Peningkatan Santripreneur Di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Sorong (Penerapan Bauran Pemasaran Pada Ide Bisnis Bola Bola Ubi)

Authors

  • Susetyowati Sofia - Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Ridwan Abu Popilo Universitas Muhammadiyah Sorong, Kota Sorong
  • Maikel Brayen Payung Universitas Muhammadiyah Sorong, Kota Sorong
  • Jumarni Universitas Muhammadiyah Sorong, Kota Sorong
  • Rahdatul Fikriah Universitas Muhammadiyah Sorong, Kota Sorong
  • Erfansyah Amran Universitas Muhammadiyah Sorong, Kota Sorong
  • Digor Mufti Universitas Muhammadiyah Sorong, Kota Sorong
  • Muhammad Amin Universitas Muhammadiyah Sorong, Kota Sorong

DOI:

https://doi.org/10.30640/cakrawala.v2i1.612

Keywords:

Santripreneur, Bauran Pemasaran, Ide Bisnis

Abstract

Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Sorong adalah sekolah yang berada pada Maklibam, Kec, Mayamuk. Kabupaten Sorong. Papua Barat kami melakukan pengabdian kepada masyarakat di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Sorong dengan tujuan dapat meningkat jiwa berwira usaha  siswa siswi Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Sorong. Pengabdian ini juga dapat membantu pengetahuan siswa siswi membuat usaha dengan memperhatikan kualitas produksi kemasan dan estetika kemasan, harga, tempat penjualan dan promosi. Tahapan pelaksanaan kegiatan sebagai berikut: melakukan silaturahmi dengan pihak sekola, pelaksanaan kegiatan, memberi materi, tanya jawab penguatan materi, penutup, evaluasi.Hasil dari pengabdian ini berupa tambahan pengetahuan dan pemahaman siswa-siswi dalam hal berwirausaha dan pentingnya panasaran dalam berwirausaha, sehingga siswa siswi memiliki motivasi untuk menjadi seorang santripreneur

References

Afidatur Ro’azah. (2021). Manajemen Pemasaran. Bab Ii Kajian Pustaka 2.1, 12(2004), 6–25.

Budy, D. A. (2017). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Motivasi Kewirausahaan Terhadap Keterampilan Berwirausaha Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta. Journal for Business and Entrepreneur, 1(1), 7–22.

Dewi Laela Hilyatin. (n.d.). Pemberdayaan Kewirausahaan Santri Berbasis Madrasah Santripreneur di Pondok Pesantren Darussalam. 132–143. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results

Hidayat, S., Saleh, M., Rohaeni, N., Bina Bangsa Jl Raya Serang-Jakarta, U., & Pakupatan Kota Serang, B. (2019). Pelatihan Kewirausahaan Menuju Santripreneur Di Pondok Pesantren Al-Mubarok Kota Serang. Journals.Upi-Yai.Ac.Id, 2(3), 19–25. http://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-ABDIMAS/article/download/571/423

Lubis, P. K. D. (2018). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Keterampilan Berwirausaha Terhadap Motivasi Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Medan. Niagawan, 7(2), 95–101. https://doi.org/10.24114/niaga.v7i2.10756

Muhammad Supriyanto, & Muhammad Taali. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Pengambilan Keputusan Menginap Di the Sun Hotel Madiun. Epicheirisi: Jurnal Manajemen, Administrasi, Pemasaran Dan Kesekretariatan, 2(2), 26–33. https://doi.org/10.32486/epicheirisi.v2i2.458

Nasution, M. I., Prayogi, M. A., & Nasution, S. M. A. (2017). Analisis pengaruh bauran pemasaran terhadap volume penjualan ( Analysis of the effect of marketing mix to sales volume). Jurnal Riset Sains Manajemen, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.5281/zenodo.1012560

Permana, R. S. M., & Mahameruaji, J. N. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia Di Stasiun Televisi Lokal Radar Tasikmalaya Tv. ProTVF, 2(1), 1. https://doi.org/10.24198/ptvf.v2i1.19878

Philp, K. (2002). BAURAN PEMASARAN, MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN DALAM MENCIPTAKAN LOYALITAS KONSUMEN. 1(3), 89.

Putri, N. L. W. W. (2017). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Mahasiswa Untuk Berwirausaha Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(1), 137. https://doi.org/10.23887/jjpe.v9i1.19998

Widnyana, I. W., Widyawati, S. R., & Warmana, G. O. (2018). Pengaruh Pemberian Mata Kuliah Kewirausahaan Dan Pelatihan Wirausaha Terhadap Minat Wirausaha Ekonomi Kreatif Pada Mahasiswa Unmas Denpasar. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 1(1), 171–177.

Downloads

Published

2023-02-01

How to Cite

-, S. S., Ridwan Abu Popilo, Maikel Brayen Payung, Jumarni, Rahdatul Fikriah, Erfansyah Amran, … Muhammad Amin. (2023). Peningkatan Santripreneur Di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Sorong (Penerapan Bauran Pemasaran Pada Ide Bisnis Bola Bola Ubi). Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 2(1), 38–47. https://doi.org/10.30640/cakrawala.v2i1.612