalah Para masyarakat dibina untuk mengembangkan kreatifitas dalam membuat produk dan memanfaatkan buah pisang di lingkungan sekitar karena keterbatasan waktu dan kegiatan itu sendiri.

References

Adriyanto, A. T., I. Prasetyo, and T. P. Sari. 2020. “Pemberdayaan Kewirausahaan Ibu-Ibu Rumah Tangga Melalui Pelatihan Pembuatan Berbagai Olahan Pisang Di Kelurahan Panggung Lor.” Jurnal Riptek 14(1): 11–13.

Kasmir. 2020. “Kepustakaan: Pelatihan.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9): 6–7.

Nanda, Dodi W, Rusyda Ulva, and Andiyanto. 2020. “Values : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Values : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2(1): 16–23.

Philipus M. Hadjon, Perizinan, A. 1993. “Pengantar Hukum Perizinan,.” Yuridika: 12–46.

Rahmah, P, and M A Sudirman. 2022. “Penyuluhan Olahan Buah Pisang Di Desa Watu Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng.” Jurnal Pengabdian … 1: 28–31. https://jurnal.abdimas.unipol.ac.id/index.php/pengabdian-jurnal/article/view/7%0Ahttps://jurnal.abdimas.unipol.ac.id/index.php/pengabdian-jurnal/article/download/7/15.

Rofifah, Dianah. 2020. “Tabel 3.1 Operasionalisasi Variabel.” Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents: 12–26.

Suparyanto dan Rosad (2015. 2020. “Pelaksanaan Pemilihan.” Suparyanto, Rosad 5(3): 248–53.

Supriyatin, Titin, Fitri Damayanti, and Avini Nurazhimah Arfa. 2022. “Kreasi Olahan Nugget Dari Jantung Pisang Sebagai Alternatif Cemilan Sehat.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Biologi dan Sains 1(1): 1–9.

Syofia, Heppi, Fitri Lestari, and Irwan Hadi. 2022. “Pelatihan Pengolahan Pisang Pasca Panen Pada BUMDES Batu Patah Desa Muak Kecamatan Bukit Kerman Kabupaten Kerinci.” 2(1): 24–31.

Wiestra, Dkk. 2019. “Pelaksanaan Kerja.” Repository Bsi: 6–7. https://repository.bsi.ac.id/index.php/unduh/item/253036/File_10-Bab-II-Landasan-Teori.pdf.

Downloads

Published

2023-02-04

How to Cite

Trifani Zorita Novalia Tambengi, Jein Vostina Kerokim, Aprilia Lingga Putri Prayuda, Muhammad Adzim Fahrizy, Ghalih Pratama Nur Ramadhan, Stevanya Thessalonica Veo, … Rokhimah Rokhimah. (2023). Mata Kuliah Berbasis Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Pelatihan Pemanfaatan Buah Pisang (Dengan Ide Bisnis Banana Pizza Di Klamalu Kabupaten Sorong). Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 2(1), 92–100. https://doi.org/10.30640/cakrawala.v2i1.624