Peningkatan Santripreneur Di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Sorong (Penerapan Bauran Pemasaran Pada Ide Bisnis Bola Bola Ubi)
DOI:
https://doi.org/10.30640/cakrawala.v2i1.612Keywords:
Santripreneur, Bauran Pemasaran, Ide BisnisAbstract
Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Sorong adalah sekolah yang berada pada Maklibam, Kec, Mayamuk. Kabupaten Sorong. Papua Barat kami melakukan pengabdian kepada masyarakat di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Sorong dengan tujuan dapat meningkat jiwa berwira usaha siswa siswi Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Sorong. Pengabdian ini juga dapat membantu pengetahuan siswa siswi membuat usaha dengan memperhatikan kualitas produksi kemasan dan estetika kemasan, harga, tempat penjualan dan promosi. Tahapan pelaksanaan kegiatan sebagai berikut: melakukan silaturahmi dengan pihak sekola, pelaksanaan kegiatan, memberi materi, tanya jawab penguatan materi, penutup, evaluasi.Hasil dari pengabdian ini berupa tambahan pengetahuan dan pemahaman siswa-siswi dalam hal berwirausaha dan pentingnya panasaran dalam berwirausaha, sehingga siswa siswi memiliki motivasi untuk menjadi seorang santripreneur
References
Afidatur Ro’azah. (2021). Manajemen Pemasaran. Bab Ii Kajian Pustaka 2.1, 12(2004), 6–25.
Budy, D. A. (2017). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Motivasi Kewirausahaan Terhadap Keterampilan Berwirausaha Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta. Journal for Business and Entrepreneur, 1(1), 7–22.
Dewi Laela Hilyatin. (n.d.). Pemberdayaan Kewirausahaan Santri Berbasis Madrasah Santripreneur di Pondok Pesantren Darussalam. 132–143. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results
Hidayat, S., Saleh, M., Rohaeni, N., Bina Bangsa Jl Raya Serang-Jakarta, U., & Pakupatan Kota Serang, B. (2019). Pelatihan Kewirausahaan Menuju Santripreneur Di Pondok Pesantren Al-Mubarok Kota Serang. Journals.Upi-Yai.Ac.Id, 2(3), 19–25. http://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-ABDIMAS/article/download/571/423
Lubis, P. K. D. (2018). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Keterampilan Berwirausaha Terhadap Motivasi Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Medan. Niagawan, 7(2), 95–101. https://doi.org/10.24114/niaga.v7i2.10756
Muhammad Supriyanto, & Muhammad Taali. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Pengambilan Keputusan Menginap Di the Sun Hotel Madiun. Epicheirisi: Jurnal Manajemen, Administrasi, Pemasaran Dan Kesekretariatan, 2(2), 26–33. https://doi.org/10.32486/epicheirisi.v2i2.458
Nasution, M. I., Prayogi, M. A., & Nasution, S. M. A. (2017). Analisis pengaruh bauran pemasaran terhadap volume penjualan ( Analysis of the effect of marketing mix to sales volume). Jurnal Riset Sains Manajemen, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.5281/zenodo.1012560
Permana, R. S. M., & Mahameruaji, J. N. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia Di Stasiun Televisi Lokal Radar Tasikmalaya Tv. ProTVF, 2(1), 1. https://doi.org/10.24198/ptvf.v2i1.19878
Philp, K. (2002). BAURAN PEMASARAN, MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN DALAM MENCIPTAKAN LOYALITAS KONSUMEN. 1(3), 89.
Putri, N. L. W. W. (2017). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Mahasiswa Untuk Berwirausaha Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(1), 137. https://doi.org/10.23887/jjpe.v9i1.19998
Widnyana, I. W., Widyawati, S. R., & Warmana, G. O. (2018). Pengaruh Pemberian Mata Kuliah Kewirausahaan Dan Pelatihan Wirausaha Terhadap Minat Wirausaha Ekonomi Kreatif Pada Mahasiswa Unmas Denpasar. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 1(1), 171–177.